Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Penyebab Anak Sering Memuntahkan Makanan

Penyebab Anak Sering Memuntahkan Makanan

Penyebab Anak Sering Memuntahkan Makanan - Permasalahan yang didapat orangtua terhadap anaknya selain susah makan adalah sering memuntahkan makanan.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi anak yang sering memuntahkan makanan diharapkan orangtua mengetahui terlebih dahulu apa penyebab anak sering memuntahkan makanan.

Setelah nanti orangtua mengetahui penyebabnya, maka barulah kita sebagai orangtua menemukan jawaban terkait bagaimana cara mengatasinya.

Berikut Penyebab Anak Sering Memuntahkan Makanan

Berikun ini beberapa faktor penyebab anak sering memuntahkan makanan yang telah dimakannya.

1. Anak sedang dalam keadaan sakit

Penyebab anak sering memuntahkan makanan adalah mungkin saja ia sedang sakit dan pada umumnya anak yang sedang sakit itu pasti akan diberi obat antibiotik. Kemudian sebelum minum obat, biasanya si anak disarankan untuk makan terlebih dahulu.

Jika anak tidak menyukai rasa obat yang diminumnya, maka timbul rasa mual dan pada akhirnya memuntahkan makanan yang sebelumnya sudah dimakan olehnya.

Jadi bagaimana cara mengatasinya Moms? Cara mengatasinya tentu dengan cara memberikan jeda beberapa menit kedepan untuk dilanjutkan meminum obat sakitnya.

2. Anak tidak menyukai makanan yang dikasih orangtua

Tidak semua anak menyukai makanan yang dimakannya. Sebenarnya sikap ketidak sukaan terhadap makanan tersebut diakibatkan orangtua yang tidak memperkenalkan aneka jenis makanan pada saat anak berada di masa balita.

Misalnya anak tidak menyukai daging ayam, telur, dan tempe. Setiap anak memakan makanan tersebut selalu mengalami mual dan muntah. Nah, dari sinilah kita khawatir terhadap gizi anak yang tidak terpenuhi.

Salah satu cara agar kita memenuhi kebutuhan gizi anak, maka kita dituntut untuk bisa membuatkan berbagai macam jenis olahan masakan yang bahan dasarnya dari makanan tidak disukai anak.

3. Pemberian asi kepada anak secara berlebihan

Memberikan asi terlalu banyak juga dapat menyebabkan anak sering memuntahkan makanan. Faktanya ada seorang ibu memberikan asi terlalu banyak dan setelah itu anak dikasih makanan seperti nasi beserta makanan lainnya.

Pada akhirnya seorang anak mengalami mual bahkan sampai memuntahkan makanan yang sebelumnya telah dimakannya. Hal ini dianggap normal karena siapa saja anaknya yang mengalami kekenyangan sudah dipatikan akan mengalami hal yang sama.

Solusi yang bloeh dicoba adalah berikan makanan terlebih dahulu dan jangan terlalu lama sehingga anak mengalami kekenyangan yang berlebihan.

4. Sedang berada dalam perjalanan

Biasanya terjadi pada anak yang tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh dengan naik mobil.

Terutama dalam kondisi kekenyangan kemudian menaiki mobil karena suatu perjalanan, maka pada saat itu anak akan mengalami mual dan muntah. Jika anak Bunda sudah terbiasa melakukan perjalanan dengan menaiki mobil, maka sudah dipastikan tidak akan mengalami mual dan muntah.

Solusi lain untuk poin yang ini adalah dengan cara membiasakan anak untuk bepergian menaiki mobil, baik itu mobil pribadi maupun umum.

5. Sedang tumbuh gigi

Anak yang sedang tumbuh gigi biasanya tidak begitu semangat untuk memakan makanan yang bertekstur. Anak cenderung lebih memilih asi dibandingkan memakan makanan yang bertekstur.

Oleh karena itu, hal ini dapat diatasi dengan cara membuatkan makanan yang bertekstur lembut yang bahan dasarnya dari makanan yang memiliki kaya protein dan mineral. Hal ini bertujuan agar kebutuhan nilai gizi anak terpenuhi.

Kesimpulan

Sekuat apapun kita berusaha untuk mengetahui penyebab anak sering memuntahkan makanan kalau tidak dibarengi dengan upaya yang maksimal, maka tetap tidak akan merubah keadaan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar