Nasi Uduk Spesial untuk Perayaan Hari Milad/ Ulang Tahun

Nasi Uduk Spesial untuk Perayaan Hari Milad/ Ulang Tahun - Pada artikel kali ini saya akan membuat nasi uduk spesial untuk hari milad anak saya (kakang Lathiif) tepatnya tanggal 8 Robi'ul Awal 1442 H.

Kebiasa orang-orang kalau ingin merayakan ulang tahun itu membuatkan sebuah kue bolu berbagai jenis variasi. Nah, kalau saya berbeda dengan yang lain yaitu dengan membuatkan nasi uduk spesial. Kata spesial ini karena membuatnya dalam jumlah banyak.

Disisi lain pembuatan nasi uduk ini juga merupakan betuk rasa syukur keluarga kepada Allah subhanahu wata'ala atas lahir dan bertambahnya usia dari anak pertama saya, maka dengan ini saya membuat resep nasi uduk dalam jumlah banyak yang bertujuan untuk dibagikan ke keluarga dan tetangga sehingga dapat diniakmati bersama dan semoga menjadi berkah. Penasaran bagaimana cara membuatnya. Simak baik-baik artikelnya.

Bahan-bahan

Bahan dan Takaran
Beras 2 kilogram Santan kelapa 2,5 kilogram
Daun salam 1 lembar Serai 5 batang
Garam dapur Bawang merah 1 buah
Minyak goreng 1 sdm. Kerupuk

Cara Membuat

» Siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Seperti yang tertera pada tabel di atas.

» Cuci 2 kilo beras dengan air bersih. Kemudian rendam dalam air kurang lebih selama 5 menit.

» Panaskan 1 sdm. minyak goreng lalu masukkan irisan bawang merah, daun salam, dan batang serai yang sudah dimemarkan. Jangan lupa untuk menambahkan 3 sdm. garam dapur.

» Setelah itu masukkan 2,5 kilogram santan kelapa. Pastikan api tidak terlalu besar sehingga air santan tidak langsung mendidih kemudian terjadi penggumpalan.

» Baik, setelah terlihat keluar sedikit asap dari air santan. Segera masukkan beras yang sudah dicuci. Aduk terus sampai air santan benar-benar surut. Setelah surut matikan api dan tutup rapat dengan tutup panci kurang lebih selama 10 menit.

» Setelah 10 menit, selanjutnya pindahkan nasi ke panci untuk dikukus kurang lebih selama 20 menit.

» Nasi uduk spesial siap dihidangkan bersama lauk pauk sesuai selera. Baik dengan ayam goreng, oreg tempe, telur dadar dan lain sebagainya.

Bagaimana cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga postingan ini dapat bermanfaat. Terima kasih