Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Menyusui

Produksi ASI yang semakin hari semakin sedikit tentu saja membuat kalangan ibu menyusui menglami stres, sehingga orangtua tidak bisa bertahan untuk menyusui anaknya secara optimal sampai usia 2 tahun.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi produksi asi bisa menurun, diantaranya seperti pemberian susu formula pada anak sejak dini dan kebiasaan buruk misalnya ibu yang tidak menyusui anaknya dikarenakan terlalu sibuk dengan urusan karirnya.

Jika anda mengalami hal di atas, jangan khawatir karena ada herbalnya sehingga produksi asi bisa meningkat juga dapat memenuhi kebutuhan anak. Apa sih herbalnya? Daun katuk. Ya, daun katuk ini jenis tanaman yang tumbuh di daerah tropis terutama di Indonesia. Faktanya, daun katuk ini dapat meningkatkan produksi asi pada ibu yang sedang menyusui.

Lalu apa saja sih kandungan-kandungan yang ada dalam daun katuk ini? Daun katuk memiliki banyak zat nutrisi yang baik untuk semua orang terutama jika diberikan pada ibu yang sedang menyusui dimana kondisi asinya sedang menurun atau berkurang. Nah salah satu kandungan yang terdapat dalam daun katuk ini adalah air, protein, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, fosfor, kalium, natrium, vitamin B kompleks, dan vitamin c.

Berikut Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Menyusui

Banyaknya kandungan nutrisi yang ada dalam daun katuk ini membuat banyak manfaat buat kesehatan terutama untuk ibu yang sedang menyusui anaknya. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat daun katuk untuk kesehatan dan ibu menyusui.

  • Dapat meningkatkan produksi asi
  • Menghindari terjadinya sembelit
  • Melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh
  • Bisa menyamarkan kondisi stretch mark setelah melahirkan
  • Dapat menyeimbangkan hormon-hormon tubuh sehingga produksi asi tetap stabil

Untuk mengolah daun katuk ini cukup mudah, Anda bisa mengolahnya dengan berbagai macam hidangan. Misalnya saja menumisnya, bisa dijadikan sebagai lalaban makanan pokok, campuran makanan lainnya atau yang paling sering adalah sup daun katuk. Memang sup daun katuk ini sangat direkomendasikan sekali oleh dokter untuk dikonsumsi ibu yang sedang menyusui.

Demikianlah artikel singkat yang membahas tentang manfaat daun katuk untuk ibu menyusui, semoga postingan ini dapat memberikan informasi penting buat anda.