Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

22 Buah Bermanfaat yang Bagus untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Ada banyak manfaat buah untuk ibu hamil, selain memiliki kandungan vitamin buah juga memiliki serat yang cukup baik sehingga jika dikonsumsi setiap hari bisa mencegah terjadinya sembelit yang sering dialami oleh Bumil. Ada banyak pula aneka macam Buah yang bagus untuk ibu hamil, Moms bisa memilihnya sesuai dengan selera yang dimiliki.

Selain itu buah-buahan juga dapat membantu perkembangan si janin saat masih dalam kandungan. Moms perlu tahu bahwa selama masa kehamilan, janin yang ada dalam kandungan bergantung pada makanan yang dimakan oleh ibunya.

Oleh sebab itu, Bumil harus dapat memastikan makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang terbaik seperti aneka jenis buah (mangga, alpukat, buah naga) atau buah buahan yang bagus untuk ibu hamil lainnya.

Namun tidak semua buah dapat dimakan oleh Bumil ya Moms, sebab ada juga jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Maka untuk menghindari kekhawatiran Moms terhadap jenis buah yang dilarang tersebut, maka Berikut ini adalah beberapa buah buahan yang bagus untuk ibu hamil, tentunya menjadi rekomendasi buat Bumil.

22 Buah yang Bagus untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Tidak heran belakangan ini banyak dokter spesialis kandungan yang menyarankan semua ibu hamil sesering mungkin untuk mengonsumsi aneka jenis buah. Mereka (dokter) menganggap bahwa buah buahan sebagai camilan yang baik dibandingkan dengan camilan kemasan instan.

Nah, berikut ini adalah daftar List Buah yang bagus untuk ibu hamil,

1. Mangga

Buah yang bagus untuk ibu hamil yang pertama adalah Buah mangga, buah ini memiliki kandungan Vit. C dan vitamin A. Selain itu, buah yang satu ini mengandung tinggi kalium. Perlu diketahui bahwa kandungan kalium yang ada pada buah mangga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah dalam tubuh.

Kandungan Vitamin A juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh, sistem saraf, dan penglihatan. Disisi lain Vit. A ini berfungsi sebagai antioksidan. Ibu hamil yang kekurangan vitamin ini akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh seperti memiliki antibody yang rendah, risiko komplikasi (infeksi saluran pernapasan dan diare).

Vitamin C pada buah mangga juga tidak kalah penting dengan kandungan lainnya. Karena semua orang tahu hanwa vit. C ini dapat meningkatkan stamina tubuh dan menangkal radikal bebas. Selain itu, mangga juga memiliki serat yang cukup tinggi. Serat yang tinggi ini tentu dapat membantu mencegah terjadinya sembelit pada saat hamil.

2. Alpukat

Siapa tidak kenal dengan buah yang satu ini, yah salah satu buah yang memiliki banyak folat jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Kalau bicara soal kandungan folat yang dimiliki jenis buah-buahan lainnya, jelas buah alpukatlah juaranya.

Selain kandungan folat, alpukat juga kaya akan vitamin B, magnesium, vitamin K, kolin, kalium, vitamin C, dan juga serat. Dengan memiliki kandungan tersebut, tentu tidak aneh bahwa buah ini masuk kedalam daftar list buah yang bagus untuk ibu hamil.

Kandungan gizi yang dimiliki buah alpulat ini tentu dapat membantu perkembangan otak dan saraf bayi, mengurangi morning sickness (mual saat hamil), dapat membantu meredakan kram kaki yang sering dialami oleh Bumil pada umumnya.

3. Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu jenis buah buahan yang bagus untuk ibu hamil. Faktanya buah yang satu ini kaya akan vitamin dan mineral, salah satunya memiliki kandungan vitamin C dan zat besi.

Dalam 100gr buah naga mengandung 0,8 gr protein, 11 gram karbohidrat, 1 gram lemak, dan 56 kal energi. Ini merupakan salah satu kabar baik mengenai nilai gizi yang dimiliki buah naga dari data Kemenkes RI. Tidak heran jika buah naga ini masuk ke dalam list buah yang bagus untuk ibu hamil karena data nilai gizinya telah diketahui oleh Kemenkes.

Kabar baiknya lagi bahwa buah naga ini bisa menambang kadar hemoglobin (sel darah merah) dan eritrosit (sel darah putih). Selain itu, buah ini juga dapat menjadi pengobatan sekaligus pencegah terjadinya anemia pada saat hamil.

4. Jeruk

Jeruk juga merupakan salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil, karena buah yang satu ini memiliki kandungan air dan vitamin C yang cukup banyak.

Vitamin C sangat diperlukan bagi ibu hamil, setidaknya Bumil membutuhkan 70 mg vitamin ini setiap harinya yang dapat ditemukan pada jenis buah-buahan seperti jeruk. Selain itu, kandungan air yang ada dalam jeruk juga dapat menghindari terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan) selama masa kehamilan Moms.

Selain itu, jeruk juga mengandung folat yang bagus. Folat (vit.B) berperan dalam mencegah terjadinya kerusakan pada sumsum tulang belakang dan kerusakan otak.

Jadi, manfaat yang paling utama dari buah jeruk ini adalah selain dapat meningkatkan stamina tubuh, juga dapat membantu proses penyerapan zat besi, mencegah cacat tabung saraf, dan kerusakan sel.

5. Lemon

Bukan hanya jeruk, Lemon juga termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil. Kedua buah ini selain memiliki ciri khas rasa yang sama, juga dapat membantu meredakan rasa mual saat hamil. Jika Moms sedang hamil kemudian merasa mual, maka cocok sekali untuk mencoba buah yang satu ini.

Seperti halnya jeruk, Lemon juga memiliki kandungan magnesium, kalium, vitamin C, dan kalsium. Inilah sebabnya jika Bumil merasa mual berkurang saat mengonsumsi buah ini dikarenakan magnesium dan kandungan kalium yang dimiliki buah lemon.

Kandungan kalsium juga tidak kalah penting dengan yang kandungan nutrisi lainnya, sebab kalsium ini bagus untuk pertumbuhan tulang janin selama masa dalam kandungan. Jadi, sangat disarankan buat ibu hamil untuk rutin meminum atau mengonsumsi buah yang satu ini.

6. Pisang

Buah pisang juga merupakan buah yang baik untuk ibu hamil, karena kandungan vitamin B6, vitamin C, kalium, zat besi, dan serat yang ada dalam pisang dapat membantu mengatasi sembelit atau konstipasi yang sering dialami oleh Bumil pada umumnya.

Pisang adalah buah yang bagus untuk ibu hamil, sebab buah ini mengandung jumlah kalori dan serat yang cukup sehingga Moms yang sedang hail tidak mudah kelelahan dalam melakukan aktivitas harian seperti berjalan, berdiri, dan aktivitas ringan lainnya.

Kandungan zat besi dalam pisang dapat mencegah anemia saat hamil. Dimana anemia ini salah satu kondisi ketika tubuh mengalami kekurangan hemoglobin (sel darah merah). Dengan sering mengonsumsi pisang, tekanan darah Bumil juga akan tetap normal hal ini dikarenakan kandungan kalium yang ada pada pisang.

7. Beri

Selain mengandung vitamin C, folat, karbohidrat, dan serat. Buah beri juga mengandung fitonutrien seperti antosianin dan flavonoid. Karbohidrat dan serat dalam buah beri ini dapat membantu ibu hamil memperlancar sistem pencernaan dan terhindar dari sembelit.

Fitonutrien juga berperan penting dalam kesehatan terutama untuk ibu hamil, karena fitonutrien ini adlah antioksidan. Dimana dapat mendorong pertumbuhan sel dan menciptakan respon imun yang baik untuk janin yang masih dalam usia kandungan.

Tidak heran jika buah yang satu ini masuk kedalam list daftar buah yang bagus untuk ibu hamil. Nah, sekarang Moms jangan ragu untuk coba mengonsumsi buah yang satu ini. Macam dari buah beri ini juga cukup banyak silakan Moms bisa cari informasi lebih lanjut melalui media yang ada.

8. Apel

Buah yang bagus untuk ibu hamil lainnya adalah apel. Nyatanya buah apel ini memiliki banyak mengandungan vitamin C, kalium, vitamin A, Pektin, dan kaya akan serat.

Perlu diketahui bahwa Mengonsumsi buah apel selama kehamilan secara rutin bisa membuat Moms dan Baby tetap sehat dan siap saat menghadapi persalinan.

Di sebuah jurnal ditemukan bahwa makan apel pada saat hamil itu bisa mengurangi risiko terjadinya alergi dan asma pada anak setelah dilahirkan. Makan apel selama kehamilan juga bisa membuat baby tetap dalam kondisi sehat.

9. Jambu Biji

Buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah Jambu biji. Perlu diketahui bahwa buah yang satu ini juga termasuk jenis buah buahan untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi secara rutin. Namun buah ini menjadi pilihan alternatif jika tidak ada lagi buah yang didapat di daerah tempat tinggal Moms. Walaupun buah yang satu ini menjadi pilihan alternatif kandungan nutrisi didalamnya juga tidak kalah penting dengan jenis buah lainnya.

Salah satu kandungan yang dimiliki buah ini diantaranya adalah vitamin A, posfor, serat, kalium, dan vitamin C. Perkembangan janin bisa saja terhambat dikarenakan kekurangan vitamin C dan vitamin A, sebab kedua vitamin ini manfaatnya untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, ibu hamil yang rutin memakan jambu biji itu dapat dipatikan bahwa kadar gula darahnya bisa terkontrol dengan baik.

Dalam cara penyajiannya Jambu biji ini Moms bisa menikmatinya dengan cara mengolahnya menjadi juice maupun dimakan langsung tanpa harus dikupas terlebih dahulu, tapi yang jelas mesti dicuci dengan air bersih yang mengalir ya Mom.

10. pir

Selanjutnya buah yang bagus untuk ibu hamil adalah pir, buah yang satu ini diketahui dapat merangsang pembentukan sel dalam tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan jantung anak dan ibu. Buah pir juga bagus untuk dikonsumsi bagi kalangan Bumil karena mengandung asam folat yang cukup baik.

Dibalik manfaat yang dimiliki buah pir ini adalah mengandung folat, kalium, serat, dan vitamin C. Jelas, buah yang satu ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya.

11. Semangka

Buah yang dikenal dengan kaya akan air ini memiliki manfaat bagus buat Bumil, nah manfaat buah untuk ibu hamil ini adalah bisa membantu meredakan mual di pagi hari, mencegah terjadinya dehidrasi atau dikenal dengan kekurangan cairan, mencegah terjadinya kontraksi dini, dan membantu merilekskan otot.

Terlebih lagi jika Moms memasuki masa kehamilan trimester 3, sangat disarankan untuk sering mengonsumsi semangka karena dengan mengonsumsi buah ini dapat mengurangi terjadinya pembengkakan pada kaki dan tangan.

Maka dari itu, semangka juga termasuk salah satu buah yang baik untuk ibu hamil karena selain kaya akan air juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin A, B6, C, magnesium, dan kalium.

12. Melon Jingga

Melon merupakan salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil, karena buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat buat kesehatan Bumil. Diantara kandungan nutrisi yang terdapat dalam melon adalah vitamin A, C, D, dan serat serta cukup air.

Manfaat buah melon untuk ibu hamil adalah dapat mengurangi morning sickness atau kondisi dimana Bumil mengalami mual di pagi hari, untuk penglihatan dan rambut janin. Selain itu, melon juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh janin yang masih ada dalam masa kehamilan.

Dengan adanya serat dan air yang cukup, jenis buah yang satu ini selain meningkatkan sistem imun juga dapat mencegah terjadinya sembelit pada setiap Bumil yang sedang hamil muda. Jadi, sangat disarankan sekali buat anda yang sedang hamil muda untuk memakan buah yang satu ini.

13. Aprikot

Aprikot juga merupakan salah satu jenis buah buahan untuk ibu hamil yang sepertinya masih asing atau jarang dikenal banyak orang. Ternyata Moms aprikot ini termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil.

Semua nutrisi yang terkandung dalam buah satu ini dapat berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil seperti dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin yang masih ada dalam kandungan.

Selain itu, dapat membantu pertumbuhan tulang, pertumbuhan gigi yang kuat, dan mencegah anemia. Nah, kandungan nurtisi yang ada dalam buah ini adalah zat besi, kalsium, posfor, beta-karoten, kalium, dan mengandung vitamin E, A, C.

14. Delima

Moms perlu diketahui bahwa nutrisi yang dimiliki buah delima ini dapat memenuhi kebutuhan ibu hamil loh. Karena buah delima ini mengandung vitamin K, zat besi, serat, kalsium, protein, dan folat sehingga memiliki banyak manfaat buat ibu hamil.

Manfaat itu diantaranya untuk kesehatan tulang, mengurangi risiko terjadinya cedera pada plasenta Bumil, mencegah terjadinya kekurangan zat besi. Tidak heran bahwa buah delima ini menjadi buah yang bagus untuk ibu hamil.

15. Kiwi

Buah kiwi juga tergolong kedalam buah buahan yang bagus untuk ibu hamil buat dikonsumsi secara rutin. Buah ini mengandung folat yang tinggi, hal ini tentu dapat mencegah terjadinya cacat pada bayi saat dilahirkan.

16. Srikaya

Buah yang bagus untuk ibu hamil adalah Srikaya, buah ini merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan A. Bumil yang sedang mengandung, sangat disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan yang satu ini, sebab buah ini diketahui dapat meningkatkan perkembangan bayi.

Selain itu, vitamin A dan C yang ada didalam buah srikaya ini juga diperlukan oleh jaringan tubuh, rambut, mata, dan kulit pada baby. Maka direkomendasikan sekali bagi Bumil untuk memakan buah ini jika menginginkan anaknya dapat berkambang secara optimal.

17. Buah Ceri

Buah yang baik untuk ibu hamil selanjutnya, yaitu Ceri. Buah ini memiliki kandungan vitamin C dan serat yang cukup serta memiliki manfaat yang bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Diantaranya adalah dapat terhindarnya flu biasa yang dialai Bumil, paling menarik dapat memperlancar sirkulasi darah yang menuju ke plasenta janin.

18. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu buah favorit semua orang, buah yang memiliki banyak vitamin, serat, dan folat ini tentu sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi seorang ibu hamil.

Tidak heran jika buah yang satu ini tergolong kedalam list daftar buah yang bagus untuk ibu hamil, oleh karena itu Moms hasur dapat rutin mengonsumsi buah ini.

Manfaat buah stroberi itu sendiri, yaitu dapat membantu pertumbuhan tulang bayi selama masih dalam kandungan seorang ibu karena buah stroberi ini juga mengandung kalium dan mangan. Jadi, jangan ragu lagi Moms untuk makan buah ini.

19. Blueberry

Blueberry merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil, umumnya buah ini banyak mengandung vitamin C, folat, dan kalium serta mempunyai kandungan serat yang cukup.

Manfaat buah blueberry untuk ibu hamil ini adalah untuk mencegah anemia, menghindari terhindari, menjaga kontraksi otot, transmisi saraf, dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

20. Sawo

Selama masa kehamilan biasanya seorang ibu mengalami rasa mual dan pusing, untuk mengontrol rasa tersebut tentu dapat diatasi dengan memakan buah sawo yang cukup. Hal ini dikarenakan pada sawo memiliki kandungan elektrolit, energy, karbohidrat, dan vitamin A.

Selain itu buah sawo ini juga dapat menjaga usus besar dari iritasi sindrom, nah maka tidak heran jika buah ini termasuk buah yang baik untuk ibu hamil.

21. Buah Plum

Jenis buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah Buah Plum, buah ini mungkin saja sudah banyak dikenal atau sebaliknya Moms baru mendengarnya.

Perlu diketahui Mom bahwa buah yang satu ini ternyata mengandung serat yang cukup baik, jadi sangat direkomendasikan sekali bagi Bumil untuk mengonsumsinya secara rutin. Melihat manfaat buah untuk ibu hamil ini tentu dapat mengurangi terjadinya sembelit yang biasa dialami Bumil pada umumnya.

22. Buah Anggur

Buah anggur adalah buah yang bagus untuk ibu hamil bahkan buah yang satu ini menjadi rekomendasi utama dari dokter untuk bisa dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Faktanya buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi, diantaranya adalah antioksidan, asam organik, vitamin C, folat, serat, pektin, dan vitamin K.

Dapat meningkatkan imun tubuh, membantu mencegah infeksi, dan membantu perkembangan otak anak selama dalam masa kandungan merupakan bagian dari Manfaat buah anggur buat ibu hamil. Namun demikian, perlu dihindari memakan buah ini pada trimester pertama tidak disarankan karena sering terjadi panas pada perut sehingga dapat memicu terjadinya kontraksi pada kandungan.

Sudah Tau Buah Apa Saja yang Bagus untuk Dikonsumsi Ibu Hamil?

Perlu diingat bahwa Makan buah juga tidak boleh terus menerus ya Moms, sebenarnya dengan mengonsumsi secara sering saja sudah lebih dari cukup dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Bumil sehari-hari. Ada banyak manfaat buah untuk ibu hamil, jadi tidak heran jika dokter Anda menyarankan untuk mencari jenis buah buahan yang bagus untuk ibu hamil dan tetap konsisten dalam mengonsumsinya selama masa kehamilan.

Demikianlah postingan tentang 22 Buah Bermanfaat yang Bagus untuk Dikonsumsi Ibu Hamil, semoga artikel ini dapat memberikan kabar penting buat Anda yang sedang mencari informasi tentang jenis buah yang bagus untuk ibu hamil. Terima kasih dan baca juga artikel penting lainnya hanya di blog MOM AND BABY.

You Might Also Like:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar