Manfaat Menggendong Bayi dengan Teknik M Shape

Bayi moms senang digendong? Ataukah moms yang senang menggendong bayi moms?

No problem moms, menggendong itu tidak dosa dan tidak akan berdampak buruk pada selama menggendong dengan teknik yang tepat dan benar. Perlu kita ketahui bahwa menggendong itu justru banyak manfaatnya jika dilakukan dengan cara yang tepat.

Nah moms tahu tidak, sekarang ini ada yang disebut dengan istilah teknik menggondong M shape. Dimana teknik menggendong ini, memposisikan tubuh bayi menghadap penggendong dengan posisi kaki terbuka sehingga jika dilihat seperti huruf M. Maka teknik menggendong ini disebut dengan teknik M shape.

Menggendong teknik M shape ini sudah teruji aman secara medis bahkan dianjurkan juga untuk bayi prematur. Ya, sejak lahir bayi sudah dianjurkan untuk digendong dengan teknik M shape ini. Jadi, moms jangan khawatir akan hal tersebut ya, karena teknik tersebut sudah teruji.

Banyak yang mengira bahwa teknik M shape ini membuat bayi mengangkang, sehingga dikhawatirkan dapat mempengaruhi pertumbuhan struktur tulang bayi. Padahal teknik ini justru memposisikan bayi sesuai dengan posisi alamiahnya seperti saat di dalam kandungan.

Selain itu, pada teknik menggendong M shape ini pantat bayi tertopang sempurna oleh gendongan dan jika ditarik garis lurus posisi pantat berada di bawah lutut. Sehingga dengan teknik M shape ini, bayi justru akan merasa nyaman dan rileks. Bagian selangkangan pun tidak tertarik melainkan tersangga oleh gendongan karena posisi pantat yang lebih rendah dari lutut.

Apa saja manfaat menggendong teknik M shape?

Berikut ini saya bagikan manfaat yang saya peroleh dari berbagai sumber, beserta pengalaman pribadi yang saya rasakan:

Menghindarkan bayi dari Hip Dysplasia (kelainan pada panggul)

Bahkan berdasarkan beberapa sumber yang saya baca, menggendong teknik M shape dapat meringankan kondisi bayi yang sudah mengalami Hip Dysplasia. Sehingga diharapkan bayi normal terhindar dari kelainan ini, dan bayi yang sudah mengidap kondisi ini bisa kembali normal.

Meningkatkan bonding antara penggendong dan bayi (dalam hal ini sebaiknya moms and dads dengan baby nya masing-masing yah)

Menggendong teknik M shape yang memposisikan tubuh bayi menghadap penggendong dan menempel sepenuhnya, membuat bayi moms or dads merasa seperti dipeluk terus. Tentunya hal ini merupakan salah satu upaya untuk menguatkan bonding antara moms or dads dengan sang bayi tersayang.

Membuat bayi nyaman seperti dalam kandungan

Tentu moms masih ingat kan rasanya mengandung. Membawa bayi moms di dalam perut, menyatu dengan tubuh moms. Membawanya kemanapun moms pergi. Hal tersebut dirasakan bayi moms, dan membuatnya nyaman. Bahkan jika moms ingat-ingat, bayi dalam kandungan lebih sering aktif ketika kita berdiam diri istirahat dan tertidur ketika kita ajak beraktivitas.

Maka jangan heran jika setelah dilahirkan bayi kita lebih nyaman, tenang bahkan tertidur pulas di ketika digendong. Nah sekarang ketika sudah terlahir di dunia, ia juga dapat merasakan nyamannya digendong oleh dady nya.

Memudahkan moms or dads beraktivitas

Menggendong teknik M shape ini memposisikan bayi pada posisi yang tersangga sempurna hingga ke lehernya, sehingga bayi yang belum tegakpun tetap aman digendong dengan menggunakan teknik ini. Nah hal ini pula yang membuat moms or dads dapat leluasa bergerak tapa harus memegangi tubuh bayi saat digendong.

Menggendong terasa lebih ringan, nyaman dan tentunya terhindar dari rasa pegal

Seringkali keluhan yang dirasakan banyak moms or dads ketika menggendong adalah rasa pegal yang dirasakan akibat teknik menggendong yang bertumpu pada bagian tubuh tertentu, apalagi jika bayi moms sudah memiliki bobot tubuh yang tidak lagi ringan.

Dengan menggendong teknik M shape, keluhan-keluhan tersebut akan berkurang dan moms or dads mampu menggendong dengan durasi yang lebih lama.

Posting Komentar untuk "Manfaat Menggendong Bayi dengan Teknik M Shape"