Mengenal Apa Itu Kehamilan Kosong, Ciri, dan Penyebabnya

Mengenal Apa Itu Kehamilan Kosong, Ciri, dan Penyebabnya

Kehamilan merupakan kondisi yang banyak dinanti-nantikan oleh seorang pasangan. Bagaimana tidak, jika hidup tanpa anak bagaikan gelas tanpa isi air, artinya hampa dan tidak merasa senang dan bahagia.

Pada postingan kali ini, kami akan sedikit berbagi informasi seputar apa itu kehamilan kosong berikut dengan ciri-ciri dan penyebabnya. Nah, dengan adanya postingan yang satu ini diharapkan bisa membantu sahabat blog MOms and Baby yo.

Baik, kita mulai dari mengenal apa itu kehamilan kosong

Apa Itu Kehamilan Kosong?

Kehamilan kosong atau disebut juga Blighted Ovum merupakan kondisi dimana wanita mengalami hamil namun embrio tidak berkembang setelah proses pembuahan pada rahim.

Umumnya pada setelah proses pembuahan yaitu bertemunya sel kelamin jantan dan sel telur di saluran telur (Tuba fallopi), sel telur menempel di dinding rahim dan mengalami perkembangan beberapa minggu kedepan. Seperti pembelahaan sel embrio dan terbentuknya kantung cairan ketuban.

Namun, pada kehamilan kosong itu tidak terjadi. Bahkan seorang ibu yang mengalami kehamilan kosong ini biasanya berakhir dengan keguguran, nah mungkin kamu akan merasa sedih bukan mendengar kabar ini.

Baik, lantas apa saja sih ciri-ciri kehamilan kosong ini. Berikut ciri-cirinya yang bisa kamu kenali sejak sekarang sehingga nantinya kamu menjadi tahu dan bisa konsultasi bersama dokter.

Ciri Ciri Kehamilan Kosong

Pada dasarnya ciri ciri kehamilan kosong sama tidak jauh berbeda dengan tanda kehamilan normal, yaitu diantaranya seperti mual, muntah, telat datang bulang, dan terasa kencang pada payudara.

Dalam jangka waktu tertentu, biasanya bagi mereka yang mengalami kehamilan kosong akan merasakan tanda-tanda keguguran seperti mengalami pendarahan yang bisa ditandai dengan adanya flek.

Selain itu, kamu akan mengalami kram perut disertai dengan rasa nyeri dan yang paling mengkhawatirkan adalah keluarnya darah dari mulut vagina yang secara berlebihan (banyak). Pada kondisi seperti ini, kamu jangan panik. Silakan hubungi dokter spesialis terdekat atau bisa melalui bidan profesional sehingga masalah ini dapat teratasi dengan baik.

Nah, mungkin itu beberapa ciri kehamilan kosong yang dapat kamu perhatikan selama masa kehamilan.

Penyebab Kehamilan Kosong

Kondisi seperti ini terjadi karena ada kelainan pada kromosom sel telur sehingga proses pembuahan tidak sempurna dan pada akhirnya tidak bisa membentuk embrio pada sel telur.

Respon tubuh akan menghentikan semua proses kehamilan yang sedang dialami oleh seorang wanita.

Namun, itu semua belum menjadi faktor utama yang belum ada keterangan medis secara pasti bahwa penyebab kehamilan kosong dikarenakan kelainan kromosom.

Akan tetapi, ada beberapa faktor yang dapat kondisi kehamilan kosong ini bisa terjadi pada kamu, diantaranya adalah menurunnya kualitas sperma, kualitas sel telur (ovum), dan faktor genetik atau keturunan juga dapat menjadi faktor penyebabnya.

Pantau dan tanyakan tanda-tanda lainnya pada bidan atau dokter sehingga kamu mendapat informasi tambahan yang lebih akurat mengenai kehamilan kosong ini.

Berapa Lama Kehamilan Kosong akan Bertahan?

Biasanya kehamilan kosong akan bertahan selama satu hingga dua minggu. Terkadang terjadi pada masa kehamilan pertama, seperti diawal kehamilan yang sudah dicek dengan alat namun tidak akan lama bertahan dan terkadang ditandai dengan keluarnya darah yang berupa flek.

Pada kondisi kehamilan ini sama dengan yang terjadi pada kehamilan normal, yakni jika di cek dengan test pack akan menghasilkan positif. Akan tetapi tidak mampu bertahan lama seiring dengan berkurangnya hormon kehamilan (HCG)

Baca juga: Manfaat dan Cara Menghitung Usia Kehamilan Manual Mudah

Bahkah sampai ada yang tidak mengalami atau merasakan kesakitan sama sekali saat terjadinya pendarahan. Kamu akan merasa heran, jika tidak mengalami mual-mual kemudia keluar flek banyak.

Serta kamu akan menganggap bahwa itu adalah darah haid, ketika kamu belum pernah melakukan pengecekan kehamilan di dokter spesialis kandungan yang ada disekit daerh kamu.

Cara Mengatasi Kantung Kehamilan Kosong

Untuk mengatasi agar kehamilan kosong ini menjadi isi, mungkin tidak bisa ya Moms. Karena kita tahu bahwa kehamilan kosong ini dimana embrio tidak berkembang dan bagaimanapun juga pada akhirnya ia akan keluar sendirinya.

Pada bagian ini mungkin kamu akan lebih fokus pada stelah terjadinya keguguran atau keluarnya fleks yang terus menerus. Dengan demikian, kamu tidak akan mengalami hal yang sama untuk kehamilan berikutnya.

Baik, pertama yang perlu kamu lakukan adalah jangan panik dan hanya cukup menunggu saja. Jika kamu konsultasi bersama dokter, mungkin dokter kandungan kamu akan menyarankan hal sama, yaitu menunggu jaringan-jaringan yang masih dalam rahim untuk meluruh sendiri.

Memang menunggu jaringan meluruh sendirinya ini adalah sesuatu yang tidak banyak orang sukai. Yap, termasuk saya pribadi mungkin sahabat moms juga kali yah.

Selain menunggu meluruhnya jaringan dalam rahim, mungkin bisa menggunakan jenis obat-obatan yang memang dapat membantu mempercepat proses pembersihan jaringan dalam rahim.

Biasanya dokter akan memberikan sebuah resep obat untuk diminum oleh sahabat Mom and Baby. Nah, perlu diingat nih mom untuk mengikuti prosedur medis yang diberikan atau disarankan oleh dokter kandungan anda.

Pada bagian terakhir, yaitu pada saat Moms mengalami keguguran di masa kelamilan kosong mungkin masih ada jaringan-jaringan yang tersisa didalam rahim sehingga jika tidak segera dibersihkan khawatir dapat mempengaruhi kehamilan selanjutnya. Inilah pentingnya dalam menjalani prosedur dilatasi dan kuretasi untuk selanjutnya dalam mengatasi kantung kehamilan kosong.

Sudah Lebih Tau Tentang Kehamilan Kosong?

Bagaimana mom, sudah jelas bukan mengenai seputar kehamilan kosong ini.

Intinya kehamilan adalah sesuatu yang memang dinanti-nantikan oleh banyak pasangan. Namun, perlu ketahui juga bahwa pada kemahilan itu tidak selamanya normal melainkan disebut kehamilan kosong.

Mungkin bertanya-tanya, kenapa harus tau jenis kehamilan yang satu ini. Jawabannya adalah agar Moms dan pasangan tidak mengalami stres atau syok jika terjadi di kehamilan bunda.

Baik Moms, demikianlah artikel singkat berjudul Mengenal Apa Itu Kehamilan Kosong, Ciri, dan Penyebabnya yang bisa kami bagikan disini dan untuk informasi tentang kehamilan terbaru lainnya, kamu bisa mengunjungi halaman blogmomandbaby.com