Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pergi dan Pulang dari Sekolah | Jangan Biarkan Anak Berangkat Sendiri Moms !!!

Pergi dan Pulang dari Sekolah | Jangan Biarkan Anak Berangkat Sendiri Moms !!!

Jika bunda termasuk orang yang banyak memegang banyak aktivitas, maka jangan sekali-kali untuk membiarkan anak berangkat dan pulang dari sekolah sendirian apalagi kalau anak bunda masih kecil. Tidak disarankan ya moms.

Kita tidak boleh terlalu sibuk dengan urusan kita ya moms. Bahkan kita harus selalu membimbing dan memastikan anak kita tetap aman dan tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Memang dari sekian banyak orangtua menganggap kalau anaknya berangkat sendirian ke sekolah itu ciri anak disiplin dan mandiri. Menurut saya itu tidak benar, sebab sikap anak yang masih kecil dan juga belum bisa membedakan antara baik dan buruk. Lagian kita tidak pernah tahu kalau diluar sana terdapat kriminalitas ya kan moms? Coba pikirkan hal tersebut moms.

Kalau anak kita sudah dewasa sih tidak jadi masalah ya moms. Karena bisa jaga diri terhadap semua lingkungan dan sudah pasti mengerti apa yang dilakukan dilakukan. Nah, yang menjadi masalah itu adalah jika anak tersebut belum dewasa yang belum mengerti tentang baik dan buruk. Sudah pasti disisi lain kita juga menyimpan rasa khawatir jika terjadi apa-apa terutama pada anak sendiri. Seperti jatuh, terluka, dan lain sebagainya.

Bayangkan jika anak kita belum juga pulang ke rumah sampai berhari-hari. Mungkin kita akan bertanya-tanya, kenapa anak saya bulum pulang sejak kemarin. Kemudian kita segera menghubungi guru kelas, temannya, tetangga bahkan sampai kita tidak bisa tenang sampai anak kita kembali ke rumah.

Oleh karena itu bunda harus dapat menjaga baik-baik sampai usianya menjadi remaja/ dewasa yang mengerti tentang sesuatu baik dan buruk. Kemudian perlu kita ketahui bahwa untuk menuju masa remaja dan kedewasaan itu membutuhkan proses yang cukup panjang. Jadi, tidak ada istilah kalau anak masih kecil terus pulang pergi dari sekolah, kita anggap itu merupakan bagaian dari kemandirian seorang anak. Ini sudah jelas salah menempatkan argumen tersebut.

Inti dari artikel ini adalah jangan biarkan anak yang masih kecil untuk berangkat ke sekolah dengan sendirian tanpa ada pengawasan dari kita sebagai orangtua. Jika bunda dan suami memang tidak ada waktu untuk mengantarkan anak ke sekolah atau tidak ada waktu untuk menemani anaknya ketika pergi dan pulang dari sekolah, maka berikanlah rasa kepercayaan moms kepada orang lain yang dianggap kita jujur dan dapat dipercaya.

Misalkan yang dapat dipercaya adalah dari pihak keluarga, maka bunda dapat menitipkan anak pada bibinya atau paman supaya pada saat pulang dan pergi itu diantar olehnya. Bunda juga harus memberikan pengarahan kepada anak bunda supaya tidak untuk pulang atau pergi ke sekolah sendirian sebelum (paman, bibi/ sodara satu keluarga) menjemputnya.

Lalu bagaimana dengan adanya jemputan sekolah?
Pergi dan Pulang dari Sekolah | Jangan Biarkan Anak Berangkat Sendiri Moms !!!

Jika kondisi sekolah anak memfasilitasi mobil jasa antar jemput sekolah. Bunda harus percayakan sepenuhnya pada jasa antar jemput yang disediakan oleh pihak sekolah tersebut dan sudah pasti sekolah akan bertanggung jawab jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bunda mungkin hanya membayar per bulannya mengenai administrasi tambahan dari sekolah tersebut.

Demikianlah artikel singkat ini saya buat dan semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Pergi dan Pulang dari Sekolah | Jangan Biarkan Anak Berangkat Sendiri Moms !!!"