Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips | Mendidik Anak agar dapat Berterima Kasih

Tips | Bagaimana Cara Mendidik Anak Agar Dapat Berterima Kasih

Akhlak atau disebut juga sikap seseorang dalam menyikapi semua perbuatan yang berlandaskan pada etika/ moral yang baik. Perlu kita ketahui bahwa seiring dengan perkembangan zaman ini, etika atau tata kerama yang berbentuk sopan santun terhadap semua orang akhir-akhir ini hampir sudah luntur.

Jangan sampai anak kita tidak mengenal apa itu etika dan apa itu sopan santun, pendidikan ini mesti kita sampaikan kepada seorang anak, baik melalui teori maupun praktek lapangan dalam arti dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Merupakan tugas orangtua menyampaikan kepada seorang anak agar dapat berterima kasih pada saat dibantu oleh seseorang tanpa pengecualian, paling tidak kita mengucapkan Terima kasih kepada yang menolong, baik perkara besar maupun perkara kecil.

Karena ketika anak kita berterima kasih kepada seseorang, maka akhlak seseorang (anak) akan muncul dan terlihat oleh seseorang, juga dianggap bahwa anak tersebut memiliki sikap sopan santun yang baik. Dampak dari pendidikan tersebut adalah anak akan terbiasa dalam mengucapkan bahkan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seseornag.

Pada artikel ini, sedikit saya sampaikan mengenai judul artikel ini yaitu bagaimana cara mendidik anak agar terbiasa mengucapkan terima kasih.

Tip mendidik anak agar dapat berterima kasih

Tip merupakan bagian dari cara untuk mencapai tujuan yang kita harapkan, tujuan yang kita harapkan adalah agar anak terbiasa mengucapkan terima kash kepada seseorang.

Pertama,

Sebagai orang tua, alangkah baiknya kita sampaikan mengenai cara berterima kasih kepada seseorang yang sudah menolong. Berikan pemahaman kepada anak kita dengan contoh kalimat, kita hidup itu tidak sendirian melainkan banyak orang yang terlibat dalam kehidupan sehari-hari, bila ade berjumpa dengan seseorang kemudian orang tersebut membantu ade dalam konteks kebaikan, maka ucapkanlah kepada orang tersebut terima kasih. Artinya ade jangan lupa untuk berterima kasih kepada orang yang sedah menolong atau membantu ade.

Sudah jelas, pastikan bahwa penyampaian pendidikan awal teori, mengenai cara berterima kasih kepada seseorang akan diterima baik-baik kepada anak kita walaupun hanya berbentuk nasehat saja.

Kedua,

Setelah kita sampaikan tentang rasa terima kasih yang sebelumnya sudah dibahas pada tips pertama, maka tahap selanjutnya adalah prakteknya/ mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sedikit saran agar anak terbiasa mengucapkan salam, maka biasakan kita atau keluarga untuk mengucapkan terima kasih terutama pada saat dihadapan anak kita, tujuannya adalah supaya anak kita mengikuti apa yang kita lakukan akan hal tersebut.

Sesekali ajak anak kita untuk bermain dengan anak-anak lain, disisi lain orangtua disampingnya. Kita sebagai orang tua jangan bingung karena mencari jalan ingin mencontohkan ungkapan rasa terima kasih. Banyak sesuatu yang ada disekitar kita untuk menempuh tujuan yang kita harapkan, saya akan berikan satu contoh : misalkan bunda minta tolong kepada anak bunda, nak tolong ambilkan pinsil buat mama, dan tunggu sampai anak mengambilkan pinsil tersebut.

Setelah pinsil itu diambilkan oleh anak kita, maka kita ucapkan kepadanya dengan ucapan terima kasih ya sudah mau membantu mama, tunggu sampai anak menjawab ia mah, sama-sama. Nah, setelah itu berikan kepada anak kita pemahaman tentang berterima kasih. Dengan kalimat Nah ade juga harus seperti mamah ya, kalau seandainya ade minta tolong kepada seseorang, maka jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang sudah menolong ade.

Dengan cara tersebut, pasti anak tersebut akan mendengarkan dan membiasakan diri untuk berterima kasih kepada seseorang yang menolongnya.

Kesimpulan

Setelah kita sampaikan tentang cara berterima kasih kemudian sampai pada implementasi/ pelaksanaan dalam mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang dapat membantu. Kemudian kita sampaikan kepada anak kita bahwa sikap tersebut berlaku pada setiap orang dan seandainya orang tersebut tidak bisa membantu, maka sikap kita tidak boleh marah atau kesal. Sampaikan hal tersebut kepada anak kita ya bun.

Post a Comment for "Tips | Mendidik Anak agar dapat Berterima Kasih"