Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendidik Anak supaya dapat Disiplin dan Bertanggung Jawab

Mendidik Anak supaya dapat Disiplin dan Bertanggung Jawab

Anak suka terlambat ke sekolah, bangun kesiangan, anak menjadi pemalas, kemudian ketika diperintah sering mengelah/ atau tidak mau, ditugaskan beli sesuatu tidak mau, dinasehati justru menolak bahkan jenderung melawan.

Semua itu karena pengaruh dari pendidikan awal yang kita berikan kepada anak. Kita jangan sampai terlambat memberikan pendidikan kepada seorang anak. Sebab ketika kita mendidik pada usia anak sudah dewasa, maka usaha kita untuk mendidik anak agar menjadi seseorang yang disiplin juga bertanggung jawab akan sia-sia.

Pada artikel kali ini, sedikit saya sampaikan bagaimana cara mendidik anak supaya dapat menjadi seseorang yang disiplin dan bertanggung jawab atas semua tindakan yang diperbuatnya.

A. Disiplin

Semua orangtua pasti menginginkan anaknya disiplin dan bertanggung jawab atas semua tindakan yang dilakukannya.

Dengan menerapkan sikap disiplin pada anak, sehingga akan diperoleh sikap yang memilki rasa semangat yang tinggi pada anak misalkan disiplin dalam mengatur waktu, membiasakan tidur dan bangun pada waktu yang sudah ditentukan oleh orangtua.

Disiplin dan bertanggung jawab merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Pada saat anak mulai diajarkan kedisiplinan maka secara alami anak tersebut memiliki rasa tanggung jawab atas semua tindakan yang dilakukannya dengan selalu siap menerima segala risiko yang akan terjadi.

Tip mendidik anak agar dapat disiplin

  • Biasakan untuk tidur dan bangun sesuai dengan waktu yang ditentukan, tujuan tidur pada waktu yang sudah ditentukan oleh kita, membuat anak akan disiplin terhadap waktu.
  • Biasakan anak bangun sebelum jam 5, karena waktu-waktu itulah selain anak merasakan udara yang segar disisi lain tidak akan malas dalam menjalankan semua aktivitas. Seperti berangkat sekolah lebih awal, menyiapkan buku pelajaran, dan lain-lain.
  • Sebelum anak tidur biasakan untuk membersihkan bagian tubuhnya seperti cuci muka, cuci kaki, menggosok gigi dan lain sebagainya.
  • Berikan anak tugas kecil, misalkan ditugaskan untuk membelikan makanan ke warung dengan uang yang lebih. Jutuannya selain anak patuh terhadap perintah kita disisi lain melatih anak supanya menjadi anak yang dapat bertanggung jawab atas amanah yang sedang diemban.
  • Latih anak dengan memberikan tugas untuk menyiapkan keperluan sekolah seperti buku, alat tulis dan sebagainya. Tujuannya adalah melatih rasa tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar.
  • Selalu memberikan pesan kepada anak agar setelah pulang sekolah nanti cepat pulang dengan tidak banyak bermain.
  • Biasakan untuk menyisihkan uang jajannya dengan cara menabung agar keperluan pribadinya terpenuhi.
  • Selalu memberikan semangat kepada anak dalam berbagai macam situasi dan kondisi.

B. Bertanggung jawab

Semua orang pasti memiliki rasa bertanggung jawab ketika melakukan sesuatu dan pastinya siap menerima semua risiko yang akan menimpanya.

Namun rasa tersebut tidak akan muncul pada diri seseorang jika tidak dilatih, latihannya bisa berbentuk pemberian tugas.

Anak diberikan tugas untuk selalu mengerjakan tugas sekolah dengan bimbingan dan pengawasan dari orangtua. Ketika dia mengerjakan tugas sekolah artinya dia sadar bahwa pekerjaan tersebut harus diselesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan.

Anak akan terbiasa dalam menjalani kewajibannya, mulai dari tugas-tugas yang diberikan oleh kita kepadanya. Tugasnya bukan hanya dari sekolah saja, melainkan dari pekerjaan rumah harus diberikan kepadanya seperti halnya memberikan tugas untuk selalu merapihkan tempat tidurnya bahkan dan benda-benda yang ada di kamarnya. Tujuannya adalah selain melatih rasa tanggung jawabnya juga agar terlihat rapih dan bersih.

Jadi, orangtua tidak akan kerepotan dalam merapihkan kamarnya, sebab anaknya sudah melakukan tanggung jawabnya dengan cukup baik. Peran orangtua disini hanya memberikan perintah dengan selalu membimbing dan mengawasi anak.

Tip agar anak dapat bertanggung jawab

  • Berikan tugas rumah seperti merapihkan tempat tidur, benda-benda yang ada dikamarnya.
  • Selalu memberikan arahan supaya anak dapat menyiapkan perlengkapan sekolah sediri.
  • Bimbing dan terus awasi setiap tugas yang sudah diberikan oleh gurunya di sekolah, bila perlu minta kontak nomor semua guru. Tujuannya agar orangtua dapat berkomunikasi terkait perkembangan anaknya di sekolah.
  • Berikan tugas-tugas lain sesuai dengan kebutuhan yang mengarah pada sikap tanggung jawab seorang anak.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi penting dan dapat bermanfaat bagi para pengunjung blog. Terima kasih

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Post a Comment for "Mendidik Anak supaya dapat Disiplin dan Bertanggung Jawab"