Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh saat Menyusui

Blog Mom and Baby - Tips Menjaga Kebugaran Tubuh saat Menyusui. Selama hamil sampai melahirkan, moms tentu merasakan perubahan pada tubuh. Tubuh jadi mudah lelah dan pegal-pegal. Tidak sampai disitu, tugas moms masih berlanjut untuk menyusui baby.

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Menyusui

Nah moms perlu memperhatikan kondisi moms supaya tidak drop. Hal ini untuk kebaikan moms sendiri, juga untuk baby tentunya. Nah berikut ini hal-hal yang saya perhatikan untuk menjaga tubuh agar tetap fit pasca melahirkan hingga menyusui.

Makan makanan yang bergizi secara teratur

Makanan bergizi yang mengandung banyak nutrisi, bukan hanya dibutuhkan untuk tumbuh kembang baby. Tapi juga dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh moms untuk selalu sehat dan bugar.

Seringkali, karena kesibukan atau keinginan untuk segera mengembalikan postur tubuh ideal membuat moms malas. Moms, makanlah sesuai kebutuhan. Karena kegemukan terjadi jika jumlah asupan kalori melebihi kebutuhan tubuh. Namun jika moms malas makan sekalipun sudah lapar, maka bisa membuat moms lemas karena ibu menyusui itu membutuhkan jumlah kalori harian yang harus dipenuhi.

Istirahat yang cukup

Selain lelah menyusui dan mengurus keperluan lainnya dari baby, banyak lagi urusan lainnya yang harus dihadapi moms terutama yang tidak memiliki asisten rumah tangga. Tak jarang, moms yang sangat memprioritaskan pekerjaan rumah rela menghabiskan waktu istirahatnya untuk mengejar target pekerjaan rumah. Padahal, ketika moms memiliki kesempatan untuk beristirahat, maka istirahatlah. Misalnya saat baby tidur, usahakan moms juga beristirahat. Jika dirasa tubuh moms sudah fresh, moms baru bisa melanjutkan pekerjaan yang tertunda.

Lalu bagaimana dengan pekerjaan rumah yang mendesak? Disinilah perlu adanya komitmen dengan orang terdekat, terutama suami. Berbagi peran dalam pekerjaan rumah dengan suami, dapat dilakukan untuk meringankan beban moms setidaknya di awal-awal pasca melahirkan. Karena kembali lagi, kesehatan moms menjadi prioritas karena pemulihan pasca melahirkan tidak bisa disepelekan.

Rutin minum air putih

Saat menyusui, moms akan lebih mudah kekurangan cairan sehingga lebih mudah haus. Maka minumlah air putih minimal 2 liter per hari agar cairan tubuh senantiasa terjaga dan menghindarkan moms dari dehidrasi.

Olahraga secara teratur

Banyak moms yang saking sibuknya dengan baby, sampai tidak menyempatkan waktu untuk berolahraga. Padahal olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran semua oranga, apalagi moms yang sedang menyusui yang memang memerlukan kebugaran tubuh yang lebih optimal.

Konsumsi suplemen

Suplemen merupakan asupan tambahan yang sifatnya tidak wajib, namun bisa dikonsumsi jika memang diperlukan. Misalnya ketika moms sudah menjalankan upaya mulai dari poin ke satu sampai dengan poin ke lima namun moms masih merasa kurang fit. Moms bisa mengonsumsi berbagai suplemen atau vitamin untuk meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh. Tentunya suplemen yang moms konsumsi sebaiknya yang memang aman untuk ibu menyusui.

Demikian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar