Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Cara Mengobati Batuk Pilek pada Bayi Secara Alami yang Wajib Anda Ketahui

Cara Mengobati Batuk Pilek pada Bayi Secara Alami - Masalah yang sering ditemukan oleh orangtua terhadap bayinya adalah batuk pilek. Hal ini tentu membuat orangtua panik akan hal tersebut.

Ketika orangtua panik biasanya langsung mencarikan obat untuk diberikan pada si Kecil tanpa resep dokter. Karena orangtua selalu beranggapan bahwa dengan memberikan obat dapat menyembuhkan si Kecil.

Sebenarnya, pemberian obat pada anak usia dini, sangatlah tidak disarankan karena hal tersebut dapat menimbulkan efek samping yang memang kita tidak pernah mengetahuinya.

Lalu apakah batuk pilek pada bayi bisa sembuh sendiri? Perlu kita ketahui bahwa batuk pilek disebabkan oleh virus dan biasanya ketika bayi mengalami batuk pilek dibiarkan akan sembuh sendirinya. Namun, kita sebagai orangtua tentu khawatir jika si Kecil tidak segera ditangani.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini blog MomBaby akan berbagi pengalaman mengenai bagaimana cara mengobati batuk pilek pada bayi secara alami tanpa harus memberikan obat.

Berikut Cara Mengobati Batuk Pilek pada Bayi Secara Alami

Memberikan ASI

Memberikan ASI pada saat si Kecil mengalami batuk pilek merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh seorang ibu. Faktanya banyak orangtua tidak mengetahui manfaat ASI itu sendiri.

Perlu kita ketahui bahwa ini adalah cara mengobati batuk pilek pada bayi secara alami yang wajib Anda ketahui. Jadi, dengan mengetahui cara ini Anda tidak peru panik lagi ketika si Kecil mengalami batuk pilek.

Karena ASI termasuk obat batuk pilek untuk bayi alami, maka kita disarankan tidak langsung meberikan obat lainnya (selain ASI) ketika si Kecil mengalami batuk pilek.

Mengatur suhu ruangan

Upaya untuk mengobati batuk pilek pada bayi dengan memberikan ASI saja tidak cukup, sebab bisa kemungkinan batuk pilek pada bayi karena alergi perubahan cuaca atau suhu yang ada di ruangan.

Bawa dan tempatkan bayi Anda pada ruangan khusus. Kemudian silakan atur suhu ruangannya menjadi lembab hal ini dilakukan untuk melancarkan saluran pernapasan pada bayi.

Selain itu, jangan lupa Moms untuk memposisikan kepala lebih tinggi daripada badannya pada saat si Kecil sedang tidur. Hal ini dilakukan supaya si Kecil tidak kesulitan bernapas dikarenakan hidung mampet.

Membuat uap daun sirih

Membuat uap daun sirih merupakan salah satu cara mengobati batuk pilek pada bayi secara alami. Cara ini disebut juga cara tradisional yang sering dilakukan oleh orang zaman dahulu.

Cara membuatnya cukup gampang, hanya dengan mengambil lima helai daun sirih kemudian masukan kedalam wadah yang berisi air panas. Lalu simpan pada ruangan dimana si Kecil tidur.

Namun, perlu diperhatikan untuk memperoleh uap daun sirih ini kita harus sering melihat apakah ramuan tersebut masih beruap atau tidak. Jika tidak beruap, maka diharapkan Moms untuk segera membuatkan uap daun sirih lagi seperti pada awal pembuatan.

Lockdown

Selain membuatkan ramuan uap dari daun sirih, lockdown juga salah satu cara menyembuhkan batuk pilek pada bayi secara alami. Artinya pada saat anak sedang mengalami plek atau batuk, maka harus berdiam diri di dalam rumah.

Hal ini bertujuan agar batuk pileknya tidak bertambah parah dan batuk pilek yang dialami si Kecil pun akan cepat sembuh dan bisa diajak keluar lagi seperti biasanya.

Rutin membersihkan ruangan

Rutin membersihkan ruangan seperti mencuci sarung bantal, kasur, dan ruangan lainnya merupakan salah satu usaha untuk meredakan batuk pilek pada bayi secara alami.

Jika ruangan yang ada di dalam rumah kotor, justru akan mempertambah parah keadaan si Kecil yang mengalami batuk pilek. Oleh karena itu, kita sebagai orangtua harus rajin membersihkan semua ruangan secara rutin.

Mengatur pengharum ruangan

Pengharum ruangan dapat menyebabkan kondisi si Kecil yang sedang batuk pilek dapat memperparah keadaan. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk mengatur pengharum ruangan yang ada di dalam rumah.

Gunakan juga pengharum ruangan yang tidak terlalu menyengat atau ekstrem. Karena biasanya pengharum ruangan yang terlalu menyengat dapat memicu batuk bertambah parah.

Disisi lain, pastikan juga agar tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan pengharum ruangan pada si Kecil mengalami batuk pilek. Jika tidak demikian, si Kecil merasakan tidak nyaman sehingga cenderung akan selalu menangis.

Keyword: batuk pilek pada bayi obat alami, batuk pilek pada bayi karena alergi, obat batuk pilek untuk bayi alami, cara mengatasi batuk pilek pada bayi alami, atasi batuk pilek pada bayi, mengobati batuk pilek pada bayi secara alami, apakah batuk pilek pada bayi bisa sembuh sendiri, mengatasi batuk pilek pada bayi secara alami, menyembuhkan batuk pilek pada bayi secara alami, meredakan batuk pilek pada bayi secara alami

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar