Cara Membuat Nasi Kuning Yang Memiliki Rasa Gurih, Lezat, dan Nikmat | Resep Masakan Sederhana ala Chef Juna

Nasi kuning merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Sesuai dengan namanya yakni nasi kuning berarti nasi yang memiliki warna kuning. Nah, warna kuning pada nasi bukanlah diperoleh dari padi yang berjenis kuning melainkan dari rempah-rempah yang dapat dijumpai di negara Indonesia, India, dan di negara lainnya yang masih seputar daerah asia.

Nasi kuning biasa diolah menjadi sebuah makanan favorit yang biasa masyarakat Indonesia dengan menambahkan menu hidangan lauk pauk. Seperti telor, tempe kering/ oreg, kacang kedelai goreng, tomat, sambal, dan lauk pauk lainnya.

Disisi lain nasi kuning ini sering dijual di pinggir jalan dengan harga yang cukup murah. Nasi kuning ini biasa dijual pada pagi hari. Jadi kalau sobat berangkat pagi-pagi sudah pasti sobat akan menemui makanan khas nasi kuning tersebut.

Baik, disini saya akan berbagi resep menu nasi kuning yang sudah pasti rasanya tidak diragukan lagi. Kenapa saya membuat artikel ini? Tidak ada maksud lain kecuali supaya keluarga tetap betah makan di rumah dan jika sobat ingin berjualan nasi kuning, maka tidak ada salahnya untuk mencoba resep andalan ini.

Oleh karena itu, silakan baca artikel ini dengan seksama dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih

Bahan-bahan

Bahan dan Takaran
Kunyit sebanyak 2 rimpang Bawang merah sebanyak 3 butir
Santan kelapa 150 mL Daun salam sebanyak 5 lembar
Beras putih 10 gelas (ukuran 250 mL) Minyak goreng sebanyak 3 sendok makan
Garam dapur 2 sendok makan Air mineral 250 mL

Cara Membuat

» Siapkan alat yang akan dipergunakan. Seperti blender dan alat masak dapur lainnya.

» Cuci bersih bahan-bahan yang akan diolah. Seperti bawang merah, kunyit, daun salam, dan beras putih.

» Haluskan 2 rimpang kunyit dengan menggunakan blender (selama 5 menit). Jangan lupa untuk menambahkan satu gelas air bersih sebanyak 250 mL.

» Panaskan minyak goreng. Kemudian masukkan bawang merah dan tumis sampai harum serta berwarna kecoklatan serta jangan lupa untuk menambahkan daun salam dan juga garam dapur.

» Setelah itu, silakan anda tambahkan air santan kelapa (jika kemasan satu bungkus dan jika bukan kemasan 250 mL). Kemudian aduk sampai benar-benar merata selama 3 menit dan pastikan bahwa pada langkah ini, api jangan terlalu besar. Setelah sampai pada tahap ini, silakan matikan kompor.

» Setelah membuat bahan yang akan dicampurkan kedalam beras putih, maka tahap selanjutnya kita siapkan 10 gelas beras putih yang sudah dibersihkan. Tambahkan 9 gelas air mineral (ukuran 250 mL). Supaya memudahkan untuk takarannya yaitu jika anda memasak 10 gelas beras, maka ditambahkan air sebanyak 9 gelas (ukuran 250 mL); Jika 5 gelas beras, maka harus ditambahkan air sebanyak 4 gelas (ukuran 250 mL); dst.

» Tahap selanjutnya adalah silakan campurkan bumbu yang sudah dimasak kedalam beras dan jangan lupa untuk diaduk secara merata. Setelah itu dipasak di atas kompor dengan api sedang sampai benar-benar airnya surut dan pada saat airnya mulai surut, silakan untuk mengubah ukuran api menjadi kecil. Kemudian matikan kompor dan biarkan selama 10 menit.

» Setelah mendiamkan nasi kuning yang sudah hampir matang. Tahapan selanjutnya adalah mengkukus, hal ini bertujuan supaya tekstur nasinya benar-benar lembut.

» Nasi kuning siap dihidangkan. Untuk topingnya silakan membuat sendiri sesuai selera dan kesukaan anda. Misalnya telor dadar, oreg tempe, atau lain sebagainya.

Demikianlah cara membuat nasi kuning yang memiliki rasa gurih, lezat, dan enak sesuai dengan resep masakan sederhana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih