Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Persalinan Menggunakan Layanan Kesehatan BPJS di RSIA Swasta di Bandung | Pengalaman tahun 2019

Proses Persalinan Menggunakan Layanan Kesehatan BPJS di RSIA Swasta di Bandung | Pengalaman tahun 2019

Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang proses persalinan di rumah sakit ibu dan anak menggunakan layanan kartu BPJS kesehatan.

Mungkin sebagian besar bunda menginginkan proses persalinan normal di bidan terdekat. Namun kita tidak bisa memastikan bahwa proses persalinan yang kita akan lalui bisa secara normal atau harus caesar, karena semua itu kehendak dari Sang Maha Kuasa.

Misalnya ketika kita ingin melalui proses persalinan normal tapi kalau Dia sudah berkehendak lain, maka semua yang kita inginkan tidak akan terjadi. Salah satu usaha kita yaitu dengan berdo'a kepada-Nya di samping melakukan berbagai anjuran medis.

RSIA Swasta di Bandung

Di salah satu rumah sakit ibu dan anak, disitulah tempat dimana anak pertama saya dilahirkan. Rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit yang cukup dikenal dengan pelayanan yang maksimal, sehingga pasien atau keluarga pasien merasa nyaman berada di RS tersebut.

Bagaimana mungkin tidak aman, kalau di setiap sisi sudut ruang terdapat CCTV yang terus memantau setiap penjuru rumah sakit yang menjamin pasien dan keluarga pasien terjaga aman.

Passca melahirkan, saya mendengar dari suami bahwa pada saat keluarga saya menemani sampai selesai proses persalinan, salah satu dari keluarga saya sempat kehilangan HP yang sedang dicharger pada tempat khusus yang disediakan di ruang tunggu.

Sementara pada saat itu kondisi keluarga semuanya kelelahan sehingga sampai tertidur. Bagaimana tidak kami datang ke rumah sakit dari pukul 06:00 dan proses persalinan baru bisa dilakukan pukul 23.00.

Kehilangan tersebut terjadi kurang lebih pada pukul 02:00 dini hari. Dimana saat itu tidak ada siapa-siapa. Ketika salah satu dari anggota keluarga bangun melihat HP nya tidak ada, maka keluarga pun merasa kaget karena kehilangan.

Suami saya kemudian bertanya pada bagian keamanan, ternyata HP nya diamankan oleh bapak security yang mungkin sedang melakukan patroli.

Ini bukti bahwa semua kenyamanan dan keamanan sangat diperhatikan di RS tersebut dan saya sangat terkesan atas semua pelayanan yang ada di sana. Kami pun tidak bisa memberikan apa-apa kepada pak scurity selain ucapan terima kasih.

Rincian biaya

Tempat aman, pelayanan maksimal, dan fasilitas lengkap. Sudah pasti harus membutuhkan biaya yang banyak.

Untuk biaya persalinan di RS tersebut terdapat 2 golongan yaitu Mandiri dan tidak mandiri (BPJS). Walaupun ada 2 golongan, tetapi pelayanannya tetap sama saya rasakan.

Berikut ini saya lampirkan biaya selama proses persalinan,

Untuk mandiri:

Persalinan normal : 16.500.000; (kelas I)

Persalinan tidak normal/ caesar : 30.000.000; (kelas I)

Untuk tidak mandiri / BPJS

Persalinan normal atau tidak normal tidak dipungut biaya, karena ditanggung layanan BPJS sepenuhnya.

Baik lahiran secara normal maupun caesar dapat ditanggung layanan BPJS. Namun alangkah lebih tenang jika ingin lahiran di rumah sakit, sebaiknya usahakan kontrol setiap bulannya kepada salah satu dokter si Rumah Sakit tersebut. Karena yang saya rasakan, rekomendasi dokter sangat membantu proses administrasi sehingga bisa dipastikan kita mendapat kesempatan melahirkan di RS tersebut. Mengapa demikian? Karena jika kita masuk Rumah Sakit secara mendadak/darurat tanpa booking terlebih dahulu, tanpa rekomendasi dokter juga, seringkali kamar telah penuh sehingga kita harus mencari RS lain. Jangan sampai itu terjadi karena akan membuat kita kelelahan dan panik menjelang persalinan. Jadi sebaiknya persiapkan dengan matang yah dimana kita akan melahirkan.

Persalinan cesar

Persalinan dengan cara cesar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan persalinan normal. Namun yang menjadi perbedaan adalah anda akan ditangani lebih khusus.

Berkas yang harus disediakan

Untuk berkas yang harus disiapkan adalah

  1. Jalur mandiri
  2. Jalur Jaminan kesehatan/ BPJS

Kalau untuk jalur mandiri, sebenarnya lebih mudah dan tidak banyak repot hanyak cukup datang langsung ke bagian informasi pendaftaran.

Nah, kalau mau menggunakan jalur BPJS, anda harus mempersiapkan beberapa berkas, seperti foto kopi KTP, kartu BPJS, KK, dan lain sebagainya.

Selain itu anda juga harus daftar dulu ke bagian pelayanan BPJS, setelah di terima anda akan menerima surat selanjutnya anda akan langsung ke bagian informasi pendaftaran RS.

Pada saat ingin mendaftar bagian pelayanan BPJS, anda harus daftar terlebih dahulu dan datang lebih awal. Karena khusus untuk layanan ini waktunya dibatasi.

Pastinya anda harus antre walaupun sampai menunggu lama. Memang ini sangat membosankan tapi anda harus bersabar.

Post a Comment for "Proses Persalinan Menggunakan Layanan Kesehatan BPJS di RSIA Swasta di Bandung | Pengalaman tahun 2019"