Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aktivitas Promil Sehat Pada Saat Hamil

Aktivitas Promil Sehat Pada Saat Hamil

Kehamilan tentu menjadi momen yang sangat membahagiakan, apalagi jika bunda menantikannya cukup lama. Tentu ketika tiket positif didapatkan bunda akan sangat bahagia.

Ketika menjalani proses kehamilan biasanya bunda memiliki banyak kehawatiran dan kebingungan terutama pada proses kehamilan pertama. Memang banyak hal yang harus bunda perhatikan selama proses kehamilan,  agar proses kehamilan berjalan lancar dan Bunda beserta bayi yang bunda kandung senantiasa sehat. Bunda, jangan takut pada artikel ini. Artikel ini dibuat agar penulis dapat berbagi pengalaman dengan bunda yang mungkin merasakan hal serupa dalam menghadapi proses kehamilan. Adapun artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis selama menjalani proses kehamilan.

Selama proses kehamilan ada 2 kategori aktivitas yang perlu bunda perhatikan. Pertama, aktivitas yang wajib bunda laksanakan. Kedua, aktivitas yang harus bunda hindari.

Adapun jenis aktivitas tersebut akan dijelaskan setelah paragraf ini.

Aktivitas Ketika Hamil

Pertama, 

6 Jenis Aktivitas yang Harus Dijalani oleh Bunda

  1. Pola makan sehat
  2. Olahraga
  3. Menjaga kebersihan
  4. Mendengarkan semua arahan dari dokter/ bidan desa
  5. Silaturahmi
  6. Berdo'a

Penjelasan

Supaya tidak salah faham, maka dari ke-6 jenis aktivitas dapat dijelaskan sebagai berikut,

  • Pola Makan Sehat

Pola makan sehat disini adalah pola makan yang teratur, seimbang dan tidak berlebihan. Idealnya ibu yang sedang hamil itu waktu makannya adalah pagi, selingan pagi, siang, selingan sore, malam. Asupan apa saja? Bahan makanan menurut tingkat kebutuhan energi adalah Nasi(karbo pengganti nasi), Sayur, Buah, Tempe, Daging, Minyak, Gula, Susu.

  • Olahraga

Jenis olahraga ringan, bunda bisa melakukan dengan cara rutin jalan-jalan dipagi hari sambil menghirup udara segar di taman. Bahkan dengan berjalan kaki dirumah pun bisa dilakukan. Bunda tidak perlu olahraga berat seperti angkat barbel. Intinya bunda tetap bergerak setiap harinya, kecuali jika Bunda disarankan untuk bed rest oleh dokter/bidan. Karena pada proses kehamilan dengan kondisi tertentu, bed rest sangat diperlukan demi keselamatan Bunda dan calon bayi.

Tabel pertambahan berat badan ideal (BBI) selama kehamilan

BBI
Usia Kehamilan (minggu) = 0 - 10 Kenaikan BB (g/miggu) = 65
Usia Kehamilan (minggu) = 10 - 20 Kenaikan BB (g/miggu) = 335
Usia Kehamilan (minggu) = 20 - 30 Kenaikan BB (g/miggu) = 450
Usia Kehamilan (minggu) = 30 - 40 Kenaikan BB (g/miggu) = 3350
  • Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan bagian dari upaya kesehatan yang mesti bunda lakukan, seperti mandi, ganti pakaian, gosok gigi, dll. Bukan hanya tubuh Bunda yang haru bersih, tapi tempat Bunda berdiam diri beserta peralatan-peralatan yang biasa Bunda gunakan juga harus senantiasa bersih. Seringkali ketika hamil rasa malas untuk menjaga kebersihan begitu besar.

  • Mendengarkan Arahan dari dokter/ bidan desa

Mendengarkan semua arahan dari dokter atau bidan desa merupakan salah satu sikap agar kandungan kita aman sampai pada persalinan. Kalau seandainya dokter menyuruh kita untuk sementara bed rest di rumah dan meninggalkan beberapa hari untuk tidak kerja, maka tidak ada salahnya untuk bunda lakukan, karena semu itu demi kebaikan bunda juga.

  • Silaturahmi

Berkunjung/ datang ke rumah orang tua merupakan bentuk dari silaturahmi, tujuannya supaya bunda tidak teralu jenuh di dalam rumah. Dengan silaturahmi kita bisa menemui ibunda tercinta dengan mengharapkan do'a kepadanya semoga kandungan bunda selamat sampai menjelang persalinan dengan lahir normal.

  • Berdo'a

Berdoa mereupakan salah satu obat untuk menenangkan hati, tujuannya agar hati kita menjadi tenang dalam menjalani masa hamil. Dengan berdo'a, pikiran pun akan tenang dan juga berharap agar semuanya diberikan kelancaran sampai menjelang persalinan.

Kedua,

5 Jenis Aktivitas yang Mesti Dihindari oleh Bunda

  1. Tidak boleh kecapean
  2. Hindari aktivitas berat
  3. Hindari banyak pikiran
  4. Meninggalkan kebiasaan buruk
  5. Meninggalkan obrolan yang tidak bermanfaat

Penjelasan

  • Tidak Boleh Kecapean

Tidak boleh terlalu cape disini adalah ketika kita beraktivitas jangan membuat badan lelah, seperti halnya naik turun tangga, dan lain-lain.

  • Hindari Aktivitas Berat

Menghindari aktivitas yang berat merupakan salah satu usaha yang mesti dilakukan oleh bunda seperti halnya mengangkat benda-benda yang berat, contoh mengangkat ember yang berisi air, tumpukan buku dan lain-lain. Ketika kita mengangkat benda yang berat, maka terjadi tegang otot bahkan sampai terjadinya keram. Alangkah lebih baiknya untuk menghindari aktivitas tersebut.

  • Hindari Banyak Pikiran

Jangan terlalu banyak memikirkan hal-hal yang tidak begitu penting sebab memicu stres (baik stres ringan, sedang, ataupun berat) sehingga akan mempengaruhi konsidi fisik bunda. Jadi, saran saya orang hamil itu harus bisa menenangkan diri salah satunya bisa dengan cara mendengarkan musik yang membuat pikiran tenang.

  • Meninggalkan Kebiasaan Buruk

Tidak ada aktivitas lain selain tidur dan makan merupakan kegiatan yang mesti dihindari. Seandainya bunda berkebiasaan merokok, maka selama proses hamil sampai dengan masa persalinan diharapkan untuk meninggalkan kebiasaan tersebut karena akan berpengaruh pada janin yang sedang dikandung.

  • Meninggalkan Obrolan yang Tidak Bermanfaat

Membicarakan keburukan orang lain harus dihindari, hal ini sifatnya sama dengan mempengaruhi pikiran bunda menuju pada tingkatan stres, sehingga badan akan terpengaruhi dan kondisi fisik bunda akan menurun. Jadi, hidarilah sebisa mungkin terhadap sikap ini.

Tips Untuk Ibu Hamil

  • Makanlah makanan yang beraneka ragam (idealnya adalah 4 sehat 5 sempurna)
  • Batasi makanan yang berlemak, manis, dan asin (secara berlebihan)
  • Biasakan makan sayur dan buah (Setiap hari)
  • Minum air mineral 3 liter sehari (Jangan sampai dehidrasi)
  • Jika bunda merasa mual, makanlah makanan ringan yang bergizi (bisa makanan yang diperoleh dari biji-bijian)
  • Usahakan berat badan ideal selama kehamilan (sesuai dengan tabel BBI, di atas artikel ini)
  • Hindari makanan yang junkfood atau makanan berenergi tinggi tapi kosong zat gizi lainnya.
  • Perbanyak makanan yang kaya akan protein, vitamin dan mineral (seperti daging, kacang-kacangan, sayur dan buah segar)

Mitos Seputar Kehamilan yang Kerap Muncul di Masyarakat

  • Selama Ibu hamil Suami tidak boleh memotong hewan peliharaan yang halal. TIDAK BENAR. Nabi shalallahu 'alaihi wassalam tidak mengajarkan seperti itu, yang ada dalam suatu Hadits beliau bersabda kurang lebih isi maknanya adalah siapa saja yang istrinya hamil, maka jangan berbuat dzolim baik pada sesama muslim maupun pada semua makhluk-Nya.
  • Ibu hamil tidak boleh makan ikan karena nanti saat bayi dilahirkan akan bau amis. TIDAK BENAR. Ikan merupakan sumber mineral dan protein yang diperlukan oleh ibu hamil.
  • Selama Ibu hamil tidak boleh berdiam diri dipintu maupun depan pintu, istilah lain disebut dengan Pamali. TIDAK BENAR. Tidak ada dalil yang pasti, yang ada kalau berdiam diri didepan pintu atau dipintu itu menghalangi orang lain yang mencoba keluar masuk rumah.
  • Ibu hamil tidak boleh makan banyak, agar nanti ketika bayi dilahirkan badannya besar. TIDAK BENAR. Selama hamil mestinya pola makan bunda harus seimbang sehingga berat badan ideal tercapai.
  • Ibu hamil tidak boleh minum air es, supaya bayi yang dilahirkan tidak gemuk. TIDAK BENAR. Perlu kita ketahui bahwa yang membuat bayi gemuk bukanlah air, tapi kandungan gula yang menyertainya.

Post a Comment for "Aktivitas Promil Sehat Pada Saat Hamil"