Hukum Bacaan Ikhfa, Berikut dengan Contohnya

Ikhfa adalah hukum bacaan tajwid yang terhitung dalam bacaan tanwin atau nun mati (sukun). Ikhfa maknanya menyarukan atau membunyikan beberapa huruf tertentu ke huruf selanjutnya. Langkah membacanya dengan dengung atau ghunnah.

Berikut Hukum Bacaan Ikhfa, Berikut dengan Huruf dan Contohnya

15 huruf ikhfa dan contohnya

Huruf ikhfa semua ada 15, beberapa huruf ikhfa ini ialah ta' ( ت), tsa' ( ث), jim ( ج), dal ( د), dzal ( ذ), kaf ( ك), qaf ( ق), fa' ( ف), zha ( ظ), tha ( ط), dhad ( ض), shad ( ص), syin ( ش), sin ( س), dan za' ( ز ).

Bila nun sukun (نْ) atau tanwin (ـًـــٍـــٌ) sesudahnya berjumpa dengan salah satunya huruf ikhfa yang berada di atas, karena itu dibacanya dengan dengung atau gunnah.

Contoh hukum bacaan ikhfa

1. Nun sukun (نْ) bertemu dengan hruf dal ( د ).

Di gambar sudah jelas bahwa nun sukun bertemu dengan salah satu huruf ikhfa yaitu huruf dal. Sehingga dalam cara membacanya harus digunnahkan atau didengungkan, dibaca dengan bacaan Mingdu.

2. Nun sukun ( ـــٍ ) bertemu dengan huruf sin ( س)

Jika kita perhatikan gambar yang ada di atas, terlihat bahwa tanwin kasroh ( ـــٍ ) bertemu dengan salah satu huruf ikhfa, yaitu sin ( س). Cara membacanya mesti dengung atau digunnahkan dengan cara membacanya seperti Bingsa.

Demikianlah artikel mengenai hukum bacaan ikhfa berikut huruf dan contohnya yang bisa anda amalkan dalam membaca al-Qur'an.

Posting Komentar untuk "Hukum Bacaan Ikhfa, Berikut dengan Contohnya"