Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Adalah Salah Satu Cara untuk Melatih Semangat Belajar Anak di Sekolah Supaya Menjadi Anak yang Berprestasi

Semua orangtua pasti menginginkan anaknya semangat dalam belajar dan sudah pasti dapat berprestasi di sekolahannya. Apalagi kalau anak tersebut anak yang patuh pada orangtua, tentu orangtua tidak akan merasa kesulitan dalam memfasilitasi anak untuk belajar.

Kita tahu bahwa belajar itu merupakan salah satu kebutuhan seseorang. Karena dengan belajar akan bertambah ilmu pengetahuan dan sudah pasti akan membawa seseorang menuju jalan kesuksesan.

Namun disisi lain, menjadi tugas besar bagi orangtua. Karena zaman sekaran teknologi berkembang begitu cepat dan dapat mempengaruhi proses belajar anak. Sebenarnya teknologi itu tidak berbahaya, yang berbahaya itu adalah yang memegangnya. Jika kita sebagai orangtua, maka kita harus memfasilitasi dengan sebuah teknologi dan bisa menggunakan dengan handphone.

Ketika anak memegang ponsel, diharapkan kita harus dapat membimbingnya jangan sampai anak asyik bermain game seharian tanpa sepengetahuan kita. Dampak dari game itu sebndiri dapat mengakibatkan candu artinya akan mengakibatkan ketagihan sehingga anak akan malas dalam melakukan belajar.

Oleh karena itu, kita harus dapat membimbing anak dalam melakukan beberapa aktivitas dan jiga memporsir semua kegiatan yang dilakukannya. Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips dan saran pada bunda dan ayah mengenai cara melatih anak menjadi berprestasi.

Cara Melatih Anak Menjadi Berprestasi

Ini Adalah Salah Satu Cara untuk Melatih Semangat Belajar Anak di Sekolah Supaya Menjadi Anak yang Berprestasi

1. Biasakan untuk Selalu Melakukan Literasi

Literasi adalah kegiatan mencari ilmu pengetahuan yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Kapan pun dan dimana pun literasi dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Memang kegiatan satu ini sangat membosankan dan membuat jenih bagi yang melakukannya.

Sikap membiasakan diri dalam melakukan literasi sangat dibutuhkan sekali. Karena dalam hal tersebut, jika sudah terbiasa melakukan literasi akan muncul rasa hobi tersendiri dan itu tidak hanya keluar ucapan belaka saja.

Manfaat apa saja yang ada pada kegiatan literasi ini? Banyak sekali manfaat dari kegiatan literasi, yaitu salah satunya dapat mempertambah ilmu pengetahuan bagi seorang anak. Anak akan dapat menangkap banyak informasi penting juga mempertambah kosa kata dalam kehidupan sehari-hari.

2. Membuat Jadwal Aktivitas

Membuat jadwal aktivitas merupakan bentuk upaya orangtua untuk melatih anak agar menjadi berprestasi. Orangtua harus dapat membuatkan sebuah jadwal kegiatan harian anak. Seperti belajar, bermain, dan kegiatan-kegiatan lain. Tujuannya agar anak menjadi disiplin terhadap waktu dan tanggung jawab. Pada poin ini akan dibahas pada poin selanjutnya, yaitu mengenai kedisiplinan.

Oleh karena itu, silakan buatkan sebuahjadwal kegiatan harian untuk anak. Kalau bisa berupa agenda yang sifatnya wajib dilakukan oleh seorang anak. Seperti belajar setiap hari, aktivitas beres-beres rumah, dan lain sebagainya.

3. Disiplin

Mendisiplinkan anak dalam melakukan kegiatan merupakan bagian dari upaya agar anak dapat berprestasi. Karena hampir rata-rata anak yang berprestasi di sekolahnya adalah anak yang tingkat disiplinnya tinggi.

Untuk melatih rasa disiplin ini, orangtua harus dapat mengajak anaknya beraktivitas. Misalnya mengajak anak untuk bersih-bersih dapur bisa dengan cara mencuci piring dan lain sebagainya sampai anak terbiasa melakukannya. Sehingga kelak nanti anak akan melakukannya dengan senang hati tidak terpaksa juga tidak harus menunggu perintah dari orangtuanya.

Baca Juga | Tujuh Cara Mendisiplinkan Seorang Anak

Mendisiplinkan anak tentu setiap orangtua dapat melakukannya. Jadi, tidak ada alasan bagi orangtua untuk mengatakan bahwa dirinya tidak mampu untuk mendisiplinkan anaknya dengan tujuan agar anak menjadi berprestasi baik di sekolah maupun di luar sekolah.

4. Mengerjakan Tugas Sekolah

Tugas sekolah atau pekerjaan sekolah yang dibawa ke rumah merupakan salah satu cara agar anak tetap belajar dalam kondisi bagaimana pun juga. Hal tersebut sangat membantu agar anak tetap melakukan kegiatan belajar.

Kita sebagai orangtua harus rewel terhadap anak, apakah anak memiliki tanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya atau sebaliknya. Hal yang wajar jika orangtua menyuruh anaknya agar cepat menyelesaikan tugas sekolahnya dan jangan sampai menunda-nunda pekerjaan yang diberikan oleh gurunya.

Disisi lain kita juga harus dapat membantu dan memotivasi anak dalam mengerjakan tugas sekolah. Membantu disini bukan berarti tugas sekolah itu dikerjakan oleh orangtua ya bun. Melainkan kita dapat memfasilitasi anak baik berupa buku atau alat teknologi lain yang bertujuan untuk membantu anak dalam menyelesaikan tanggung jawabnya yaitu menyelesaikan tugas sekolah.

Anak pun akan semangat, jika ada motivasi yang terus diberikan oleh orangtuanya. Maka dari itu, kita jangan sungkan dan bosan untuk selalu memberikan motivasi kepada anak ya bund.

5. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Rata-rata anak yang semangat belajar dan berprestasi itu adalah anak yang pola hidupnya sehat. Seperti pola makan, olah raga dan aktivitas lainnya yang menunjang pada pola hidup sehat.

Makanan yang dimakan pun tidak sembarangan artinya tidak suka membeli jajanan di luar. Nah, ada kesempatan untuk kita agar anak dibekali makanan yang dimasak langsung oleh keluarga. Kebiasaan tersebut sangat membantu anak dalam menempuh kesuksesan terutama agar anak semangat dalam belajar.

Saran dari saya pada setiap orangtua yang memiliki seorang anak agar selalu membimbing dan mengarahkan anak menuju pada penerapan pola hidup sehat. Entah itu berupa kebersihan, selalu melakukan rutinitas fisik (olahraga) dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel mengenai bagaimana cara melatih/ mendidik anak agar semangat dalam belajar dan menjadi anak yang berprestasi baik di sekolah maupun di luar sekolah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Post a Comment for "Ini Adalah Salah Satu Cara untuk Melatih Semangat Belajar Anak di Sekolah Supaya Menjadi Anak yang Berprestasi"