Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Niat, Pola Pikir, Ikhtiar, dan Do'a Sebagai Cara untuk Meningkatkan Produksi ASI Melimpah Memenuhi Lemari Es

Niat, Pola Pikir, Ikhtiah, dan Do'a Sebagai Cara untuk Meningkatkan Produksi ASI Melimpah Memenuhi Lemari Es

Moms, dari dulu hingga sekarang ASI menjadi kebutuhan utama bayi sejak dilahirkan. Meskipun sudah banyak sekali produk susu formula, tetap tidak dapat menyamai apalagi menandingi kualitas ASI yang unggul dalam berbagai hal. Mulai dari kandungan nutrisinya, higienitas, manfaat, biaya, dsb ASI tetap unggul.

Lalu bagaimana jika moms hanya dapat menghasilkan ASI sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali?

Jawabannya adalah, moms jangan langsung menyerah. Karena sekarang banyak ikhtiar yang dapat kita lakukan agar memperoleh ASI yang mencukupi bahkan melimpah. Semua harus diawali dulu dari diri moms sendiri, mulai dari niat, pola pikir, ikhtiar dan do'a tentunya.

Untuk lebih jelasnya lagi, saya akan menjelaskan secara terperinci sebagai berikut:

Niat

Mengapa saya katakan niat sebagai salah satu upaya untuk memperoleh ASI melimpah?

Ya, karena segala sesuatu yang kita lakukan harus diawali dengan niat. Proses mengASIhi merupakan bentuk kasih sayang kita terhadap anak kita.

Namun prosesnya tak semudah kita menyajikan air di dalam gelas kepada orang dewasa. Banyak ujian kesabaran yang harus kita lalui untuk terus menyusui bayi kita secara konsisten sampai usia 2 tahun. Dengan niat yang kuat, kita dapat memegang komitmen untuk terus menyusui apapun kesulitan yang kita hadapi.

Pola Pikir

Yakinkan dalam diri kita bahwa ASI itu memang yang terbaik untuk bayi kita. Dan kita harus yakin bahwa semua ibu dapat menghasilkan ASI yang akan mencukupi kebutuhan bayi kita. ASI cukup untuk membuat bayi kita kenyang, ASI juga cukup untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi kita.

Tak jarang seorang ibu yang baru melahirkan tak mendapati ASI nya keluar, kemudian mengambil kesimpulan dengan yakinnya bahwa ia tak dapat menghasilkan ASI. Ini sangat keliru moms, kenapa? Karena semua berawal dari mind set kita.

Ketika kita berfikir bahwa ASI kita sedikit atau tidak keluar, maka otak akan mengirimkan signal tersebut ke tubuh kita sehingga kita benar-benar kesulitan menghasilkan ASI.

So moms, sebagai ibu kita harus menjaga pola pikir kita. Yakini bahwa kita dapat menyusui bayi kita sesuai kodrat kita sebagai ibu yang sudah Allah titipi ASI untuk diberikan kepada bayi kita.

Ikhtiar/ Usaha

Tentu saja di dunia ini segala sesuatunya tidak instan, harus ada usaha yang kita lakukan untuk memperoleh sesuatu. Termasuk untuk menghasilkan ASI melimpah, kita dapat melakukan beberapa usaha, diantaranya :

  • Makan Makanan dengan Gizi Seimbang dan Minum Minimal 2 Liter per Hari

Ingat ya moms, jangan sampai menahan lapar apalagi sampai diet ketika menyusui. Karena kalori yang dibutuhkan ibu menyusui justru dua kali lipat lebih banyak daripada ibu hamil.

Kuncinya, jangan ragu untuk makan ketika moms mulai merasa lapar. Karena kebutuhan ibu menyusui berbeda-beda sesuai dengan aktivitas fisiknya, maka moms pasti lebih tau seberapa banyak porsi yang moms butuhkan setiap harinya. Ingat kuncinya ya moms, jangan menahan lapar.

  • Pijat Laktasi

Pasca lahiran biasanya perawat atau bidan memberikan tips bagaimana supaya ASI dapat segera keluar dengan lancar, salah satu upayanya yaitu dengan pijat laktasi. Namun jika moms belum mendapatkan arahan tersebut, moms bisa searching dari berbagai media untuk mendapatkan informasinya.

Pijat laktasi dapat dilakukan sendiri di rumah dengan bantuan suami atau anggota keluarga lainnya yang bisa membantu. Namun jika moms ingin langsung datang pada ahlinya, biasanya layanan pijat laktasi ini ada di tempat moms and baby spa.

Pijat laktasi dapat membuat produksi ASI meningkat sehingga moms bisa menyusui dengan lancar dan bayi selalu kenyang.

Selain itu pijat laktasi juga dapat membuat moms lebih rileks sehingga dapat kembali segar dan bugar untuk terus menyusui.

  • Memompa ASI

Niat, Pola Pikir, Ikhtiah, dan Do'a Sebagai Cara untuk Meningkatkan Produksi ASI Melimpah Memenuhi Lemari Es

Hisapan bayi tentu berbeda dengan hisapan alat pompa ASI. Namun moms tidak perlu khawatir produksi ASI berkurang karena alat pompa. Justru alat pompa ASI juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI asal penggunaannya tepat.

Sebisa mungkin ketika bersama dengan bayi, moms menyusui bayi secara langsung. Ketika bayi tidur, moms bisa menggunakan alat pompa selama 1 jam sekali untuk terus merangsang produksi ASI.

Namun ingat ya moms, pompalah ASI hingga benar-benar tetes terakhir. Karena ketika payudara kosong, kelenjar ASI akan kembali berproduksi. Nah jika sudah dipompa, moms bisa menyimpan ASI perah untuk sewaktu-waktu digunakan jika moms bepergian tanpa membawa bayi.

  • Bahagia

Nah moms, jangan sepelekan soal perasaan. Sama halnya dengan ibu hamil, ibu menyusuipun harus selalu bahagia agar dapat menghasilkan ASI yang melimpah.

Jangan sampai moms frustasi dengan berbagai hal sampai-sampai mempengaruhi kuantitas ASI yang dihasilkan. Alangkah lebih baik jika moms berbagi keluh kesah dengan suami.

Moms bisa juga berbagi tugas pekerjaan rumah dengan suami. Bahkan moms bisa sedikit bermanja dengan suami, seperti dibelikan makanan kesukaan, disuapi, atau sekedar sharing tentang tumbuh kembang si kecil.

So, moms harus pandai-pandai mengelola perasaan dan emosi lalu cari cara terbaik yang dapat membuat moms selalu bahagia.

  • Istirahat Cukup

Moms bukan robot penghasil ASI yang dapat terus memproduksi ASI tanpa istirahat. Terlebih tugas moms, bukan hanya menyusui melainkan masih banyak lagi hal lainnya yang harus diperhatikan.

Jika moms mendengar mitos bahwa ibu yang baru melahirkan tidak boleh tidur siang, maka itu keliru. Jika malam kita bergadang dengan sikecil, lalu siang hari kita pun tidak boleh tertidur, lantas kapan kita bisa beristirahat? Justru kitalah yang paling butuh untuk istirahat.

Maka ketika ada kesempatan untuk istirahat, sebaiknya istirahatlah. Ketika bayi tidur, moms bisa ikut tidur. Itu bukan suatu dosa ya moms, karena ibu menyusui sangat perlu istirahat.

  • Konsumsi Booster (pendorong) ASI

Bagi beberapa moms, makan minum dengan gizi seimbang belum cukup untuk mendorong produksi ASI agar meningkat. Jika moms mengalami hal serupa, moms bisa mencoba berbabagi suplemen atau makanan yang bisa mendorong produksi ASI.

Untuk suplemen yang bisa praktis diminum, moms bisa memperolehnya di apotek-apotek terdekat. Ada juga booster ASI yang berupa ramuan herbal. Namun moms juga bisa terlebih dahulu mencoba bahan makanan sehari-hari yang banyak menjadi booster ASI.

Beberapa makanan yang biasanya efektif sebagai booster ASI yaitu daun katuk, daun bayam, daun kelor, pepaya muda, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahan makanan tersebut dapat dikonsumsi sebagai menu harian pendamping lauk pauk lainnya.

Baca Juga : Mom and Baby | Daun Yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI

Do'a

Kita dan segala yang kita miliki adalah milik Allah subhanahu wa ta'ala dan segala yang kita butuhkan di dunia ini hanya dapat diberikan oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Oleh karena itu moms harus meminta segala sesuatu kepada Allah subhanahu wa ta'alasebagai pemilik segalanya. Silakan moms berdo'a dan memohon agar diberikan kemudahan dan kelancaran untuk dapat menyusui bayi moms hingga 2 tahun ke depan. In shaa Allah atas izinnya, semua akan selalu mudah.

Post a Comment for "Niat, Pola Pikir, Ikhtiar, dan Do'a Sebagai Cara untuk Meningkatkan Produksi ASI Melimpah Memenuhi Lemari Es"