Skip to main content
Mom Baby

follow us

Bayi Mengalami Cegukan | Bagaimana Cara Atasinya?

Ya itulah kata-kata orang dulu jika menjumpai bayi yang sedang cegukan. Dengan memberi tikar bodol/ jelek (tikar yang sudah tidak digunakan lagi) sehingga cegukannya reda. Caranya dengan mengambil panjang 0,5 cm dari bahan tikar tersebut. Beri air ludah dan tempelkan di kening kepala.

Ada juga orang yang mengatakan kalau bayi sedang cegukan itu pertanda bahwa tubuhnya itu sedang bertambah besar/ tumbuh.

Kalau kita selidiki ternyata hal tersebut sama sekali tidak benar ya moms. Karena peristiwa cegukan itu terjadi akibat kejang pada otot diafragma yang tidak dapat dikendalikan. Biasanya cegukan ini tidak akan berlangsung lama juga dapat diatasi dengan mudah.

Lalu apaakah ada cara untuk menangani bayi yanb sedang cegukan? Tentu ada ya moms. Cara itu sendiri yaitu sebagai berikut.

Cara Mengatasi Bayi yang cegukan

Pertama, sebenarnya untuk usia bayi cara mengatasinya cukup biarkan saja. Namun jika moms belum mencoba dengan cara yang lain bisa dengan memberikan asi/ minum pada anak. Insya Allah cegukan pun akan mereda.

Kedua, bisa diajak bermain ciluk baa sehingga dari permain tersebut anak akan menahan napas pada beberapa waktu tertentu.

Kalau yang mengalami cegukan itu adalah orang dewasa, ya kita bisa menggunakan beberapa cara, yaitu bisa dengan meminum air hangat dan bisa juga dengan menahan napas untuk beberapa detik.

Nah,demikianlah artikel yang membahas seputar mitos yang kerap terdengar melalui mulut ke mulut. Hal ini sering disampaikan oleh masyarakat awam yang tidak begitu tahu akan ilmu pengetahuan.

Semoga postingan artikel ini dapat menjadi informasi penting dan tentunya dapat bermanfaat. Terima kasih

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar