Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Flek saat Hamil Bisa menjadi Pertanda Kehamilan | Haid tapi Ternyata Positif Hamil

Flek saat Hamil Bisa menjadi Pertanda Kehamilan | Haid tapi Ternyata Positif Hamil

Bagi moms yang sedang menjalani program hamil dan menanti dua garis merah pasti merasakan hal yang sama. Mendekati jadwal menstruasi setiap bulannya, kita seringkali merasa was-was. Kita berharap bercak darah tak keluar, karena itu menandakan datangnya menstruasi dan itu artinya kita belum mendapatkan tiket kehamilan.

Lalu apa yang kita fikirkan jika ternyata bercak darah keluar? Yah, kita akan langsung berfikir bahwa itu adalah darah menstruasi.

Apakah itu salah? Tidak juga, karena memang itu saatnya tiba menstruasi. Maka tidak salah jika kita berfikir bahwa itu merupakan darah menstruasi, yang kemudian kita akan langsung mengambil kesimpulan bahwa kita belum hamil.

Namun moms, ternyata darah yang keluar disaat jadwal menstruasi belum tentu benar darah menstruasi. Lalu darah apakah itu? Itu bisa menjadi pertanda kehamilan. Nothing impossible moms. Saya mengalami hal tersebut.

Seperti bulan-bulan sebelumnya, ketika mendekati jadwal menstruasi saya akan selalu mengecek barangkali ada darah yamg keluar. Meskipun di dalam hati, saya berharap tidak tentunya. Dan tepat pada hari dimana seharusnya saya menstruasi, keluarlah flek darah. Awalnya saya mengira bahwa itu adalah darah menstruasi, namun selama seharian darah tersebut tak kunjung meningkat kuantitasnya. Dan saya merasa, itu tak sama dengan darah menstruasi yang biasanya.

Tentu moms juga sudah tahu betul bagaimana ciri darah menstruasi yang tentunya sangat khas yah.

Saya fikir, mungkin dengan berolahraga dan aktivitas fisik bisa membuat darah menstruasi keluar dengan lancar. But it's wrong moms. Kenapa? Karena saat itu justru saya sedang hamil, dan tentunya aktivitas fisik yang berlebihan justru bisa menyebabkan kondisi kandungan tidak baik.

Untunglah saya dan suami berinisiatif melakukan test dengan menggunakan test pack di rumah, karena curiga dengan darah haid yang berbeda itu. Dan ternyata muncullah 2 garis merah. Antara bahagia, kaget, tak percaya, sekaligus hawatir karena jika memang hamil lalu mengapa keluar darah? Tentu itu pertanda kurang baik, ikirku demikian.

Namun alhamdulillah kami belum terlambat untuk mendapatkan penanganan, karena tak lama dari situ kami memeriksakan kandungan ke dokter spesialis kandungan.

Nah moms, sebagai pelajaran. Jangan gegabah menyimpulkan darah yang keluar dari vagina merupakan darah menstruasi. Amati baik-baik dan telaah terlebih dahulu barangkali moms atau kerabat lainnya mengalami hal serupa. Lalu bagaimana tanda-tanda yang harus diwaspadai? Berikut penjelasannya:

  • Darah yang keluar berupa flek.

Memang darah menstruasipun ketika pertama kali keluar berupa flek. Namun dalam beberapa saat jumlahnya langsung meningkat dan sampai menembus pakaian yang kita kenakan. Nah sementara flek yang keluar di awal kehamilan ini tak kunjung meningkat jumlahnya, bahkan hanya mirip seperti goresan cat air yang tak akan sampai menembus pakaian kita.

  • Warnanya coklat, kemerahan bahkan merah segar.

Bagaimana dengan darah menstruasi? Darah menstruasipun terkadang warnanya demikian, namun darah menstruasi biasanya berubah-ubah diantara warna tersebut, bahkan terkadang berwarna kehitaman dan menggumpal.

  • Aromanya berbeda dengan darah menstruasi.

Darah menstruasi baunya sangat khas, amis dan menyengat. Sementara flek darah di awal kehamilan tidak demikian. Bahkan nyaris tak tercium baunya. Bisa jadi karena jumlahnya yang sedikit.

  • Tidak ada rasa mulas.

Jika moms yang biasanya mengalami mulas ketika menjelang menstruasi. Maka ketika flek awal kehamilan, itu tidak dirasakan. Jika perut mulas disertai keluar darah ketika masa kehamilan, maka itu bisa menjadi pertanda resiko keguguran/abortus imminens.

Nah moms, ketika moms mengalami hal-hal tersebut maka moms harus bersikap hati-hati. Barangkali memang moms sedang berada di awal kehamilan, bukan sedang menstruasi. Jika benar moms hamil, maka moms harus segera memeriksakan diri ke bidan atau dokter supaya bisa menjalani proses kehamilan dengan sehat.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh, flek di awal kehamilan itu biasa terjadi pada beberapa wanita terutama di kehamilan pertama. Itu merupakan sisa-sisa darah yang keluar akibat proses pelekatan janin pada dinding rahim. Sehingga darah yang keluar jumlahnya sedikit dan tidak berlangsung hingga berhari-hari. Namun moms tetap harus waspada jika mengalami hal serupa. Karena pengalaman saya pribadi, itu juga bisa menjadi pertanda resiko keguguran/abortus imminens. Tapi moms tidak perlu panik. Asalkan moms tetap menjaga diri dan kandungan dengan baik, maka In shaa Allah janin tetap dapat tumbuh sehat. Dan sebaiknya pada kondisi seperti ini, sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis agar penanganannya tepat.

Post a Comment for "Flek saat Hamil Bisa menjadi Pertanda Kehamilan | Haid tapi Ternyata Positif Hamil"