Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mom and Baby | Daun Yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI

Mom and Baby | Bahan Makanan Yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI
  • Apakah bunda mengalami produksi ASI kurang? Atau bahkan produksi ASI hanya sedikit sehingga kebutuhan banyi kurang terpenuhi.
  • Haruskah kita memilih susu formula (non-ASI) pada saat produksi ASI berkurang?
  • Apakah ada solusi untuk mengatasinya? (produksi ASI)

Baiklah bunda, semua pertanyaan di atas akan terjawab pada artikel ini dan harap simak baik-baik.

ASI Gizi Terbaik Bayi (Usia 0 – 6 Bulan tanpa MP-ASI)

ASI disebut juga Air Susu Ibu merupakan sumber asupan gizi terbaik untuk banyi. Dapat disebutkan bahwa ASI mengandung zat-zat gizi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, vitamin dan mineral, zat besi, fluor dan vitamin D. Gimana bun, mau tetap pilih non-ASI? Pikirkan baik-baik ya bun.

Seorang ibu yang tahu akan ilmu pasti dia akan memilih ASI daripada non-ASI, walaupun kondisi bunda pada saat itu sedang bekerja atau sesibuk apapun kalau berurusan dengan gizi yang seimbang/ baik pasti memilih ASI.

Terdapat beberapa alasan, kenapa seorang ibu yang menyusui memberikan non-ASI pada anak? terjawab karena dalam kondisi sibuk pada suatu pekerjaan. padahal sesibuk apapun kita terhadap suatu pekerjaan, maka paling tidak kita untuk berusaha tetap memproduksi ASI biasa disebut ASI perah/ hasil pompa. Ketika kita berangkat ke suatu kantor dimana kita bekerja terutama bunda yang berkarir, maka paling tidak bunda harus berbekal perlengkapan alat pump untuk menghasilkan ASI.

Ketika kita sudah banyak mengumpulkan hasil produksi ASI, kita bisa menyimpannya pada lemari es/ freezer kemudian pada saat kita membutuhkannya kita hanya dapat mengeluarkan dan dihangatkan sehingga suhunya berubah sampai menjadi normal.

Pemberian ASI

Idealnya pemberian ASI pada banyi sebelum diberikan asupan makanan tambahan lain (MP-ASI) waktunya adalah dari 0 – 6 Bulan. Intinya pada waktu tersebut banyi diutamakan untuk diberikan ASI tanpa MP-ASI selama 6 Bulan. Apakah bunda sudah tahu?, pertama kali pemberian ASI pada bayi sangat dianjurkan, karena pada saat pertama kali mengandung zat anti bodi yang bermanfaat buat bayi.

Baca Juga : Kenali Makanan Anak Usia 6 Bulan – 2 Tahun

Pemberian ASI itu sendiri diberikan selama 2 Tahun, selanjutnya adalah disapih

Keluhan Bunda yang Menyusui

Ketika bunda merasa bahwa produksi ASI sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Jangan khawatir bunda, pada umumnya setiap ibu yang sudah melahirkan pasti produksi ASI untuk anaknya. Banyak atau sedikit masalahnya pada faktor makanan.

Ketika produksi ASI kurang, apakah kita harus pilih non-ASI/ susu formula? Bunda, mengenai hal tersebut utamakan ASI daripada non-ASI. Walaupun banyak di iklan-iklan menawarkan non-ASI dengan berbagai macam penawaran, dengan penjelasan bahwa non-ASI merupakan salah satu produk yang meningkatkan kinerja otak padahal ASI lebih dari itu.

Solusi Kurang Produksi ASI

Lalu apakah ada solusinya? Tentu ada bun dan seandinya bunda lebih awal membaca artikel ini sebelum waktu persalinan. Bisa dikatakan tidak akan kekurangan produksi ASI, kenapa bisa begitu? Karena sebelumnya ada persiapan. Jadi bun, saran dari saya sebelum bunda menginjak pada waktu persalinan pastikan bahwa kurang lebih satu bulan banyak mengkonsumsi bahan makanan yang dapat meningkatkan ASI. Sebagaimana yang akan dibahas di bawah ini.

Nah, sekarang kita sudah tahu ya bun bahwa salah satu masalah yang dihadapi ibu menyusui sekarang ini adalah kurangnya produksi ASI. Perlu kita ketahui bahwa berdasarkan dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bahan-bahan makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI, yaitu daun katuk dan daun torbangun.

Mom and Baby | Bahan Makanan Yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI

Mom and Baby | Bahan Makanan Yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI

Daun katuk dan daun trombolit banyak sekali ditemukan, baik pada dataran tinggi maupun dataran renda. Daun tersebut biasanya dijual murah dipasaran dan dengan harga murah tersebut sehingga kita dapat melihat bahwa manfaat yang menunjang pada produksi ASI untuk ibu yang sedang menyusui.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan bahwa dari kedua daun tersebut dapat kita masak, seperti dapat dijadikan sayur bening, dikukus, dijadikan lalab, atau bisa dijadikan campuran makanan-makanan lain. Jadi, kalau kita menganggap bahwa kita harus banyak minum susu murni dengan harapan supaya produksi ASI kita akan meningkat, saya kira itu tidak akan efektif. Maka dari itu, silakan bunda masak dari kedua macam daun tersebut dengan selera yang diinginkan oleh bunda.

Nah, sekarang sudah tahu ya bun, untuk meningkatkan produksi ASI yaitu daun katuk dan daun trombolit.

Hal yang Perlu diingat oleh Bunda

Berikut ini hal-hal yang perlu diingat oleh bunda adalah sebagai berikut,

  • Untuk hasil yang maksimal, pastikan satu bulan sebelum persalinan membiasakan diri untuk mengkonsumsi daun katuk atau daun torbangun sebagai bahan campuran makanan.
  • Pastikan ibu yang sedang menyusui untuk memasukkan salah satu dari kedua bahan tersebut (katuk dan torbangun) kedalam hidangan makanan sehari-hari.
  • Bunda dapat membuatnya (katuk dan torbangun) dengan cara menu makan sayur bening. Dan cara membuatnya sangat gampang (daun katuk, garam, air, bawang merah dan bawang putih yang sudah digoreng, kemudian sedikit minyak, tambahkan gula merah sedikit lau didihkan sampai mencapai suhu 100 derajat celsius). Mhh, mak nyuuss. Itulah resep dulu dan sampai sekarang yang saya lakukan bun.
  • Apabila produksi ASI dalam cakupan banyak, maka dapat disimpan didalam lemari es (freezer). Dan ketika ASI perah berada disuhu ruangan, maka gunakan tidak lebih 24 jam.
  • Pemberian ASI tidak mesti dijadwal. Artinya selagi anak kita kehausan untuk minum air susu, maka kita berikan kepad anak usia 0 sampai 6 Bulan.
  • Pada usia 6 bulan sudah mulai dengan masukan makanan tambahan yaitu MP-ASI.

Demikianlah artikel bahasan tentang bahan makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Mom and Baby | Daun Yang Dapat Meningkatkan Produksi ASI"