Hikmah Dibalik Ujian dan Cobaan dari Allah

Hikmah Dibalik Ujian dan Cobaan dari Allah - Setiap peristiwa yang dialami manusia baik pahit maupun manis, hakekatnya merupakan bagian daripada ujian dan cobaan dari Allah.

Terdapat hikmah dibalik ujian dan cobaan yang Allah turunkan kepada hamba-hambaNya adalah tidak lain hanyak ingin mengangkat derajat kedudukan seorang hamba supayah lebih soleh dan rajin dalam menunaikan amal ibadahnya.

Ketika kita bersabar saat menerima dan menghadapi sebuah berbagaimacam jenis ujian dan cobaan dari Allah, maka ia akan memperoleh kedudukan yang mulia disisi Allah.

Justru sebaliknya jika ia tidak mau bersabar ketika mendapat ujian dan cobaan dariNya, maka ia tidak akan memperoleh kedudukan yang mulia disisiNya.

Oleh karena itu, kita harus dapat menyadari atas semua ujian dan cobaan yang diberikan Allah kepada kita, dengan demikian tentu kita akan selalu menghadirkan keberadaanNya disetiap hembusan napas.

Baca juga: Empat ujian dan cobaan di dunia yang diberikan oleh Allah kepada setiap hambaNya.

Setelah anda membaca postingan terkait di atas, pasti akan segera menyadari dan mengenali beberapa jenis ujian dan cobaan yang ada di dunia, serta bagaimana cara mengatasinya.

Berikut Adalah Hikmah Dibalik Ujian dan Cobaan dari Allah yang dapat Kita Petik

Hikmah yang pertama saat seorang hamba mendapatkan ujian dan cobaan dari Allah, ia akan mengetahui kedudukannya apakah ia termasuk orang yang sabar atau sebaliknya.

Jika bersabar saat mendapat musibah dan bersyukur saat mendapat kenikmatan, maka ia termasuk kedalam golongan orang-orang yang dirahmati oleh Allah subhanahu wataala.

Dapat kita simpulkan bahwa hikmah yang kita peroleh saat diuji dan diberikan sebuah cobaan dari Allah adalah mengetahui kedudukan seorang hamba dihadapan Allah subhanahu wataala.

Dibalik hikmah yang kedua saat seorang hamba mendapatkan ujian dan cobaan dari Allah adalah naiknya derajat yang lebih tinggi jika dinyatakan lulus dalam menghadapinya.

Justru sebaliknya jika tidak lulus dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah, maka ia tidak akan naik derajatnya bahkan justru ia akan terpuruk.

Jika anda ingin berada di tempat terbaik diakhir kelak, maka mulailah untuk beribadah dengan khusu sehingga ada rasa kehadiran Allah saat beribadah, dan sudah pasti Allah akan menaikan derajat seorang hamba yang sabar dalam menghadapi ujianNya.

Hikmah dibalik ujian dan cobaan dari Allah yang ketiga adalah seorang hamba akan menyadari dan selalu mampu untuk menghadirkan Allah didalam hatinya, ia tidak akan pernah kesepian walaupun hanya hidup menyendiri.

Sekalipun ia dijauhi dan tidak banyak dikenal oleh kalangan masyarakat, dan mendapat caci makian dari banyak orang, maka jenderung ia tidak begitu menghiraukan dan justru ia menganggap bahwa kejadian tersebut adalah sebuah ujian dan cobaan dari Allah.

Hikmah inilah yang jarang diterima oleh kebanyakan semua manusia saat ditimpakan sebuah ujian dan cobaan di muka bumi, seharusnya seorang hamba harus dapat menyadari bahwa semua kejadian yang dialami semasa hidupnya baik itu senang maupun duka, hakekatnya adalah ujian dan cobaan dari Allah subhanahu wataala.

Demikianlah artikel mengenai beberapa hikmah dibalik ujian dan cobaan dari Allah subhanahu wataala, Semoga kita semua semakin dapat mendekatkan diri kepada Allah dengan selalu istiqomah dalam mengerjakan perintah-perintahNya.

Posting Komentar untuk "Hikmah Dibalik Ujian dan Cobaan dari Allah"