Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Perbedaan Wordpress dan Blogger

Perbedaan Wordpress dan Blogger - Dari kedua platform ini sekarang sudah dikenal oleh banyak para publisher dan faktanya dari kedua layanan penerbitan blog ini mempunyai banyak perbedaan. Dari perbedaan tersebut akan dibahas tuntas pada postingan kali ini, sehingga anda dapat memilih platform mana yang akan digunakan sebagai akun bisis.

Setelah membaca postingan ini kamu tentu akan mengetahui banyak perbedaan dari kedua layanan blog inidan kamu akan memilih platform mana yang kiranya akan dijadikan wadah atau tempat berbagi dan bisnis online tentunya.

Berikut Perbedaan Wordpress dan Blogger

Banyak para blog pemula yang bertanya mengenai perbedaan wordpress dan blogger, hal yang wajar jika kamu memang ingin mengetahuinya lebih dalam dan menambah wawasan. Oleh karena itu, disinilah akan dibahas tuntas mengenai beberapa perbedaan dari keduanya.

Awal-mula Peluncuran Wordpress vs Blogger

Pertama kali wordpress dikenal oleh publisher pada tahun 2003 (hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little) dan layanan blog ini memiliki dua alamat yang berbeda, yaitu wordpres .com dan wordpress .org.

Wordpress .com digunakan untuk membuat blog secara pribadi dan mempunyai alamat website pribadi dengan membeli domain atau hosting sendiri pada layanan penyedia hosting. Wordpress .org digunakan untuk memodifikasi wordpress sesuai dengan kebutuhan pribadi dan membuat website dan server pribadi.

Sedangkan Blogger diluncurkan oleh salah satu perusahaan Pyra Labs pada tahun 1999 dan pada tahun 2003 diakuisisi oleh Google. Melihat dari awal peluncurannya tentu layanan blog ini lebih tua dan lebih awal meluncur dibandingkan alaw peluncuran wordpress.

Penggunaan Wordpress vs Blogger

Dalam segi penggunaan sebenarnya dari kedua layanan blog ini tentu memiliki kesamaan yaitu membuat sebuah artikel yang akan dipublikasikan pada platform publisher yang digunakan.

Selain itu, dalam segi tampilan juga tentu wordpress menyajikan banyak template keren dibandingkan dengan platform blogger, pengguna juga tidak harus paham dan mengedit template seperti blogger. Namun, publisher tidak bisa mengubah atau mendesain tambilan blognya tidak seperti blogger dan ini sebuah kelebihan yang dimiliki publisher pengguna platform blogger.

Pengoptimalisasian pada template juga wordpress membutuhkan plugin berbayar berbeda dengan halnya pengguna blogger cukup bermodal mahir dalam mengedit mode kode HTML atau bahasa pemrograman terhadap template yang digunakan anda sudah dapat mengoptimalkan blog untuk tetap ada di halaman pertama Google.

Keunggulan dan Fitur Wordpress

  • Gratis
  • Menyajikan banyak template atau desain yang keren
  • Tema blog yang mudah untuk dimodifikasi oleh pengguna
  • Penggunaan lebih mudah
  • Banyak komunitas yang mendukung wordpress
  • Memiliki banyak plugin, misalnya plugin anti-spam, plugin album foto, dan plugin SEO
  • dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa keunggulan dan fitur yang dimiliki wordpress. Sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh wordpress yang tidak dituliskan pada postingan ini, namun paling tidak kamu mengetahui garis besarnya saja.

Keunggulan dan Fitur Blogger

  • Gratis, sama seperti halnya wordpress yang digunakan oleh banyak pengguna
  • Bisa memodifikasi tampilan blog melalui edit HTML
  • Lebih murah dan banyak penggunanya
  • Optimasi sepenuhnya oleh produk google
  • Memodifikasi template blogger bawaan menjadi premium
  • Mudah terkoneksi ke google Adsense dan Adwords
  • Terdapat fitur untuk mengubah template dengan bahasa pemrograman dan CSS
  • dan lain-lain.

Kesimpulan

Setelah kamu mengetahui perbedaan wordpress dan blogger berikut dengan keunggulan dan fitur-fitur, tentu kamu dapat menyesuaikan blog yang akan digunakan. Tapi yang jelas apapun platform yang digunakan tetap saja dalam mempublikasikan konten dibutuhkan konsisten dalam membuat karya yang bermanfaat bagi para pengunjung.

MUNGKIN KAMU SUKA ARTIKEL INI

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar