KUESIONER KEKUATAN DAN KESULITAN (SDQ) PADA ANAK USIA 4 - 10 TAHUN

SDQ Anak Usia 4-10 Th

Pada postingan kali ini, saya akan membagikan file dan aplikasi untuk mengetahui tipe atau kategori anak. Lebih tepatnya Kuesioner Kekuatan dan Kesulitan pada Anak Usia 4-10 Tahun.

Apa itu SDQ?

SDQ adalah kepanjangan dari Strength and Difficulties Questionnaire. Merupakan kuesioner skrining perilaku untuk seorang anak sehingga kamu akan mengetahui semua tipe/ kategori anak. Seperti apakah anak tersebut Normal, Borderline atau Abnormal? Ketahuilah dari sekarang melalui Kuesioner yang ada di bawah.

Kuesioner SDQ ini khusus untuk deteksi dini masalah perilaku, emosional, prososial, dan kesulitan lainnya yang terjadi pada anak berusia 4–17 tahun. Biasanya kuesioner SDQ ini memiliki beberapa versi dalam memenuhi kebutuhan penelitian, klinisi hingga para pengajar. Kini, Anda pun bisa menilai nampaknya seorang pengajar dan pengamat perilaku anak.

Perlu diketahui bahwa terdapat banyak di klinik kesehatan mental anak-remaja yang menggunakan kuesioner ini sebagai penilaian awal sebelum memberikan solusi atau jalan untuk memperbaiki anak yang berkelainan atau mengalami kesulitan.

Baiklah, jika Anda ingin segera memulai mengisi kuesioner, maka silakan untuk memilih tombol Mulai SDQ di bawah ini. Namun sebelumnya baca terlebih dahulu rambu-rambu atau cara pengerjaannya.

Setelah mengisi semua pertanyaan, maka di akhir akan disajikan sebuah nilai atau skor otomatis yang nantinya memperoleh sebuah kesimpulan dari SDQ tersebut. Masuk kedalam kategori manakah anak yang dinilai tersebut, apakah normal-abnormal-borderline. Alangkah baiknya hasil dari Kuesioner Kekuatan dan Kesulitan pada Anak yang berusia 4 sampai 10 tahun ini dikonsultasikan dengan dokter spesialis yang bergelar Sp.Kj.

Sebelum memulai SDQ, Untuk setiap pernyataan, beri tanda (1) pada kotak tidak benar, agak benar atau benar. Akan sangat membantu kami apabila anda mau menjawab semua pertanyaan sebaik mungkin meskipun anda tidak yakin benar. Berikan jawaban anda menurut perilaku anak selama enam bulan terakhir atau selama tahun ajaran ini.

Mulai SDQ

Langkah-langkah Menggunakan SDQ Bentuk File Word

Kemudian setelah anda mengetahui skor, silakan untuk melihat kategori anak dan jika kondisinya tidak normal harap konsultasikan kepada dokter bagian ahli psikoterapi supaya masalah pada anak dapat teratasi.

Apabila ingin mengetahui skor kekuatan dan kesulitan anak melalui lembar word secara manual tanpa melalui aplikasi excel di atas, maka silakan unduh file SDQ di bawah ini dan ikuti langkah-langkahnya.

File SDQ doc

Perhitungan Skor

  • Tulis skor per soal dengan memisahkan pertanyaan sesuai dengan kode pertanyaan yang ada.
  • Jumlahkan skor soal sesuai dengan rumus pada gambar di bawah ini.
  • E = E1+E2+E3+E4+E5 = ....
  • C = C1+C2+C3+C4+C5 = ....
  • H = H1+H2+H3+H4+H5 = ....
  • P = P1+P2+P3+P4+P5 = ....
  • Pr = Pr1+Pr2+Pr3+Pr4+Pr5 = ....
  • Skor total = E+C+H+P = ....

Keterangan Kode Skor

  • E = Emotional;
  • C = Conduct problems;
  • H = Hyperactivity;
  • P = Peer problems;
  • Pr = Prosocial.

Nah, demikianlah artikel tentang kuesioner kekuatan dan kesulitan pada Anak usia 4-10 Tahun. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan baca juga artikel menarik lainnya hanya di Blog MOM AND BABY, jika ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.