Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menerapkan Pola Hidup Bersih Untuk Ibu Yang Sedang Menyusui

Cara Menerapkan Pola Hidup Bersih Untuk Ibu Yang Sedang Menyusui
  • Bagaimana cara menerapkan pola hidup bersih untuk ibu yang sedang menyusui?
  • Apa saja yang mesti dihindari untuk menempuh pola hidup bersih?
  • Apakah ada Tip atau cara untuk menempuh pola hidup bersih?
  • Apa saja aktivitas yang harus dilakukan agar hidup menjadi bersih?

Semua pertanyaan di atas, akan terjawab pada artikel ini. Sebelumnya semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca atau para pengunjung blog ini. Baik sekarang simaklah artikel ini dengan seksama.

Pola Hidup Bersih

A. Menjaga Kebersihan

Bunda yang sedang menyusui harus membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Termasuk membersihkan bagian-bagian anggota badan yang menjadi sarang bakteri atau kuman.

Selain itu bunda juga harus menjaga kebersihan makanan dengan cara menutup makanan, baik sebelum dan sedudah makan.

Kemudian pada saat mengolah makanan harus memperhatikan akan kebersihannya, agar terhindar dari bakteri dan kuman. Mencuci bahan makanan yang akan dimasak, ini merupakan salah satu bentuk menuju pola hidup bersih.

Pada umumnya yang paling penting adalah menjaga kebersihan badan sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap bayi, seperti masuknya bakteri atau kuman yang dapat mempengaruhi sistem imun anak.

B. Menghindari Polusi Udara

Perlu diketahui bahwa ibu yang sedang menyusui juga harus memperhatikan dan selalu melakukan pola hidup sehat seperti tidak merokok, menjauhkan diri dari lingkungan yang berpolusi.

Menghindari udara yang tidak sehat merupakan bentuk usaha kita untuk tetap sehat, jangan ingin menjadi perokok pasif (tidak merokok tapi menghirup asapnya), ini lebih bahaya dibandingkan dengan orang yang merokok, dampaknya dapat mempengaruhi sistem pernapasan. Jadi, kita harus jaga jarak terhadap orang yang merokok terutama anak kita harus dijauhkan dari orang yang sedang merokok.

Salah satu bentuk upaya lain agar mengurangi polusi udara adalah diharapkan tidak membakar sampah sembarangan. Sampah yang tidak mudah terurai alangkah baiknya jika hanya dibuang langsung ke tempat pembuangan sampah tanpa harus membakarnya.

C. Kebersihan Rumah

Ibu yang sedang menyusui juga harus memperhatikan kebersihan kamar tidur, agar kamar tidur tidak terlihat kumuh salah satu upaya agar tetap bersih adalah membiasakan diri untuk mengganti sarung batal, menjemur kasur, menjemur bantal dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar kamar yang kita tempati tetap bersih dan bebas dari kuman.

Salah satu upaya lain agar pola hidup bersih adalah membiasakan membuka jendela rumah pada saat pagi hari mulai dari jam 06.30 sampai dengan jam 09:00, tujuannya supaya udara yang ada didalam rumah tidak terlalu lembab sehingga akan memicu pertumbuhan jamur, bakteri dan penyakit.

Bunda juga harus berusaha untuk memperhatikan kebersihan kamar mandi dengan cara membersihkan secara rutin sehingga dapat mengurangi pertumbuhan lumut, di kamar mandi pastikan tidak ada air yang tergenang yang mana menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak.

D. Kesimpulan

Dari apa yang sudah disampaikan bahwa kesimpulannya adalah rumah yang bunda tempati harus dalam kondisi baik untuk menempuh pola hidup bersih dan dengan cara membersihkan lantai secara rutin, membuat suasana rumah terasa sejuk dan sehat.

Disisi lain kita juga harus membiasakan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Salah satu cara agar sampah tetap pada tempatnya maka kita harus menyediakan tempat sampah baik untuk ditempatkan didalam rumah maupun diluar rumah.

Tip pola hidup bersih untuk ibu yang sedang menyusui
  • Menjaga kebersihan anggota badan
  • Menjaga kebershan makanan
  • Menjaga kebersihan rumah
  • Menghindari polusi udara (pencemaran udara)
  • Memakan makanan yang sehat dan ber-gizi
  • Meninggalkan kebiasaan buruk, seperti malas untuk mandi dan sebagainya
  • Mencuci buah-buahan sebelum dikonsumsi
  • Meminum air bersih (setiap hari), sebelum dan sesudah menyusui

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Post a Comment for "Cara Menerapkan Pola Hidup Bersih Untuk Ibu Yang Sedang Menyusui"