Skip to main content
Mom Baby

follow us

Bagaimana Cara Menidurkan Anak yang Susah Tidur pada Malam Hari

10 Cara Menidurkan Anak yang Susah Tidur pada Malam Hari Wajib Anda Ketahui

Bagaimana cara menidurkan anak yang susah tidur pada malam hari - Faktor utama yang membuat anak susah tidur adalah pola tidur yang tidak teratur. Hal ini ditandai dengan waktu tidur anak tidak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh orangtuanya.

Salah satu cara mengubah pola tidur anak, yaitu dengan membiasakan anak untuk tidur tepat pada waktunya. Kebiasaan tersebutlah akan membentuk anak terbiasa dan mudah untuk tidur tanpa diperintah oleh orangtuanya.

Selain dengan cara mengubah pola tidur anak, Bunda juga dapat melakukan beberapa cara yang dilansir di Blog Mom and Baby tentang mengatasi anak yang susah tidur sampai anak mau tidur.

Berikut Ini 10 Cara Mudah Menidurkan Anak yang Susah Tidur

1. Lakukan pendekatan dengan anak

Melakukan pendekatan yang baik dengan anak sebelum menidurkan anak merupakan salah satu cara mudah untuk menidurkan anak yang susah tidur.

Dalam hal ini anda sebagai orangtua dapat mengajak anaknya menuju ke tempat tidurnya pada saat waktu tidur telah tiba. Karena pada umumnya anak ingin ditemani oleh orangtuanya sebelum dia terlelap tidur.

2. Menceritakan sebauh dongeng

Umumnya anak-anak itu menyukai cerita fiksi atau sebuah dongeng sebagai pengantar sebelum tidur. Anak akan merasa senang jika dari salah satu orangtuanya mau membacakan sebuah cerita untuknya.

Maka dari itu, orangtua harus dapat mengarang sebuah cerita atau bisa juga dengan membacakan dongeng dari sumber-sumber yang ada di internet untuk dibacakan kepada anaknya sebelum tidur.

3. Membuat jadwal aktivitas anak

Seperti halnya membuatkan jadwal kegiatan anak dimulai dari bangun, bermain, mandi, belajar, dan tidur. Hal ini bertujuan agar anak terbiasa melakukan aktivitas tersebut pada waktu yang sudah diatur.

Selain dapat membuat anak terbiasa, anak juga akan meraa disiplin terhadap waktunya. Seperti halnya kapan dia harus tidur tanpa disuruh oleh orangtuanya.

4. Memastikan tempat tidur anak tetap nyaman

Jika kita menginginkan anak bisa tidur sesuai yang kita harapkan, tapi kalau tempat tidurnya berantakan atau tidak nyaman. Sepertinya anak tidak akan bisa tidur bahkan dia akan cenderung merasa kesulitan untuk tidur.

Oleh karena itu, kita sebagai orangtuanya harus dapat memastikan kondisi kamarnya dimulai dari seprai yang dipakai di kasurnya hingga benda atau mainan yang ada di kamar si anak. Kalau berantakan atau belum rapih, maka kita rapihkan terlebih dahulu.

5. Membangun rutinitas tidur

Membangun rutinitas tidur merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan oleh semua pihak keluarga. Misalnya di keluarga Bunda menerapkan tidur bersama pada jam atau waktu tertentu. Artinya tidak ada aktivitas selain tidur.

Hal ini agar anak tidak bisa bermain sendiri, justru dia akan terdorong untuk tidur bersama dengan yang lainnya. Kalau kondisinya kita ingin anak tidur duluan tapi kitanya tetap masih asyik dengan acara yang ditonton di televisi. Saya kita anak akan merasa kesulitan untuk tidur.

6. Mengatur penerangan lampu kamar

Mengatur lampu yang ada didalam kamar anak juga perlu diperhatikan oleh orangtua, jangan sampai lampu yang ada di kamar anak terlalu terang juga terlalu gelap.

Untuk melakukan cara ini agar anak dapat tidur nyaman paling tidak kita harus memfasilitasi kamarnya dengan dua lampu, yaitu lampu terang dan redup.

7. Mengatur suhu kamar

Bukan hanya lampu yang diatur tapi mengatur suhu ruangan kamar juga perlu diperhatikan oleh orangtua. Karena jika suhu ruangan kamar tidur anak tidak nyaman seperti misalnya panas atau terlalu dingin, maka yang ada anak tidak bisa tidur nyenyak.

Oleh karena itu, gunakanlah temperatur suhu AC yang normal atau bisa menyesuikan dengan kebutuhan orang rumah. Karena tidak semua orang rumah nyaman terhadap temperatur suhu ruangan yang normal.

8. Mengajak bermain

Mengajak bermain sebelum tidur juga salah satu cara orangtua untuk menidurkan anaknya yang susah tidur. Ini dilakukan jika anak belum merasa puas dengan aktivitas bermainnya.

Jika anak sudah merasa puas pada permainannya, maka dia akan merasa bosan dan disanalah kesempatan kita sebagai orangtuanya untuk mengajaknya ke tempat tidur. Tapi dengan catatan ini dilakukan pada jam yang sudah diatur sebelumnya.

9. Mengatur jam tidur anak

Tidur tepat waktu yang sudah dijadwalkan merupakan salah satu upaya agar anak dapat tidur pada waktu yang sudah ditentukan. Cara ini membutuhkan kesabaran bagi orangtua.

Selain itu, orangtua juga harus bersikap lembut ketika memberikan motivasi kepada anaknya yang berupa bujukan supaya anak mau tidur pada waktu yang sudah ditentukan oleh orangtuanya.

Faktanya banyak orangtua yang menyerah jika anaknya tidak mau dibujuk untuk tidur bahkan sampai ada yang berbuat kasar kepada anaknya dikarenakan anaknya tidak mau tidur.

10. Mengatur jam bangun tidur anak

Cara ini dapat dilakukan secara terus-menerus, yaitu membangunkan anak pada waktu yang sama. Misalnya anak setiap harinya dibangunkan pada saat jam 5 pagi.

Pada saat anak bangun pada jam tersebut, secara tidak sadar anak akan merasa terbiasa bangun sendiri tanpa harus ada alarm atau perintah dari orangtuanya.

Pada awalnya mungin orangtua akan sedikit kesulitan, akan tetapi setelah beberapa hari kedepan orangtua tidak akan mengalami kesilitan lagi dalam membangunkan anak.

Nah, demikianlah postingan artikel mengenai sepuluh cara mudah menidurkan anak yang susah tidur. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Terima kasih

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Blog Mom and Baby
Buka Komentar