Hukum Bacaan Izhar, Berikut dengan Contohnya

Hukum Bacaan Izhar - Didalam hukum bacaan nun sukun ( نْ ) dan tanwin ( ــًــ ، ــٍــ ، ــٌــ ), izhar adalah salah salah satu hukum bacaan yang harus dibaca jelas. Jadi, apabila nun sukun dan tanwin bertemu dengan salah satu keenam huruf izhar, maka dibacanya harus jelas dan tidak dengung.

Dikutip dari buku dasar Ilmu Tajwid karya sayid 'Ali al-Idrus, halaman dua disebutkan bahwa hukum bacaan nun sukun dan tanwin itu terbagi menjadi empat hukum, yaitu idzhar, idgham, iqlab, dan ikhfa. Perlu diketahui nun sukun merupakan huruf nun yang tidak berharakat dan memiliki harokat mati atau sukun sedangkan tanwin adalah huruf hijaiyah yang memiliki dua harokat.

Baik, pada postingan kali ini saya akan fokus membahas mengenai hukum bacaan izhar dan sekaligus menjadi materi artikel bahasan ilmu tajwid lanjutan. Dimana nun sukun atau tanwin ketika bertemu dengan salah satu huruf izhar, dibacanya harus jelas dan ini sudah saya sampaikan pada artikel sebelumnya.

Hukum Bacaan Izhar dan Berikut Contohnya

A. Huruf-huruf Izhar

Huruf izhar semuanya ada enam, yaitu: hamzah (ء); ha' (هـ); 'ain (ع); ha (ح); kho (خ); ghin (غ). Dari keenam huruf izhar ini merupakan huruf halqi, yang artinya kedudukan huruf terletak didalam tenggorokan.

Apabila nun sukun atau tanwin setelahnya bertemu dengan salah satu dari keenam huruf izhar, maka cara membacanya harus jelas. Tidak boleh disamarkan/ dengung (ikhfa) apalagi dimasukkan (idgham), sudah jelas ini tidak boleh.

B. Contoh Bacaan Izhar

Nun sukun tetap dibaca jelas ketika bertemu dengan salah satu huruf izhar, terjadi pada dua kalimah, ini contohnya:

Gambar diatas terlihat jelas menunjukkan bahwa nun sukun (نْ) yang bertemu dengan salah satu huruf izhar, yaitu ha (ح) dan nun sukun ini dibaca jelas dengan cara dibaca min hasanatin.

Nun sukun tetap dibaca jelas ketika bertemu dengan salah satu huruf izhar pada satu kalimah, ini contohnya:

Dari gambar di atas, ditunjukkan bahwa nun sukun (نْ) bertemu dengan huruf izhar, yaitu ha' (هـ). Nun sukun tersebut dibacanya harus jelas, yaitu dengan dibaca Yan Hauna.

Tanwin tetap dibaca jelas ketika bertemu dengan salah satu huruf izhar pada dua kalimah, ini contohnya:

Setelah kita perhatikan dua kalima bacaan di atas, tanwin domah (ــٌــ) pada huruf mim setelahnya adalah huruf ha (ح) yang mana kita tahu bahwa huruf ini merupakan salah satu bagian dari keenam huruf izhar. Cara membacanya tanwin harus dibaca jelas, yaitu dengan dibaca 'aliimun hakiim.

Demikian artikel mengenai hukum bacaan izhar, berikut dengan contohnya. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat, terima kasih telah berkunjung di blog kami jika serasa bermanfaat silakan bokmarks postingan ini.

Posting Komentar untuk "Hukum Bacaan Izhar, Berikut dengan Contohnya"