Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melatih Anak agar Rajin Gosok Gigi Sejak Bayi

Cara Melatih Anak agar Rajin Gosok Gigi Sejak Bayi

Gigi merupakan salah satu bagian dari mulut yang sangat berguna dan harus dirawat dengan baik sejak kecil, salah satunya dengan cara menggosok gigi.

Menggosok gigi merupakan hal yang mudah namun seringkali sulit dilakukan karena belum menjadi kebiasaan. Agar kegiatan menggosok gigi menjadi suatu kebiasaan dan kebutuhan, maka harus dilakukan sejak dini sekalipun bayi belum memiliki gigi.

Mengapa bayi yang belum memiliki gigi tetap harus menggosok gigi?

Moms jangan membayangkan sikat gigi seperti yang kita gunakan. Sikat gigi yang digunakan untuk bayi itu di design khusus agar aman dan tidak melukai gusi bayi. Justru sikat khusus yang diperuntukkan untuk bayi yang belum memiliki gigi, itu berfungsi untuk merangsang pertumbuhan giginya.

Sikat gigi yang sebaiknya digunakan oleh bayi adalah sikat gigi yang terbuat full dari silikon lembut yang aman untuk gusi. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa moms lakukan untuk melatih anak/bayi terbiasa menggosok gigi:

1. Sebelum memberikan sikat gigi, ada baiknya bulan-bulan sebelumnya moms biasakan bayi untuk menggigit teether yang terbuat dari bahan silikon lembut juga. Ini bertujuan agar bayi terbiasa ketika ada benda serupa masuk ke dalam mulutnya.

2. Gunakan sikat gigi berbahan silikon lembut dengan design khusus. Sikat gigi ini berbentuk mirip seperti jari, dimana moms bisa memasukan salah satu jari moms kedalam sikat tersebut sehingga moms bisa memastikan kedalaman sikat ketika masuk ke dalan mulut bayi. Moma juga bisa lebih leluasa menggosok setiap bagian mulut bayi dengan tepat.

3. Perlihatkan pada bayi moms, bahwa moms juga melakukan aktivitas menggosok gigi. Karena anak akan melakukan apa yang ia lihat dari orang sekitarnya terutama orang tua.

4. Jika bayi telah terbiasa menggosok gigi, moms bisa mengganti struktur sikat gigi secara bertahap sampai akhirnya anak moms menggunakan sikat gigi biasa pada umumnya. Tentunya ketika gusinya sudah lebih kuat.

Perlu menjadi catatan penting ya moms, di awal-awal bayi jangan langsung diberikan beserta dengan pasta gigi. Karena dia belum bisa meludahkan kembali pasta gigi tersebut. Cukup gunakan sikat giginya saja.

Post a Comment for "Cara Melatih Anak agar Rajin Gosok Gigi Sejak Bayi"