Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bulan Rajab Berikut Amalan dan Fadilah

Didalam kitab al ghunyah juz 1 halaman 319 yang disusun oleh Syekh Abdul Qodir al-Jaelani bahwa RAJAB itu terdiri dari tiga huruf, yaitu RA, JIM, dan BA. Huruf RA adalah rahmat Allah, huruf JIM adalah Kelomanan Allah, dan huruf BA adalah kebaikan Allah

Dari makna yang tersirat pada setiap huruf yang menyusun kalimat Rajab adalah bahwa Allah memberikan tiga anugrah besar kepada hamba-Nya, yaitu rahmat tanpa adzab, kelomanan tanpa kebakhilan, dan kebaikan yang tanpa adzab pula.

Dari segi bahasa bahwa kalmat Rajab itu bermakna mengagungkang. Karena orang arab sangat mengagungkan bulan ini dibandingkan dengan bulan-bulan lain.


Berikut Ini Beberapa Amalan Sunnah untuk Dikerjakan di Bulan Rajab

1. Melakukan Puasa Sunnah

Salah satu amalan yang paling utama di bulan rajab adalah berpuasa, berpuasa sunnah di bulan rajab merupakan salah satu amalan yang memiliki banyak manfaat, Anda bisa berpuasa satu hari, dua hari, tiga hari, dan atau lebih daripada itu yang sesuai dengan anjuran baginda nabi shalallahu alaihi wassalama.

Rasulullah shalallahu alaihi wassalama bersabda, Tidaklah seorang muslim yang mau berpuasa satu hari di bulan rajab dan beribadah dimalam harinya kecuali Allah akan menuliskan pahala ibadah satu tahun lamanya, nah bagaimana sekarang kamu sudah tahu kan akan keutamaan di bulan rajab dan amalannya.

Selain itu, puasa di bulan bulan rajab lebih utama dilaksanakan pada awal bulan dan dianjurkan untuk niat berpuasanya di bulan tersebut, lalu bagaimana cara bacaan niat puasa sunnah yang benar itu, berikut teks niat puasa di bulan rajab yang bisa Anda gunakan sebelum melaksanakan puasa.

Artinya: Aku berniat puasa untuk esok hari, bulan rajab sunnah karena Allah taala.

Untuk amalan-amalan sunnah dalam berpuasa tentu sama halnya dengan puasa wajib bulan ramadhan, yaitu sebelum berbuka dengan mengawali memakan atau mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, berdoa, memcara adab-adab lainnya.

2. Melakukan Shadaqah

Shadaqah di bulan rajab juga merupakan salah satu amalan yang disunnahkan dan memiliki tingkatan yang sama dengan orang yang berpuasa. Sebab diterangkan didalam kitab nuzhatul majalis halaman 189 bahwa rasulullah pernah ditanya tentang orang-orang yang tidak kuat untuk melakukan saum atau puasa di bulan rajab, maka rasulullah menganjurkan untuk melakukan shadaqah.

Pahala shadaqah di bulan rajab memang tidak diragukan lagi karena perbandingannya jauh berbeda dengan bulan-bulan lainnya, jika bershadaqah satu kali di bulan rajab maka pahalanya tujuh puluh kali lipat sedangkan di bulan-bulan lain satu kali bershadaqah hanya mendapat pahala 10 kali lipat.

Bahkan ada suatu keterangan yang menyebutkan bahwa dengan bersedekah memberi makanan kepada orang yang sedang berpuasa, ia akan memperoleh pahala seperti orang yang melakukan berpuasa selama sehari penuh.

3. Membaca Tasbih

Membaca tasbih pada bulan rajab juga merupakan salah satu amalan sunnah yang dapat dilakukan oleh kaum muslimin. Berdasarkan keterangan yang ada dalam kitab nuzhatul majalis di halaman 189. Sabda nabi shalallahu alaihi wassalama, barang siapa yang membaca tasbih di bawah ini, maka Allah subhanahu wataala akan memberikan pahala yang sangat besar dan tidak terhitung nilainya.

Amalan di bulan rajab yang bisa dilakukan untuk memperoleh pahala yang sangat besar ini, yaitu membaca tasbih yang mana dibaca pada tanggal 1 sampai dengan tanggal 10 bulan rajab sebanyak 100 kali, nah di bawah ini lafad bacaannya.

سبحان الله الحي القيوم

Artinya: Mahasuci Allah yang Maha hidup dan Maha berdiri sendiri

Setelah mengamalkan amalan membaca tasbih di atas, selanjutnya membaca tasbih lainnya yang dibaca pada tanggal 11 sampai dengan tanggal 20 bulan rajab dengan jumlah sama, yaitu sebanyak 100 kali juga, di bawah ini teks bacaan yang dibaca.

سبحان الله الاحد الصمد

Artinya: Mahasuci Allah yang satu dan yang dituju oleh seluruh makhluk

Amalan membaca tasbih yang terakhir adalah amalan yang dibaca pada tanggal 21 sampai dengan tanggal 30 bulan rajab atau sampai akhir habisnya bulan rajab dengan jumlah sebanyak 100 kali, nah berikut teks bacaannya.

سبحان الله الرءوف

Artinya: Mahasuci Allah yang Maha Penyayang

4. Membaca Istighfar

Selain mengamalkan membaca tasbih di bulan rajab, memperbanyak membaca istighfar juga merupakan salah satu amalan yang disunnahkan di bulan rajab, nah untuk bacaan ini sebenarnya banyak sekali tuntunan teks bacaan istighfar yang dapat dibaca pada bulan rajab, bahkan ada bacaan istighfar yang bersifat khusus untuk dibaca pada bulan rajab (terdapat pada majmu' syarif).

Akan tetapi jika Anda kesulitan dalam membacanya, maka Anda bisa mengamalkan bacaan istighfar lainnya walaupun istighfar yang dibaca berbentuk teks pendek yang sudah dihafal setiap harinya setelah selesai shalat, dan lebih dianjurkan untuk mengamalkannya setiap saat.

Amalan membaca istighfar juga salah satu amalan yang insya Allah akan memperoleh ampunan segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat oleh seorang hamba, karena pada dasarnya manusia itu berada didalam zona kesalahan dan yang benar hanya milik Allah semata.

5. Membaca Doa yang Diajarkan oleh nabi Shalallahu Alaihi Wasalama

Amalan selantutnya yang bisa dilaksanakan di bulan rajab adalah membaca doa Allahuma Bariklana, hal ini sebagaimana hadits melalui Annas r.a., berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wassalama ketika berada di bulan Rajab, Rasulullah sering berdoa dengan doa tersebut, di bawah ini adalah doa yang dimaksud.

Artinya: Wahai dzat Allah semoga Engkau memberikan barokah kepada kami semua di bulan Rajab dan di bulan Syaban dan semoga Engkau menyampaikan kami semua akan bulan Ramadhan seperti Engkau telah menyampaikan kami semua masuk dibulan Rajab.

Sudah tentu doa yang ada di atas, banyak orang yang mengenalnya dan bahkan hafal untuk dibaca dan diamalkan di bulan rajab, karena doa tersebut sifatnya mudah untuk dibaca dan diingat.

6. Melaksanakan Shalat Sunnah Rajab

Diterangkan didalam kitab bahwa shahabat Annas bin malik menyampaikan sabda nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalama, yang maknanya kurang lebih: barangsiapa yang mengerjakan shalat sunnah setelah shalat maghrib satu malam pada bulan rajab sebanyak 20 rakaat dengan 10 kali niat shalat sunnah rajab dan membaca salam 10 kali.

Artinya shalat sunnah yang 20 rakaat itu dikerjakan dengan 10 ushali dan setiap rakaatnya membaca surah fathihah dan surah ikhlas. Untuk niat shalat sunnah itu sendiri adalah sebagai berikut.

Artinya: Saya niat shalat dua rakaat sunnah karena Allah taala

maka pahalanya, Allah subhanahu wataala akan menjaga orang tersebut, menjaga keluarga orang tersebut, dan menjaga pula anak istri orang tersebut dari berbagai macam malapetaka atau musibah yang ada didunia dan siksa akhirat.

Demikanlah postingan artikel mengenai beberapa keutamaan bulan rajab dan amalannya. Semoga dapat bermanfaat

Sumber Artikel:

Di bawah ini beberapa kitab yang menjadi sumber referensi dari artikel postingan tentang keutamaan bulan rajab dan amalan-amalan didalamnya, jika anda ingin membaca langsung pada salah satu kitab dari keempat referensi di bawah.

  1. Kitab al ghunyah jilid 1 halaman 319
  2. Kitab manahijul imdad jilid 1 halaman 516
  3. Kitab ianatutholibin jilid 2 halaman 272
  4. Kitab nuzhatul majalis halaman 189

Berikut Penjelasan dari KH. Ahmad Banyusari Mengenai Keutamaan Bulan Rajab dan Amalan-amalannya

Nah, demikianlah postingan artikel mengenai keutamaan bulan rajab dan amalannya yang bisa anda amalkan, semoga dapat bermanfaat. Apabila terdapat kesalahan seperti video penjelasan tidak dapat diputar, maka silakan untuk hubungi kami melalui kontak yang sudah ada di blog ini.