Apa itu Artikel Pilar? Berikut Cara Membuat Artikel Pilar

Cara Membuat Artikel Pilar

Berikut Cara Membuat Artikel Pilar - Untuk membuat sebuah artikel pilar, pertama-tama Anda harus menentukan topik atau judul yang akan dibahas dalam artikel tersebut. Setelah itu, buatlah outline atau kerangka artikel yang mencakup poin-poin utama yang akan Anda bahas. Selanjutnya, tulislah konten artikel dengan menyusun poin-poin tersebut menjadi paragraf-paragraf yang terorganisir dengan baik. Pastikan untuk menyertakan sumber-sumber yang terpercaya untuk mendukung pendapat Anda.

Kelebihan dari artikel pilar adalah dapat menyajikan informasi yang terperinci dan dapat dipercaya kepada pembaca. Artikel ini juga dapat memberikan wawasan dan pandangan yang unik dari penulisnya. Selain itu, artikel pilar dapat membantu memperluas pengetahuan pembaca tentang topik yang dibahas.

Sedangkan kekurangan dari artikel pilat itu sendiri adalah isi artikel terlalu panjang dan tentu sangat membosankan untuk dibaca. Selain itu, artikel dapat mengandung informasi yang tidak akurat atau tidak dapat dipercaya, terutama jika penulisnya tidak memiliki latar belakang yang sesuai dalam bidang yang dibahas. Artikel ini juga dapat terlalu subjektif dan tidak obyektif, sehingga mempengaruhi pandangan pembaca tentang topik yang dibahas.

Berikut ini, anda akan diberikan pengalaman baru mengenai bagaimana cara membuat artikel pilar yang belum banyak orang tahu. Silakan simak baik-baik.

Berikut Cara Membuat Artikel Pilar

Menentukan Topik Artikel Pilar

Untuk menentukan topik artikel pilar, Anda bisa memulainya dengan memikirkan hal-hal yang sedang menjadi perhatian atau minat Anda saat ini. Anda juga bisa mencari ide melalui berbagai sumber seperti berita terkini, buku, atau artikel lain yang berkaitan dengan topik yang ingin Anda bahas. Jika Anda masih kesulitan menentukan topik, Anda bisa melakukan brainstorming dengan menuliskan beberapa ide yang terpikirkan dan kemudian memilih ide yang paling menarik atau relevan untuk dikembangkan menjadi sebuah artikel pilar.

Membuat Kerangka Artikel Pilar

Untuk membuat kerangka artikel pilar, pertama-tama Anda perlu menentukan tujuan dari artikel tersebut dan mengidentifikasi apa yang akan menjadi fokus utama dari artikel. Selanjutnya, Anda dapat membuat beberapa sub-judul atau pilar yang akan menjadi bagian dari artikel tersebut, dan menentukan apa yang akan dibahas dalam setiap pilar tersebut. Setelah itu, Anda dapat menuliskan beberapa poin utama yang ingin Anda sampaikan dalam setiap pilar, dan mengembangkannya menjadi paragraf-paragraf yang lebih terperinci.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat artikel tentang pentingnya kebugaran fisik, maka Anda dapat membuat beberapa pilar seperti manfaat kebugaran fisik, cara menjaga kebugaran fisik, dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kebugaran fisik. Setelah itu, Anda dapat menuliskan beberapa poin utama dalam setiap pilar tersebut, seperti mengurangi risiko penyakit, meningkatkan kinerja otak, dan membantu menjaga berat badan ideal dalam pilar manfaat kebugaran fisik. Kemudian, Anda dapat mengembangkan poin-poin tersebut menjadi paragraf-paragraf yang lebih terperinci dalam artikel Anda.

Lakukan Riset Keyword

Riset keyword merupakan salah satu langkah penting dalam proses penulisan artikel. Ini bisa membantu Anda menentukan kata kunci yang tepat untuk menargetkan audiens yang ingin Anda sasar. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan riset keyword, di antaranya adalah:

  • Menggunakan tools riset keyword seperti Google Keyword Planner atau Ahrefs. Tools ini akan membantu Anda menemukan kata kunci yang populer dan memiliki tingkat kompetisi yang rendah, sehingga lebih mudah untuk dicapai.
  • Menggunakan fitur "autocomplete" di mesin pencari. Ketika Anda mulai mengetik sesuatu di kolom pencarian, mesin pencari akan menampilkan beberapa saran kata kunci yang mungkin sesuai dengan apa yang Anda cari. Ini dapat memberikan ide tentang kata kunci yang sedang populer di kalangan pengguna mesin pencari.
  • Mencari di forum atau grup diskusi online yang relevan dengan topik yang ingin Anda tulis. Orang-orang di forum atau grup tersebut biasanya akan menggunakan kata kunci tertentu dalam pertanyaan atau diskusi mereka, yang dapat memberikan Anda ide tentang kata kunci yang tepat untuk digunakan dalam artikel Anda.
  • Melakukan riset secara manual dengan menggunakan mesin pencari. Cobalah untuk mengetik beberapa kata kunci yang berhubungan dengan topik yang ingin Anda tulis, lalu perhatikan hasil pencarian yang muncul. Ini dapat memberikan ide tentang kata kunci yang populer dan banyak dicari orang.

Untuk lebih mendalami bagaimana melakukan riset keyword ini, silakan Anda kunjungi postingan artikel yang berjudul "Cara Riset Keyword untuk Artikel Pilar" disini.

Terakhir Promosikan Artikel Pilar yang Sudah Dibuat

Untuk mempromosikan artikel, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Bagikan artikel Anda di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn.
  • Pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan untuk membantu orang menemukan artikel Anda di jaringan sosial tersebut.
  • Buat judul yang menarik dan deskripsi singkat yang menggambarkan isi artikel dengan jelas. Ini akan membantu orang tertarik untuk membaca artikel Anda.
  • Hubungkan artikel Anda ke situs web lain yang relevan untuk memberikan lebih banyak informasi bagi pembaca Anda.
  • Cobalah untuk mengirimkan artikel Anda ke majalah online atau blog yang relevan untuk memperluas jangkauan Anda.
  • Bersikaplah aktif di komunitas online yang relevan dengan topik artikel Anda dan bagikan artikel Anda di sana.

Ingat bahwa promosi yang efektif tidak hanya tentang menjual artikel Anda, tetapi juga tentang membangun hubungan dan berbagi informasi bermanfaat dengan orang lain. Jadi, jadilah aktif di komunitas online dan cobalah untuk membantu orang lain dengan informasi yang Anda miliki.

Demikianlah artikel singkat mengenai bagaimana cara membuat artikel pilar, semoga postingan ini dapat memberikan informasi penting buat anda sekalian dan jangan lupa untuk memeriksa kesalahan ejaan dan tata bahasa sebelum menyimpannya atau mempublikasikannya. Selamat menulis!