Tabel Berat Badan Janin Sesuai Usia Kehamilan Perlu Diketahui

Tabel Berat Badan Janin Sesuai Usia Kehamilan Perlu Diketahui

Kehamilan normal pada umumnya janin yang ada didalam kandungan memiliki berat ideal dan biasanya seorang dokter saat memeriksa kanduangan bumil dapat memprediksi berat badan janin sesuai dengan masa kehamilan.

Pada postingan kali ini, kami akan membahas seputar berat janin normal sesuai usia kehamilan berikut dengan tabelnya sehingga dengan adanya tabel berat badan janin sesuai usia kehamilan ini, semua sahabat Moms and Baby dapat memprediksi kapan sudah bisa melahirkan de bayinya.

Untuk lebih jelasnya, yuk bersama-sama kita simak artikelnya. Jika serasa bermanfaat dan dapat memeberikan informasi, bagikan ke yang lainnya agar postingan ini tambah bermanfaat buat sahabat moms lain.

Tabel Berat Badan Janin Sesuai Usia Kehamilan

Dengan adanya tabel berat badan janin sesuai usia kehamilan ini, ibu hamil sangat terbantu. Ia akan mengetahui, kapan saatnya janin atau bayi mulai siap untuk dilakhirkan.

Selain itu, dia juga akan mengetahui terkait apakah bayi yang dilahirkannya itu prematur atau tidak. Nah, berikut ini adalah tabel berat badan janin yang bisa moms jadiin acuan atau patokan untuk mengetahui berat badan janin sesuai dengan usia kehamilan bunda.

TABEL BERAT BADAN JANIN
Usia kehamilan (minggu) Berat badan janin (gram) Usia kehamilan (minggu) Berat badan janin (gram)
8 1 26 760
9 2 27 875
10 4 28 1,005
11 7 29 1,153
12 14 30 1,319
13 23 31 1,502
14 43 32 1,702
15 70 33 1,918
16 100 34 2,146
17 140 35 2,383
18 190 36 2,622
19 240 37 2,859
20 300 38 3,083
21 360 39 3,288
22 430 40 3,462
23 501 41 3,597
24 600 42 3,685
25 660

Apahak kita harus cek lab atau priksa kehamilan setiap bulan sekali untuk mengetahui berat badan janin yang ada didalam kandungan? Jelas tidak ya Moms, kamu cukup periksa di awal kehamilan pada masa trimester pertama.

Kira-kira pada saat usia kehamilan 8 minggu. Nah, biasanya saat di periksa dengan USG dokter akan memberikan informasi bahwa berat janin saat itu adalah berapa gtu.

Setelah mengetahuinya, Moms tinggal melakukan penimbangan berat badan sendiri dan dikurangi dengan berat janin yang sudah diketahui. Setiap beberapa minggu kedepan timbang dan sesuaikan dengan tabel yang ada di atas, maka disini kamu akan mengetahui berat badan janin sesuai usia kehamilan.

Mungkin kamu suka: Tabel Tinggi Fundus Normal Sesuai Usia Kehamilan Perlu Diketahui

Bagaimana Jika Berat Janin Lebih Besar dari Usia Kehamilan

Dengan mengetahui berat janin normal sesuai usia kehamilan sesuai dengan tabel di atas, seorang ibu hamil akan merasa tenang dan bahagia. Karena kemungkinan besar dapat melahirkan normal dan sehat.

Lalu bagaimana jika berat janin lebih besar dari usia kehamilan. Ada beberapa cara untuk mengatasi semua itu, salah satunya bumil harus menjalani gaya hidup sehat sebelum dan selama proses kehamilan berlangsung.

Cara lainnya adalah:

  • Tidak tidur setelah makan banyak
  • Mengemil pada malam hari
  • Mengurangi makanan banyak gula
  • Membiasakan untuk rutin berolahraga
  • Lebih disarankan untuk sering berjalan kaki di pagi hari
  • Mengurangi makanan-makanan yang mengandung banyak karbohidrat
  • Perbanyak makan buah yang mengandung banyak serat

Nah, itulah cara lain yang bisa dilakukan Bunda untuk mengatasi bagaimana jika berat janin lebih besar dari usia kehamilan.

Penyebab Berat Badan Janin Tidak Sesuai dengan Usia Kehamilan

Seiring perkembangan kehamilan, pertumbuhan janin sangat penting untuk memastikan kesehatan dan kelayakan janin saat dilahirkan. Idealnya, berat badan janin akan meningkat sejalan dengan usia kehamilan, tetapi terkadang ada kasus di mana berat badan janin tidak sesuai dengan usia kehamilan.

Ada beberapa penyebab berat badan janin tidak sesuai dengan usia kehamilan, yaitu diantaranya gaya hidup ibu hamil yang tidak sehat atau paparan terhadap zat-zat berbahaya, dapat mempengaruhi pertumbuhan janin. Misalnya, merokok, mengonsumsi alkohol, atau menggunakan obat-obatan terlarang dapat menghambat pertumbuhan janin dan menyebabkan berat badan janin tidak sesuai dengan usia kehamilan.

Selain itu, adanya kelainan genetik atau kromosom, seperti sindrom Down atau kelainan pertumbuhan janin intrauterin. KOndisi medis bumil itu sendiri, misalkan memiliki riwayat penyakit diabetes gestasional, hipertensi, atau masalah tiroid, nah dengan kondisi ini kemungkinan dapat memengaruhi pertumbuhan janin.

Baca juga: Manfaat dan Cara Menghitung Usia Kehamilan Manual Mudah

Sudah Lebih Tau Tentang Berat Badan Janin?

Penting untuk dicatat bahwa setiap kehamilan dan janin memiliki karakteristik yang unik, dan tidak selalu ada penyebab yang jelas mengapa berat badan janin tidak sesuai dengan usia kehamilan. Jika dokter atau bidan merasa perlu, mereka akan melakukan penilaian yang lebih mendalam dan pemeriksaan medis untuk mengidentifikasi penyebabnya dan memberikan perawatan yang sesuai.

Idealnya, berat badan janin akan meningkat sesuai dengan usia kehamilan. Namun, ada beberapa faktor dapat menyebabkan berat badan janin tidak sesuai dengan harapan. Bisa saja faktor-faktor tersebut meliputi faktor genetik, masalah plasenta, faktor lingkungan, kondisi medis ibu, dan kelainan genetik atau kromosom.

Jika memungkinkan, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan jika diketahui berat badan janin tidak sesuai dengan usia kehamilan. Dengan demikian moms mungkin saja diberikan suplemen berupa vitamin yang bisa membantu masalah yang dihadapi.

Demikianlah artikel singkat mengenai tabel berat badan janin sesuai usia kehamilan yang perlu diketahui dan bisa kami bagikan. Untuk informasi tentang kehamilan terbaru lainnya, kamu bisa mengunjungi halaman blogmomandbaby.com