Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Ketahui MPASI Pertama yang Diberikan pada Bayi

Kapan seharusnya MPASI pertama kali mulai diberikan pada bayi, dan jenis makanan apa saja yang disarankan untuk menu pendamping asi ini? Nah, setelah membaca postingan ini, anda dapat mengetahui makanan pendamping asi pertama yang diberikan pada bayi anda juga mengetahui kapan waktu yang paling tepat dalam pemberian MPASI pertama yang diberikan pada bayi.

Pada umumnya pemberian MPASI pertama yang diberikan pada bayi itu saat menginjak usia enam bulan (6 bln), ingat ya moms usia ini jangan dijadikan patokan sebab ada ibu hamil yang melahirkan anaknya pas sembilan bulan dalam kata lain lahir prematur, lahiran karena caesar, dan waktu melahirkan tidak normal lainnya.

Yang menjadi patokan pemberian MPASI pertama yang diberikan pada bayi adalah proses pertumbuhan dan perkembangannya, untuk mengetahui lebih jelasnya disarankan untuk selalu konsultasi dengan dokter anak dan sesering mungkin untuk memeriksa pertumbuhan si kecil serta tanyakan juga terkait kapan mulai diberikannya MPASI pertama diberikan.

Waktu Pemberian MPASI

Telah disinggung pada pada paragraf pertama bahwa MPASI ini dapat diberikan setelah bayi mengonsumsi ASI secara eksklusif selama enam bulan, di usia ini pada umumnya sistem pencernaan bayi dan antibody si kecil sudah siap untuk menerima jenis makanan pendamping ASI. Namun kembali lagi menjadikan patokan bahwa bayi anda harus mencapai usia enam bulan baru diberikan makanan pendamping ASI, akan tetapi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak.

Biasanya dokter akan melihat pertumbuhan dan perkembangan bayi anda setiap bulannya, apakah grafik pertumbuhannnya meningkat atau sebaliknya yaitu menurun. Sebab banyak faktor yang dapat menurunkan grafik pertumbuhan bayi salah satunya produksi ASI moms yang menurun, kesibukan sampai tidak sempat menetein si kecil, dan lain sebagainya.

Dasar pemberian MPASI pertama yang diberikan pada bayi itu adalah usia bayi yang enam bulan pada umumnya sudah sempurna saluran pencernaannya, memberikan asi eksklusif selama enam bulan juga dapat mengurangi risiko bayi terkena alergi.

Jenis MPASI Pertama yang Dianjurkan

  • Bubur beras
  • Bubur beras menjadi pilihan pertama untuk makanan pendamping asi bagi bayi dan kita tahu bahwa setiap beras mengandung karbohidrat yang tentunya jarang menimbulkan reaksi alergi pada bayi. Bahkan jenis mpasi ini menjadi pertimbahan pertama yang harus dikenalkan pada bayi saat mengalami penurunan berat badan pada si kecil.

    Beras yang dianjurkan untuk dijadikan menu bubur beras ini adalah beras putih dan beras merah. Karena keduanya bayak memiliki manfaat dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Anda juga dapat mencampurkan ati ayam pada menu bubur beras ini, dan anda mungkin belum tahu manfaat ati ayam ini belih bagus dibandingkan dengan dagingnya dan tentunya sangat menunjang untuk masa pertumbuhan bayi.

  • Buah segar
  • Buah segar juga tergolong menu mpasi pertama setelah bubur beras, sebab buah segar ini selain memiliki kandungan vitamin juga mengandung mengandung karbohidrat. Selain itu, buah juga mengandung fruktosa dan secara alami dilengkapi enzim pencerna. Jadi, sangat bagus sekali jika dijadikan sebagai menu mpasi pertama yang diberikan pada bayi.

    Buah yang dianjurkan adalah pisang, alpukat, pepaya, apel manis, dan buah pear. Cara memberikan menu mpasi buah segar ini anda dapat mengukus beberapa menit, setelah itu haluskan dan ini sebagai awalan saja untuk memperkenalkan rasa pada bayi dan untuk selanjutnya anda bisa membuatnya dengan tanpa mengukus terlebih dahulu sehingga terlihat segar.

  • Pure buah dengan campuran asi
  • Pada poin ini, berkaitan dengan poin sebelumnya namun yang menjadi perbedaan adalah dalam pengolahan dan penyajiannya yaitu membuat pure buah dengan menambahkan asi kedalamnya. Banyak kumpulan resep dalam membuat pure buah ini, jika anda ingin mengetahui lebih lanjut silahkan simak selengkapnya disini.

    Baca Juga: Aneka Resep Pure Buah dengan Campuran ASI untu bayi

    Buah yang dianjurkan untuk membuat menu mpasi ini adalah buah-buahan yang ada pada poin sebelumnya. Terlihat bahwa jenis buah tersebut memiliki rasa yang manis dan tentunya disukai oleh si kecil.

  • Sayuran
  • Setelah bayi mencapai usia tujuh bulan, selanjutnya anda bisa memberikan makanan pendamping asi berupa sayuran. Anda juga dapat memadukan sayuran dengan jenis makanan sereal seperti tepung beras lainnya. Nah, untuk jenis sayuran yang dianjurkan adalah sayuran yang tergolong memiliki rasa manis seperti labu kuning.

  • Pemberian protein hewani
  • Pemberian protein hewani sangatlah perlukan bagi pertumbuan dan perkembangan bayi. Agar tidak terjadi alergi, pemberian protein hewani ini sebaiknya diberikan pada saat bayi menginjak usia tujuh atau delapan bulan.

    Oleh karena itu, saat bayi anda mencapai usia 7 atau 8 bulan, jangan ragu lagi untuk menambahkan kebutuhan gizi anak dengan cara memberikan porsi makanan hewani, terlebih lagi jika berat badan bayi anda tidak mengalami peningkatan atau tetap dalam grafik garis horizontal.

    Baik, protein yang dianjurkan untuk dijadikan sebagai makanan pendamping asi adalah hati ayam, faktanya hati ayam ini memiliki nutrisi yang lengkap juga dikenal meiliki kandungan protein 6,8 gram, hal ini tentu diperlukan sekali bagi bayi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk penyajiannya, anda hanya cukup mencampurkan olahan ati ayam dengan bubur beras putih atau beras merah yang sudah dibahas pada poin pertama.

Demikianlah postingan mengenai mpasi pertama yang diberikan pada bayi, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jika ada pertanyaan seputar artikel ini jangan sungkan untuk meninggalkan pesan dalam kolom komentar atau bisa melalui forum diskusi.

Baca Juga: Cara Memberikan Makanan Pendamping ASI Bagi Bayi

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar