Skip to main content
Mom Baby

follow us

Perut Kembung Saat Hamil, Ini Dia Cara Atasinya

Perut kembung saat hamil merupakan salah satu masalah bumil yang sering terjadi, pada umumnya bumil akan merasakan tidak enak dan merasa sesak, begah, juga merasakan nyeri pada perutnya, disisi lain terjadinya perut kembung saat hamil tentu membuat kebanyakan bumil kesulitan dalam bernapas, terlebih lagi jika terjadi pada masa kehamilan trimester tiga.

Selain itu, yang menjadi ciri-ciri perut kembung saat hamil adalah terdengar bunyi ketika ditepuk, bahkan perut bunda akan terlihat membesar, lalu bahayakah perut kembung saat hamil? Tentu bahaya jika dibiarkan, maka dari itu bunda harus berupaya untuk mengatasinya.

Namun anda jangan khawatir karena pada artikel kali ini blog momandbaby akan membagikan sedikit tips yang bermanfaat buat bunda supaya terhindar dan dapat mengatasi masalah yang sering dialami bumil ini.

Penyebab Perut Kembung Saat Hamil

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perut kembung saat hamil, yaitu diantaranya dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, Seperti sayuran brokoli dan kol atau sayuran kubis, juga pada mengonsumsi minuman yang mengandung soda dan alkohol.

Menelan udara baik disengaja maupun tidak disengaja pada saat makan atau minum, itu juga menjadi faktor penyebab perut kembung saat hamil, Jadi tips dari kami agar bunda tidak terburu-buru dalam mengonsumsi makanan dan minuman.

Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa terjadinya kembung pada saat hamil adalah sebagai berikut.
  • Sering mengonsumsi minuman yang bersoda atau beralkohol.
  • Kebiasaan makan terlalu cepat.
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan junk food atau makanan tidak sehat.
  • Polah hidup tidak sehat atau tidak menyukai olahraga dan bergerak.
  • Menelan udara saat makan dan minum, baik disengaja maupun tidak dan hal ini merupakan bagian dari fast food.
  • Infeksi saluran pencernaan atau gangguan pada hormon wanita.
  • Menghindari makanan dan minuman memiliki kandungan gas banyak, sehingga dapat memicu terjadinya perut kembung.

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Berikut ini cara dan sekaligus tips buat bunda yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung pada saat hamil, Moms harus dapat menjaga makanan yang dapat memicu pada terjadinya kembung.

Salah satunya untuk tidak mengonsumsi minuman yang bersoda atau beralkohol, dan juga tidak terburu-buru saat makan dan minum, maka tidak ada salahnya jika bunda mengatasi sebelum terjadi dan sukur-sukur tidak terjadi ya Moms.

Jika Moms, mengalaminya (perut kembung saat hamil), maka segera memposisian badan untuk tetiduran ketika perut mengalami kembung dan pastikan agar selalu tenang atau rileks dengan selalu mengatur pernapasan.

Apabila perut kembung disebabkan oleh infeksi bakteri, maka lebih disarankan meminum obat anti biotik dan tentu harus ada resep atau konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan maupun bidan desa.

Tips dan saran dari MomBaby buat bunda supaya tidak terjadi kembung saat hami, yaitu pintar-pintarlah dalam mengonsumsi makanan, lakukan olahraga secara rutin, menghindari minuman yang mengandung soda, tidak terburu-buru saat makan dan minum, dan sebagai tambahan menghindari polusi udara yang ada di lingkungan sekitar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum MomBaby
Buka Komentar