Cara Membuat Bolu Jadul Dua Telur | Resep Masak Cerdas dan Hemat

Cara membuat bolu ternyata tidak mesti memerlukan biaya yang banyak tapi dengan mengandalkan cara memasak atau disebut dengan skill kita dapat membuat bolu sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pada artikel kali ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman mengenai cara membuat bolu dengan menggunakan dua telur atau sering dikenal dengan nama Bolu Jadul.

Mungkin bagi anda yang belum pernah membuatnya pasti bertanya-tanya. Apakah bisa membuat bolu dengan menggunakan dua telur? Baiklah, daripada semakin penasaran. Yuk, kita langsung pada cara membuatnya semoga saja artikel ini dapat membantu.

Bahan-bahan

  • Terigu 100 gram (boleh merk apapun termasuk terigu curah)
  • Gula pasir 100 gram (jika tidak terlalu suka manis, boleh dikurangi menjadi 90 gram atau 80 gram)
  • Margarin 100 gram
  • Telur 2 butir
  • Vanili 1 sachet
  • Baking powder 1/2 sdt
  • SP/ Pelembut 1 sdt

Cara Membuat

» Kocok telur bersamaan dengan gula pasir menggunakan mikser dengan kecepatan tinggi.

» Disaat yang bersamaan, kita larutkan margarin agar menjadi cair. Margarin dituang di atas mangkuk kaca, lalu panaskan air di atas panci. Jika sudah mendidih, matikan kompor lalu letakkan mangkuk berisi margarin di atas air panas yang tadi suda mendidih. Aduk-aduk margarin sampai mencair seluruhnya, lalu angkat dan diamkan sampai suhu normal (tidak panas lagi).

» Kembali ke poin 1. Jika campuran telur dan gula yang sedang dikocok sudah mengental dan berwarna putih seperti krim, masukan vanili dan SP.

» Masukan terigu dan baking powder kedalam adonan.

» Terakhir tuangkan margarin yang sudah tidak panas ke dalam adonan. Jika margarin masih panas, bisa menyebabkan bolu menjadi bantat. Selama mencampurkan bahan satu persatu, mixer tetap berjalan mengaduk adonan. Siapkan loyang dan lumuri dengan margarin, lalu taburkan terigu secara tipis di atas loyang yang sudah dilumuri margarin.

» Jika semua adonan sudah tercampur rata, tuang adonan kedalam loyang lalu panggang kurang lebih 30 sampai dengan 40 menit. Bolu Jadul Dua Telur siap dihidangkan. Selamat mencoba!

Disini saya menggunakan smartcooker, saya gunakan menu panggang lalu 35 menit kemudian bolu sudah matang dan sudah bisa diangkat.

Jika menggunakan smartcooker, adonan bisa langsung dituang tanpa harus melumuri teflonnya dengan margarin ataupun terigu karena sudah anti lengket.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bolu Jadul Dua Telur | Resep Masak Cerdas dan Hemat"