Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Gendongan | lebih baik memilih gendongan jenis apa? Gendongan yang aman, nyaman dan murah

Tips Memilih Gendongan. lebih baik memilih gendongan jenis apa? Gendongan yang aman, nyaman dan murah

Menggendong dan gendongan mulai menjadi trend tersendiri bagi moms di era modern ini. Bisa menggendong baby kemana-mana menjadi kebanggaan tersendiri, di samping keinginan untuk selalu bersama dengan baby tentunya. Apakah moms termasuk yang masih jarang menggendong? Lebih senang meletakkan bayi moms di kasur atau di stroller?

Bahkan saat bepergianpun moms lebih memilih untuk menitipkan baby kepada orang lain, karena takut repot? Moms, di era modern seperti sekarang ini banyak sekali kemudahan-kemudahan yang bisa kita peroleh untuk tetap menggendong dan selalu dekat dengan baby kita. Jadi kuantitas dan kwalitas kebersamaan kita dengan baby bisa meningkat.

Salah satunya dengan memilih gendongan terbaik, ternyaman dan tentunya sesuai dengan kebutuhan moms masing-masing. Saya adalah seorang ibu yang bekerja di luar rumah dan sekaligus mengurus rumah secara mandiri bersama suami, tanpa mempekerjakan ART. Nah ketika saya berada di rumah, sekalipun kerepotan dengan pekerjaan rumah tangga saya tetap ingin selalu dekat dengan baby saya, apalagi jika bepergian selain bekerja.

Mengingat waktu yang saya gunakan untuk bekerja di luar rumahpun sudah mengurangi intensitas kebersamaan saya dengan baby, maka sayapun mencari cara supaya saya bisa tetap mengerjakan pekerjaan rumah sementara kebersamaan dengan baby pun tetap terpenuhi.

Saya rasanya tidak tega membiarkannya terus bermain sendirian di kasur atau di stroller sementara saya mengurus rumah. Selain itu kondisi demikian juga tidak efektif untuk meningkatkan bonding karena terbatasnya interaksi. Maka menggendong sambil mengerjakan pekerjaan rumahpun menjadi pilihan saya. Berikut ini pengalaman saya dalam menggunakan gendongan yang saya pilih, berdasarkan informasi yang saya cari tau dari berbagai sumber akhirnya saya memilih gendongan SSC.

SSC atau Soft Structur Carrier merupakan gendongan instan yang juga dikenal dengan gendongan ransel. Apa saja kelebihan dan kekurangan gendongan ini?

Kelebihan dan Kekurangan Gendongan SSC

Kelebihan

Bentuknya yang menyerupai ransel dengan penopang di pinggang dan kedua pundak membuat lebih nyaman karena tumpuan tidak hanya pada satu bagian tubuh saja. Shoulder pad (busa bahu) dan waist pad (busa pinggang) pada gendongan SSC membuat beban berat terasa lebih ringan. Moms bisa bayangkan seperti menggendong tas atau ransel. Jika tas hanya berupa kain tanpa busa, ketika tas berisi beban berat apalagi digunakan dalam waktu lama maka bagian pundak kita akan terasa makin sakit. Itulah yang menyebabkan badan kita sakit dan mudah letih saat menggendong.

Mudah digunakan. Bagi moms yang membutuhkan waktu singkat untuk menyetel gendongan, maka penggunaan SSC ini bisa menjadi pilihan karena penggunaannya mudah dan tidak perlu bantuan orang lain. Tentu awal-awal mungkin moms kebingungan, tapi setelah terbiasa akan sangat mudah dan tidak lebih dari 1 menit saat memasangkannya.

Harga yang bervariatif tergantung merk. Sekarang ini ada banyak merek lokal yang dibandrol mulai dari kisaran 250.000 tergantung spesifikasi yang dibutuhkan dan budget yang dimiliki tentunya. Jika moms memiliki banyak anggaran, bisa juga memilih merek luar dengan harga jutaan. Namun bagi saya pribadi, merek lokalpun jika itu ori maka kwalitasnya sudah bagus. Dari segi bahan, model, kualitas jahitan itu sudah memenuhi standar keamanan dan kenyamanan gendongan.

Banyak pilihan model, merk, dan harga. Saya pribadi lebih menyarankan merek lokal tapi original daripada merek luar tapi KW. Tentu jika memiliki budget lebih moms bisa membeli merek luar dan ori. Mengapa harus original by merk? Karena kualitasnya sudah teruji terutama dari segi keamanan. Barang KW lebih riskan rusak dan berbahaya saat digunakan jika jahitannya tidak kuat.

Kekurangan

Bagian tali yang tersisa setelah mengeratkan gendongan seringkali menjuntai-juntai, namun itu bisa dirapikan dengan diikat karet seperti cincin yang terdapat pada gendongan merk tertentu. Namun itu tergantung selera ya moms, karena justru banyak moms yang suka jika tali-tali gendongan dibiarkan jatuh menjuntai.

Setting awal yang harus disesuaikan dengan BB dan TB baby sebelum digunakan. Jadi untuk gendongan SSC yang saya gunakan, itu setting body panel bisa digunakan mulai dari new born sampai toddler. Jadi saya di awal-awal agak kesulitan menyetel body panel yang pas untuk baby saya. Tapi setelah ketemu settingan yang pas, selanjutnya tinggal digunakan tanpa harus merubah-rubah lagi sampai baby mom bertambah besar.

Harga yang bagi sebagian orang cukup mahal, karena gendongan biasa atau kain jarik dapat dibeli di kisaran puluhan ribu saja. Padahal jika berdasarkan pengalaman saya pribadi, gendongan biasa jauh lebih cepat rusak dan rapuh. Beda halnya dengan gendongan ergonomis salah satunya SSC yang lebih kuat dan bisa digunakan turun-temurun. Bahkan jika moms ingin menjual kembali gendongan, banyak peminatny. Selain itu manfaat yang dirasakan juga jauh lebih banyak dengan selisih harga tersebut. Jadi menurut saya soal harga worth it kok.

Kesimpulan

Nah moms, itulah pengalaman saya dalam memilih gendongan SSC. Alhamdulillah saya tidak merasa kecewa atau menyesal dengan pilihan jenis gendongan ini. Karena saya memutuskan untuk memilihnya dengan banyak pertimbangan dan perbandingan dengan gendongan jenis lainnya.

Kemudian setelah digunakan pun memang sangat nyaman dan bermanfaat sekali untuk saya yang cukup dinamis. Silakan moms gunakan gendongan sesuai dengan keperluan, kesanggupan dan kenyamanan masing-masing.

Tulisan saya hanya berdasarkan pengalaman saya pribadi yang mungkin berbeda dengan kondisi dan kebutuhan moms.

Post a Comment for "Tips Memilih Gendongan | lebih baik memilih gendongan jenis apa? Gendongan yang aman, nyaman dan murah"