Strategi Lolos Seleksi CPNS-ASN

Tingginya tingkat persaingan dalam seleksi Tes CPNS terutama untuk instansi BUMN membuat kita harus pandai mengatur strategi untuk dapat lancar melaluinya.

Ketika kita beranggapan bahwa masuk seleksi CPNS-ASN dengan bergantung pada takdir tanpa dibarengi dengan ikhtiar atau sering disebut dengan usaha/ kerja keras/ persiapan, Saya yakin 99 % Anda akan gagal. Ingat saudaraku!. Selagi masih ada kesempatan untuk mendaftar panda instansi yang kita tuju, maka manfaatkanlah kesempatan itu dengan semaksimal mungkin yaitu dengan cara banyak berlatih mengerjakan soal-soal CPNS-ASN.

Anda mulai berpikir bahwa soal CPNS itu tidak mudah? maka, Saya katakan "jadikanlah kesulitan tersebut sebagai sebuah tantangan hidup Anda". Berikut ini saya akan share Strategi-strategi dalam menghadapi Tes SKD maupun SKB.

Beberapa Strategi Lolos Tes CPNS-ASN

Semoga saja dapat bermanfaat untuk kita semua terutama pribadi saya sendiri agar selalu semangat dalam menempuh kehidupan ini. Strategi-strategi yang arus dipersiapkan adalah sebagai berikut.

1. Bersiap Lebih Dini

Jadwal dan pola rekrutmen pegawai BUMN yang selalu berulang setiap tahunnya membuat Anda memiliki waktu untuk mempersiapkan diri. dalam tahap persiapan ini pastikan semua berkas administrasi Anda telah lengkap. Selain itu, di tahap ini Anda bisa memulai tahap belajar untuk tes tertulis.

2. Aktif Mencari Info Rekrutmen

Saat mendekati waktu pendaftaran, Anda harus aktif mencari info detail tanggal pendaftaran. Pantau terus website perusahaan yang Anda targetkan dan jangan sampai terlewat. Usahakan mendaftar di saat awal pembukaan pendaftaran untuk menghindari masalah penurunan web yang mungkin terjadi saat banyak orang mulai banyak mendaftar.

3. Banyak Berlatih Soal-Soal CPNS Berbentuk Psikotes

Psikotes adalah tes wajib dalam rekrutmen pegawai BUMN. Untuk itu, Anda harus mempersiapkannya dengan sangat baik. Berlatih mengerjakan soal-soal psikotes sejak dini Akan membantu Anda mengenali tipe soal dan variasi soal yang beragam. Semakin banyak tipe tes yang Anda kerjakan maka, akan membantu menurunkan tingkat kegugupan Anda saat menghadapi psikotes yang sesungguhnya. Sementara semakin banyak variasi soal yang Anda kerjakan akan membantu Anda untuk mengetahui pola-pola soal yang mungkin muncul.

4. Menjaga Kondisi Fisik

Sejak Anda memutuskan untuk mengikuti seleksipegawai BUMN; Anda harus memulai menjaga kondisi tubuh Anda. Langkah pertama adalah lakukan medical check up untuk mengetahui kondisi tubuh. Kemudian mulai lakukan olahraga secara teratur untuk menjaga dan memperbaiki kondisi tubuh. Selain itu, perhatikan juga asupan nutrisi untuk tubuh. Hindari makanan-makanan yang dapat membuat ondisi tubuh tidak sehat.

5. Mempelajari Rahasia Wawancara

Mempelajari rahasia tes wawancara juga merupakan salah satu hal yang harus Anda persiapkan. Pelajarilah cara menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara. Kemudian mulai latih sikap dan gestur Anda untuk menghadapi tes wawancara. Jika perlu minta bantuan teman atau saudara untuk melakukan simulasi tes wawancara.