Skip to main content
Mom Baby

follow us

Cara Mengatasi Anak Demam Tinggi di Malam Hari yang Wajib Anda Ketahui

Cara Mengatasi Anak Demam Tinggi di Malam Hari yang Wajib Anda Ketahui

Cara mengatasi anak demam tinggi di malam hari - Anak mengalami demam sebenarnya hal yang biasa ya Moms. Saat anak demam menandakan bahwa tubuh anak sedang melawan virus atau bakteri yang menyerangnya.

Jadi, Moms jangan khawatir lagi jika anaknya mengalami demam. Justru yang perlu dipikirkan oleh Moms adalah bagaimana cara mengatasi anak yang demam tinggi terutama jika terjadi di malam hari.

Nah, postingan kali ini Blog Mom and Baby akan berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait bagaimana cara mengatasi anak yang mengalami demam tinggi.

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Anak Demam Tinggi di Malam Hari

Silakan Moms dapat mengunakan beberapa cara di bawah ini jika anaknya mengalami demam sebelum memutuskan untuk menemui dokter atau bidan desa.

1. Kompres dengan air hangat

Mengompresnya dengan air hangat merupakan salah satu bentuk upaya untuk menurunkan demam si anak. Metode penyembuhan turun-temurun yang saat ini cukup membantu dalam upaya menurunkan demam anaknya.

Terlebih lagi sekarang sebelum mengompres anak yang demam itu tanpa harus memasak air terlebih dahulu. Karena saat ini sudah ada alat khusus untuk mengompres tanpa harus repot memasak air dulu.

2. Mengelap tubuh anak menggunakan air hangat

Selain dengan cara mengompres, mengelap tubuh anak dengan menggunakan air hangat juga salah satu cara untuk menurunkan demam yang dialami seorang anak.

Metode ini sebenarnya hampir sama dengan cara mengompres, yaitu sama-sama menggunakan air hangat dengan suhu tidak terlalu panas. Namun pengaplikasiannya yang berbeda, yaitu pembaluran ke seluruh tubuh sedang metode kompres hanya pada bagian tertentu saja.

3. Pakaikan anak dengan pakaian yang tipis

Jika dengan cara ke-1 dan ke-2 tidak bisa dilakukan, maka Moms bisa menggunakan cara yang ini. Dengan cara memakaikan baju yang tipis, maka kemungkinan besar demam yang dialami anak akan teratasi.

Faktanya pakaian yang tipis itu dapat menurunkan demam si anak tanpa dilakukan pengompresan atau dengan cara mengelap tubuh anak dengan menggunakan air hangat.

4. Mengatur suhu ruangan kamar anak

Mengatur suhu ruangan kamar tidur merupakan upaya untuk menurunkan atau mengatasi anak yang mengalami demam terutama jika terjadi pada malam hari.

Moms dapat mengaplikasikannya dengan menggunakan kombinasi cara atau metode pengompresan dan metode lainnya supaya demamnya cepat teratasi.

5. Berikan air putih atau asi pada anak

Ketika anak mengalami demam, sebenarnya mereka membutuhkan cukup cairan. Karena dengan cairan dan jika cairan yang ada didalam tubuhnya tercukupi, maka demam mereka dapat cepat teratasi.

Oleh karena itu, ketika anak demam kita harus banyak memberikan minum air putih atau memberikan asi (untuk anak dibawah dua tahun atau masih mengasi) kepada mereka.

Namun kika kita tetap menggunakan cara ini, diharapkan kita mampu mengontrol anak agar tidak terlalu banyak minum air putih atau memberikan asi pada anak terlalu banyak. Jika terjadi, maka yang ada anak akan mengalami mual dan muntah.

Mual dan muntah biasa terjadi pada anak yang masih balita yang usianya masih dibawah dua tahun ya Moms. Jika anak Moms usianya lebih dari dua tahun, maka bisa dengan memberikan air putih atau susu yang cukup.

6. Balurkan bawang merah pada bagian badan anak

Bawang merah dapat menurunkan demam seorang anak. Faktanya bawang merah ini memiliki kandungan minyak atsiri yang berkhasiat untuk menurunkan demam baik pada anak-anak sampai orang dewasa sekalipun.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah, Moms hanya dengan cara menghaluskan beberapa butir bawang merah dan campurkan dengan baby oil kemudian balurkan pada bagian tubuh tertentu seperti di telapak kaki, atas kepala, paha, punggu, dan pada bagian selangkangan lainnya.

Perlu diingat bahwa cara ini tidak boleh dilakukan jika anak bunda memiliki penyakit kulit sensitif sehingga kalau tetap menggunakan cara ini, khawatir akan menambah masalah pada anak.

7. Memberikan obat penurun panas sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter atau bidan

Memberikan obat penurun panas adalah cara efektif untuk menurunkan demam anak secara cepat. Tapi faktanya tidak semua anak menyukai minum obat ya Moms.

Oleh karena itu mau tidak mau kita harus tega meminumkan obat kepada anak sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan oleh dokter atau bidan.

Sebagai saran dari saya Moms, pemberian obat dapat dilakukan kalau anak sudah diberi mpasi. Jika anak bunda masih bayi, masih usia dini. Alangkah baiknya untuk mengkonsultasikan langsung ke dokter atau bidan sebelum anak diberikan obat.

8. Segera hubungi dokter anak atau bidan jika anak Moms mengalami demam dan ditemukan gejala-gejala sebagai berikut.

  • Anak demam semakin tinggi, yaitu bersuhu lebih dari 38 derajat celcius.
  • Anak mengalami mual dan muntah secara terus-menerus.
  • Bagian wajah atau badan anak terlihat memerah
  • Demam anak tidak bisa teratasi walaupun sudah menggunakan salah satu dari ke-7 cara yang ada di atas.
  • Menunjukkan tanda-tanda dehidrasi pada anak.

Kesimplan dari artikel ini adalah penanganan pertama untuk anak yang mengalami demam yang terjadi pada malam hari merupakan salah satu upaya yang dapat dilakkan oleh setiap orangtua sebelum anak dibawa ke dokter anak atau bidan terdekat untuk diatasi lebih lanjut.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Blog Mom and Baby
Buka Komentar