Skip to main content
Mom Baby

follow us

Penyebab Anak Kecanduan Gadget dan Cara Mengatasinya

Penyebab Anak Kecanduan Gadget - Di zaman modern seperti sekarang ini, adanya gadget merupakan suatu hal yang lumrah ditengah aktivitas kita sebagai bagian dari kemajuan berteknologi.

Namun seiring perkembangannya, keberadaan gadget menjadi dilema tersendiri di bagi orang tua karena munculnya permasalahan terkait anak yang kemudian menjadi candu terhadap gadget.

Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget

Moms, apa sebenarnya yang menyebabkan anak-anak khususnya usia 12 tahun ke bawah dapat menjadi pecandu gadget?; Apakah keberadaan gadget serta merta menyebabkan anak-anak candu terhadapnya?

Pada artikel kali ini akan kita bahas, mengapa anak-anak dapat candu terhadap gadget dan sekaligus sebagai pengalaman yang saya peroleh berdasarkan hasil pengamatan dan konsultasi dari beberapa orang tua dan anak.

1. Terlalu dini mengenalkan gadget terhadap anak

Pada dasarnya gadget bukanlah mainan ataupun benda yang diperuntukkan untuk anak-anak. Keberadaannya berguna untuk menunjang kebutuhan orang dewasa agar mempermudah segala urusannya, terutama dalam bidang pekerjaan disamping sebagai alat komunikasi.

Sementara pada anak-anak, keberadaan gadget sebetulnya belum perlu. Masa kanak-kanak adalah masa untuk bermain sambil belajar. Hal tersebut dapat mereka peroleh, dan sebaiknya memang diperoleh dari lingkungannya diluar gadget.

Jadi sebaiknya, kenalkan gadget sebatas sebagai alat komunikasi yang dimiliki orang tua. Jangan membuat anak-anak terlalu jauh mengenali gadget.

2. Berada pada lingkungan yang terlalu kental dengan gadget

Berada pada lingkungan yang terlalu kental dengan gadget juga dapat menjadi faktor penyebab anak kecanduan gadget. Dan ini akan terjadi jika anak bergaul dengan temannya yang sudah memegang gadget.

Anak-anak akan mulai tertarik pada sesuatu yang sering digunakan oleh orang-orang disekitarnya. Ketika ia melihat orang-orang disekitarnya nyaman dan asyik dengan gadget, maka ia pun akan tertarik untuk ikut mengenali.

Maka usahakan agar lingkungan sekitarnya tidak menggunakan gadget secara berlebihan. Gunakan gadget seperlunya dan untuk hal-hal yang penting saja.

3. Menjadikan gadget sebagai alat untuk mengalihkan perhatian anak-anak

Poin ini yang belakangan menjadi penyebab besar terhadap kecanduan gadget pada anak-anak. Awalnya orang tua atau orang dewasa lainnya memberikan gadget kepada anak sebagai alternatif permainan bagi anak.

Karena memang, gadget dapat membuat anak-anak menjadi anteng dan lupa pada hal lain yang diinginkannya. Namun moms, justru keinginan terhadap gadgetlah yang kemudian menjadi ujian terberat bagi anak.

Menyapih gadget dari anak yang sudah candu, jauh lebih sulit dari menyapih anak dari ASI. Ini karena, anak akan semakin banyak menemukan keseruan dalam gadget.

4. Kurangnya pemahaman terhadap dampak gadget bagi anak

Kurangnya pemahaman orangtua terhadap dampak gadget bagi anaknya merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab anak kecanduan gadget. terlebih lagi pada zaman teknologi saat ini yang begitu berkembang cepat.

Orang tua ataupun orang dewasa lainnya yang tidak memiliki pemahaman apapun terkait dampak gadget bagi anak, seringkali terlambat menyadari bahwa gadget bisa begitu berbahaya bagi anak.

Mereka beranggapan bahwa gadget sama halnya dengan benda aman lainnya yang tidak masalah jika anak menggunakannya. Setelah anak benar-benar candu terhadap gadget, pada saat itulah mereka bisa benar-benar menyadarinya dan terkadang sudah sangat sulit untuk melepaskannya dari anak-anak.

Maka disini perlunya pemahaman orang tua terhadap gadget dan anak-anak. Semoga kita termasuk pada orang tua yang diberikan pemahaman untuk setiap ilmu baru yang kita butuhkan.

Demikianlah artikel mengenai penyebab anak kecanduan gadget dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami serta jangan lupa untuk baca artikel lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum MomBaby
Buka Komentar