Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Benda yang Harus Dijauhkan oleh Orangtua dari Jangkauan Anak Usia 1 Tahun ke Bawah

11 Benda yang Harus Dijauhkan oleh Orangtua dari Jangkauan Anak Usia 1 Tahun ke Bawah

Apapun yang dilihat oleh anak akan menjadi pusat perhatian dan anak akan selalu berusaha untuk memegangnya dan memasukan kedalam mulutnya.

Ya betul, mungkin tidak apa-apa kalau berupa makanan bayi tapi yang jadi masalah adalah kalau benda tersebut benda keras yang memang bukan bagian dari makanan misalnya uang koin.

Ketika anak memakan benda tersebut, mungkin akan berpengaruh besar pada sistem pencernaannya. Apa lagi jika terjadi pada anak usia sekitar tuga bulan tentu sangat bahaya ya bun.

Oleh karena itu kita sebagai orangtua harus banyak waspada terhadap semua mainan atau benda yang hendak diambil oleh anak kita.

Baiklah moms, saya tidak akan berkata panjang lebar bahwa kali ini isi artikel yang saya buat berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Dimana saya akan sedikit share tentang beberapa benda yang mesti kita jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Beda-benda yang Harus Dijauhkan dari Jangkauan Anak-anak

Bunda pasti sudah tahu dan bisa memprediksi kan. Kenapa kita harus menjauhkan benda-benda tersebut.

Ya benar sekali, agar anak kita tidak terluka atau bahkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan oleh semua orangtua. Mungkin ini merupakan informasi yang memberitahukan kita bahwa kita dan orang disekitar kita tidak memberikan benda-benda yang termasuk kedalam kategori mesti dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Beberapa benda yang dimaksud pada artikel ini yaitu sebagai berikut,

  1. Koin
  2. Api
  3. Benda tajam
  4. Jarum
  5. Mainan kecil
  6. Terminal listrik
  7. Air panas
  8. Tinta
  9. Benda keras
  10. Jenis air yang mengandiung zat kimia
  11. Kipas Angin

Sudah tahu ya moms, jadi sebelas benda di atas harus kita jauhkan dari anak kita. Jangan sampai anak kita menjangkaunya. Walaupun anak berusaha untuk menggapainya ya pada akhirnya nanti juga akan dimasukan ke dalam mulutnya.

1. Koin

Koin ini bukan hanya pada uang saja akan tetapi seperti maunan yang berbentuk dan terbuag dari logam ini juga termasuk kedalam koin.

Jadi, kita harus menjauhkannya dari anak-anak supaya anak kita tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan oleh semua orangtua.

2. Api

Api ini sifatnya panas dan jika disebtuh maka akan mengalami luka bakar yang serius. Tidak kecil juga tidak besar tetap saja akan mengakibatkan rasa sakit.

Seperti lilin, bisa saja kita menyalakannya pada saat mati lampu. Kebetulan anak belum tidur masih asyik bermain dengan mainannya. Pada saat anak tersebut melihat api pada lilin. Anak tersebut berusaha dengan cara merangkak menghampiri api tersebut. Untung orangtuanya melihat kalau tidak apalah jadinya.

Kita ambil pelajaran, sebagai orangtua jangan sekali-kali meninggalkan anak dalam kondisi apapun. Pokoknya kita harus memperhatikan dan memastikan agar anak kita aman selalu.

3. Benda Tajam

Benda tajam ini bukan hanya pisau saja tapi mainan anak juga ada terutama pada bagian pinggirnya. Meskipun tidak terlalu tajam tapi bisa saja dapat melukai anak.

Kita harus memperhatikan semua benda baik mainan anak taupun bukan sebelum diberikan apakah layak untuk dipegang anak tau tidak. Jadi, harus dipastikan dulu ya moms.

4. Jarum

Jarum termasuk benda yang dapat menusuk ke dalam tubuh. Jarum bisa saja ditemukan pada kasur dan bantal. Karena biasanya kalau orangtua terutama ibu setelah merajut pakaian atau setelah berkerudung biasanya suka menaruh jarum itu didalam kasur, bantal bahkan sampai di kursi.

Bahayanya ketika anak melihat jarum pentul. Bunda tahukan jarum pentul. Ya betul, yang berwarna pada bagian ujungnya, itukan bagi anak sangat menarik ya moms, sehingga anak itu selalu berusaha untuk mengambilnya.

Upaya untuk menghindari hal di atas, orangtua agar selalu memastikan dan meninggalkan kebiasaan menyimpan jarum sembarangan/ dimana saja.

5. Mainan kecil

Mainan anak zaman sekarang itu macam-macam, seperti mainan yang berukuran kecilpun banyak dijumpai di toko mainan. Bunda harus tahu, jangan membelikan mainan pada anak yang berukurannya kecil. Apalagi kalau kita membelikannya karena mainan tersebut harganya sangat murah.

Ingat, semua mainan yang akan kita berikan kepada anak harus dapat memenuhi syarat seperti aman atau tidak aman.

6. Terminal listrik

Semua orang tahu terminal listrik yang biasa kita gunakan untuk semua jenis alat elektronik. Baik setrika, dispenser, laptop, dan lain sebagainya.

Benda ini termasuk benda berbahaya yang memiliki tegangan tinggi. Siapa saja yang menyentuhnya dia akaan tersetrum.

Oleh karena itu, kita harus dapat menjauhkan dari jangkauan anak-anak. Karena benda ini sangat berbahaya.

7. Air panas

Air panas juga harus dihindari dari jangkauan anak-anak ya moms. Karena yang sifatnya panas jika terkena dapat menimbulkan luka yang serius.

8. Tinta

Kalau dirumah bunda terdapat alat kerja yang berhubungan dengan kantor seperti printer. Ini juga harus dihindari dari jangkauan anak kita. Kalaupun tidak ya paling tidak kita selalu mengawasi gerak-gerik anak.

9. Benda keras

Benda keras juga termasuk benda yang berbahaya. Karena kalau anak bermain sendirian dengan mainannya/ benda keras dan terjadi benturan keras bisa-bisa badannya menjadi memar.

10. Jenis air yang mengandiung zat kimia

Biasanya ditemukan pada peralatan mandi anak kita. Ya betul, minyak wangi, minyak telon, dll. Jadi, harap jauhkan dari jangkauan anak kita ya moms.

11. Kipas Angin

Kipas angin ini memang menjadi daya tarik anak-anak. Karena gerakannya yang membuat si kecil penasaran untuk memegangnya. Apa lagi kalau tangannya dimasukkan kedalam bagian kipas, bisa-bisa anak akan terluka.

Nah, intulah beberapa benda yang mesti dihindari dari jangkauan anak-anak. Semoga artikel ini memberikan informasi dan dapat bermanfaat.

Tip dan Saran Memilihkan Mainan untuk Anak-anak

11 Benda yang Harus Dijauhkan oleh Orangtua dari Jangkauan Anak Usia 1 Tahun ke Bawah

Berikut ini saya berikan sedikit tip dan saran buat bunda agar dapat memberikan mainan yang tepat untuk anak anak dibawah usia 1 tahun,

  1. Memilih mainan yang aman untuk anak
  2. Pastikan mainan tidak terlalu kecil
  3. Berikan mainan yang memiliki nilai edukasi, misalnya mainan susun benda
  4. Biasakan untuk membersihkan mainan sebelum dan sesudah digunakan anak-anak
  5. Simpan mainan di tempat yang bersih

Demikianlah sedikit tips dan saran buat bunda dalam memilihkan mainan buat anak-anak. Semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment for "11 Benda yang Harus Dijauhkan oleh Orangtua dari Jangkauan Anak Usia 1 Tahun ke Bawah"