Cara Mengatasi Anak yang Mengalami Demam Tinggi

Cara Mengatasi Anak yang Mengalami Demam Tinggi Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menghubungi Bidan dan Dokter

Cara Mengatasi Anak yang Mengalami Demam Tinggi - Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai sikap orangtua terhadap anaknya sebelum mengalami demam tinggi.

Selain itu, pada postingan artikel ini juga saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara mengatasi anak yang mengalami demam tinggi terutama yang terjadi pada malam hari.

Pertolongan pertama saat anak mengalami demam tinggi adalah menemui bidan dan konsultasikan bagaimana cara menurunkan demamnya. Namun hal ini tidak dapat dilakukan jika menghubungi bidan pada malam hari.

Oleh karena itu, kita sebagai orangtua harus dapat memberikan pertolongan pertama sebelum membawanya ke bidan atau dokter spesialis anak untuk mengonsultasikan masalah yang terjadi pada anak.

Sebelum pada pokok pembahasan, perlu kita ketahui terlebih dahulu mengenai gejala yang ditimbulkan pada saat anak sedang mengalami demam.

Pada umumnya gejala yang dialami anak pada saat demam ialah suhu badan anak panas dan rewel dengan tidak bisa dialihkan bahkan sampai menangis dan cenderung berontak jika ditenangkan.

Berikut Penyebab Anak Mengalami Demam Tinggi

Kita kenali terlebih dahulu apa penyebab dan kenapa anak kita bisa mengalami demam tinggi. Nah, berikut ini beberapa kemungkinan terjadinya demam tinggi pada seorang anak.

Sedang tumbuh gigi

Mulainya tumbuh gigi pada anak dapat menyebabkan anak menjadi demam hal ini dapat dialami oleh sebagian orangtua yang sudah melewati masa pertumbuhan gigi pada anaknya.

Sebagai pengalaman pribadi, saya sebagai orangtua sempat merasa panik ketika anak mengalami demam dan tidak pernah tahu kalau itu bagian dari gejala awal tumbuh gigi pada anak.

2. Efek dari suntik imunisasi

Bisa jadi karena anak baru pertama selesai suntik imunisasi. Kaum ibu yang ada di tanah air, tentu tidak heran dengan program pemerintah yang satu ini, dimana suka dilaksanakan di Desa baik untuk ibu hamil maupun anak balita.

Program Desa terbebut biasa dilaksanakan di posyandu yang mana isi materinya berupa sosialisasi maupun penimbangan dan lain sebagainya. Jadi, moms jangan panik jika anak mengalami demam.

Oleh karena itu moms jangan samapai panik dalam menghadapi anak yang mengalami demam tinggi. Bagaimana moms, sudah tahu bagaimana cara mengatasi anak yang sedang demam tinggi.

Selain tidak panik, Moms juga harus dapat memastikan suhu badan anak. Jika suhu badanya mencapai 39,5 derajat ke atas berarti badan anak panas dan harus dibawa ke bidan desa atau ke dokter anak. Karena suhu badan normal itu sekitar 36 derajat

Berikut Cara Mengatasi Anak yang Mengalami Demam Tinggi

Cara pertama yaitu dengan mengkompresnya dengan air hangat hal ini bertujuan agar demamnya menurun.

Selanjutnya silakan balurkan bawang merah ke bagian badan anak. Caranya dengan menghaluskan 3 butir bawang merah setelah itu balurkan ke bagian atas kepala, bagian dada, punggung, dan telapak kaki.

Apabila sudah melakukan cara yang ada di artikel ini badannya masih tetap naik sampai dengan 39,5 derajat. Silakan moms bawa ke rumah sakit terdekat agar masalahnya dapat teratasi.

Kesimpulan

Menghadapi anak demam tinggi pastikan untuk jangan panik dan selalu berikan anak dengan ASI sampai benar-benar anak kenyang. Kemudian kompres dengan air hangat. Ini adalah cara pertama yang semua orang dapat melakukannya.

Jika repot menyiapkan air hangat untuk mengkompres anak, maka silakan beli di toko terdekat/ apotek untuk membeli alat kompres penurun panas sesuai dengan usia anak bunda yang sekarang.

Kemudian kita juga sebagai ibu harus memperhatikan makanan yang bergizi agar produksi ASI meningkat dan berkualitas. Karena jika kita tidak terlalu mementingkan asupan makanan yang cukup bisa-bisa anak kita tidak terpuaskan. Nah, sekarang sudah tahu kan moms. Pentingnya makanan yang bergizi.

Baik Moms sesuai dengan maksud judul artikel ini, yaitu cara mengatasi anak sebelum mengalami demam tinggi. Pastikan pastikan terlebih dahulu suhu badan anak sampai 39,5 derajat (gunakan termomether badan yang memiliki akurasi baik). Setelah itu silakan moms lakukan usaha untuk menurunkan demamnya. Ada dua usaha yang dapat dilakukan oleh orangtua, yaitu dengan melakukan 2 cara. Bunda bisa memilih diantara salah satu cara tersebut.

Nah, demikianlah artikel bagaimana cara mengatasi anak yang mengalami demam tinggi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog mom and baby. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan pesan melalui Contact yang sudah disediakan di menu navigasi. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Anak yang Mengalami Demam Tinggi"