Skip to main content
Mom Baby

follow us

Kebutuhan Gizi Seimbang Untuk Ibu Yang Sedang Menyusui

Ibu Menyusui

Ibu yang sedang menyusui harus mengkonsumsi makanan dengan prinsip gizi seimbang agar siap memproduksi ASI dan juga siap untuk menyusui.

Ibu menyusui biasanya cepat merasakan lapar dan haus. Maka dari itu harus diimbangi dengan makanan yang bergizi dan termasuk mengkonsumsi air minum.

Kebutuhan Gizi Seimbang Untuk Ibu Menyusui

Kebutuhan makanan gizi seimbang ibu menyusui lebih banyak dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui. Pada umumnya makanan yang harus banyak dikonsumsi adalah makanan yang mengandung banyak karbohidrat tujuannya agar ibu yang sedang menyusui tidak cepat kekurangan energi.

Prinsip Gizi Seimbang Untuk Ibu Menyusui

Variasi Makanan

Makanan yang mengandung zat gizi sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui terutama makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, dan air.

Makanan yang lebih dianjurkan untuk ibu yang sedang menyusui adalah makanan yang mengandung karbohidrat, sumber karbohidrat dapat diambil dari berbagai macam makanan pokok, seperti nasi, roti, mie, bihun, jagung, sagu, sukun, pisang, singkong, ubi jalar, talas, dan ubi-ubi lainnya.

Pola Hidup Bersih

Ibu yang sedang menyusui harus dapat menjaga kebersihan dimulai dengan cara selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan baik pada saat memberikan ASI pada bayi maupun pada saat mengolah makanan untuk sendiri.

Secara khusus ibu yang sedang menyusui agar tetap memperhatikan kebersihan payudaranya supaya mengurangi keterpaparan bayi terhadap kuman infeksi.

Aktivitas Fisik

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat gizi yaitu untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang disisi lain ibu yang sedang menyusui harus memperhatikan kesehatan badan dengan selalu memperhatikan berat badan ideal (BB ideal) hal ini tujuannya agar tetap fit dalam menjalankan semua aktivitas harian.

Salah satu aktivitas fisik yang dianjurkan adalah jalan-jalan santai di pagi hari atau bisa dilakukan didalam rumah sambil menggendong bayinya.

Aktivitas fisik lainnya adalah senam atau latihan pernapasan. Senam dan latihan pernapasan dapat dilakukan didalam rumah dan sangat banyak macam-macam senam baik untuk ibu yang sdang menyusui maupun ibu yang setelah pasca-melahirkan.

4. Pemantauan Berat Badan Ideal

Pada dasarnya ibu yang sedang menyusui setiap harinya banyak energi yang dikeluarkan. Oleh karena itu ibu menyusui harus membutuhkan makanan tambahan yang bergizi pastinya mengacu pada kebutuhan gizi seimbang.

Disisi lain ibu menyusui juga harus selalu memperhatikan berat badan idealnya agar badannya tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk.

Tip Kebutuhan Gizi Seimbang Ibu Menyusui

Beberapa tip untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang ibu yang sedang menyusui adalah sebagai berikut,

  • Membiasakan diri untuk mengatur pola makan gizi seimbang
  • Membiasakan diri untuk memakan sayur dan buah-buahan setiap hari
  • Membiasakan diri untuk meminum air sebelum dan sesudah menyusui
  • Memperhatikan makanan yang kaya akan gizi seimbang
  • Membiasakan diri untuk tetap berolahraga atau beraktivitas lain
Baca Juga : Daun yang dapat meningkatkan produksi ASI

Semoga artikel ini memberikan manfaat yang besar. Terima kasih telah berkunjung ke blog mom and baby.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Blog Mom and Baby
Buka Komentar