Skip to main content
Mom Baby

follow us

Cara Mendidik Anak Bandel Tanpa Kekerasan

Cara Mendidik Anak Bandel Tanpa Kekerasan - Lingkungan dan komunikasi tidak baik merupakan salah satu faktor penyebab anak menjadi nakal. Perlu kita ingat bahwa senakal apapun anak, kita tidak boleh menyebutnya nakal, bandel, susah diatur, pemalas, dan perkataan tidak pantas lainnya.

Terkadang orangtua saat mendidik anaknya selalu dengan emosi bisa berupa marah, kasar, bahkan sampai berbuat kekerasan. Sebab mendidik anak yang bandel itu memang bukanlah hal yang mudah. Nah, disinilah perlunya sifat kesabaran orangtua untuk mengatasi anak bandel.

Cara mendidik anak bandel memang memerlukan strategi yang mantap, sebab jika tidak yang ada orangtua akan merasa kewalahan dan justru akan mudah terpancing emosi akibat sikap daripada anaknya.

Berikut Cara Mendidik Anak Bandel Tanpa Kekerasan

Berikut ini bebera cara yang dapat anda coba untuk menghadapi anak bandel tanpa harus menggunakan cara kasar pada anak. Karena segimanapun anka bandel kalau kita ada usaha untuk mengatasinya, maka ia pasti akan luluh.

Cara Mendidik Anak yang Bandel Menurut Islam

Cara mengatasi anak bandel dalam islam tidaklah menggunakan kekerasan melainkan dengan penuh kasih sayang. Psikologi anak bandel pada umumnya ia ingin selalu diperhatikan oleh orangtuanya.

Jadi, tidak ada salahnya jika kita memberikan perhatian pada anak yang bandel menurut bayak orang, asalkan tidak sampai mengeluarkan kata kata bandel pada anak tersebut.

Kemudian selanjutnya, jika memang anda memiliki anak bandel jangan sekali-kali membawanya ke dukun. Karena hal tersebut merupakan sesuatu yang dilarang dalam ajaran islam. Maka dari itu, sebisa mungkin anda membawanya ke ulama atau orang yang dianggap alim.

Cara Mendidik Anak yang Terlanjur Bandel

1. Pahami makna anak bandel

Perlu kita ketahui bahwa anak bandel itu tidak ada. Yang ada adalah orangtua yang memiliki standar atau memiliki harapan untuk anak-anaknya namun mereka tidak mampu memenuhi standar orangtuanya.

Karena kita tidak mau diatakan sebagai orangtua yang gagal mendidik anaknya, pada akhirnya lebih mudah bagi orangtua untuk mengatakan bahwa anaknya itu bandel.

Padahal yang sebenarnya terjadi adalah orangtua mempunyai standar terhadap anaknya akan tetapi mereka tidak mampu untuk mencapai standar yang dimiliki orangtuanya.

Sedangkan orangtuanya sendiri tidak mampu membantu anak bagaimana caranya supaya bisa mencapai setandar atau harapan orangtuanya tersebut sehingga anak menjadi baik.

Jadi, sekali lagi siapa yang salah?, yang gagal siapa?, Anda sebagai orangtuanya.

2. Penuhi tangki cinta mereka

Artinya anak membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari orangtuanya. Seperti layaknya kendaraan apabila tangkinya tidak ada bahan bakar, maka tidak akan jalan.

Begitu pula dengan seorang anak, jika tidak diberikan rasa perhatian dan kasih sayang dari orangtuanya, maka ia akan cenderung melawan dan membantah perintah orangtuanya atau ia akan menjadi semakin bandel.

Oleh karena itu, orangtua harus dapat memotivasi dan memberikan pendidikan yang baik pada anak.

3. Jangan berharap atau memasang standar untuk mereka

Seorang anak pada umumnya memiliki kepribadian yang unik dan minat yang berbeda dengan orangtuanya. Yang paling penting adalah menemukan pola asuh yang tepat sesuai dengan kepribadian dan karakter anak anda.

Dengan cara ini, anak Anda akan menemukan cara hidup sendiri atau ia akan menemukan sendiri apa yang sebenarnya menjadi minatnya.

4. Jaga lingkungan mereka

Mengontrol lingkungan bermain anaknya, apakah di lingkunan bermainnya beraura negatif atau buruk. Jika demikian, maka yang perlu anda lakukan adalah menghindarinya.

Ini merupakan cara mendidik anak bandel tanpa kekerasan yang menurut saya lebih disarankan untuk semua orangtua. Karena lingkungan pergaulan menjadi faktor penyebab anak menjadi bandel.

5. Memberikan keteladanan

Berikan keteladanan yang baik kepada anak anda. Pada bagian terakhir ini, posisi anda bukan hanya memerintahkan anak menjadi baik saja. Melainkan Anda harus memberikan contoh dan keteladanan yang baik.

Sehingga anak akan mengikuti dan paham apa yang dikerjakan oleh orangtuanya. Seperti bagaimana cara bersikap sopan santun, hormat kepada semua orang, menghargai, dan bagaimana cara menghargai semua orang dalam bermasyarakat.

Salah satu cara mendidik anak terbaik untuk menanamkan prinsip hidup adalah melalui keteladanan anda sebagai orangtuanya.

Demikianlah artikel postingan mengenai bagaimana cara mendidika anak bandel tanpa kekerasan. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum MomBaby
Buka Komentar