Skip to main content
Mom Baby

follow us

Cara Memotivasi Anak Agar Gemar Membaca Sejak Dini

MomBaby,- Cara memotivasi anak agar gemar membaca itu tidak hanya berharap saja melainkan memerlukan usaha yang dapat memaksimalkan anak agar termotivasi membaca, memotivasi anak agar suka membaca tentu memerlukan tips dan saran atau beberapa tahap sehingga apa yang diharapkan oleh orangtua pada anaknya tercapai.

Untuk memotivari anak gemar membaca sudah pasti kita harus memilih buku yang baik untuk anak dan kita tahu bahwa buku dikenal dengan istilah gudangnya ilmu, sehingga orang yang suka membaca buku biasanya memiliki wawasan yang luas. Namun, sedikit orang yang merasa senang membaca karena merasa bahwa buku itu membosankan, membuat pusing dan tidak menarik.

Padahal perasaan seperti itu bahwa buku itu membosankan, membuat pusing dan tidak menarik sebenarnya bukan karena bukunya, tapi karena memang kita dari dulu sudah tidak tertarik pada buku. Dan kita baru membuka buku jika disuruh guru atau orang tua untuk belajar, itupun seringkali dengan paksaan dan tuntutan.

Padahal buku itu sangat beragam mulai dari jenis, tampilan, pembahasan, dll. Jika kita sedari awal sudah dikenalkan kepada buku sebagai sesuatu yang menarik, maka kita justru akan terus ketagihan untuk membaca buku terlebih lagi saat kita memotivasi anak agar gemar membaca.

Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan pada orang tua jaman sekarang untuk mengenalkan dan menumbuhkan rasa cinta anak-anaknya pada buku agar wawasan pengetahuan anaknya bertambah dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Lalu pertanyaannya, kapan sih waktu yang tepat untuk mengenalkan buku pada anak? Jawabannya sangat sederhana, yaitu sedini mungkin untuk memotivasi anak agar gemar membaca.

Terkadang kita seringkali mendengar nasihat dari dokter kandungan, orangtua agar mengajak ngobrol anaknya ketika masih dalam kandungan, karena diyakini bahwa mereka dapat mendengar dan merasakan aktivitas ibu dan orang lain di dekatnya. Maka tak ada salahnya juga untuk moms mulai membacakan buku sejak anak masih dalam kandungan.

Untuk selanjutnya baru moms menerapkan langkah-langkah mengenai bagaimana cara mengenalkan buku secara nyata langsung kepada anak setelah dilahirkan, berikut ini adalah langkah-langkah yang mesti dilakukan orangtua agar anaknya kelak memiliki gudang ilmu yang banyak.

Tahapan-tahapan Memotivasi Anak agar Gemar Membaca

Ada beberapa tahapan dalam memotivasi anak agar gemar membaca buku atau sesuatu yang dapat dilakukan orangtua untuk mengenalkan buku pada anak, dan harus disesuaikan pula dengan jenis bukunya. Nah, berikut ini 6 langkah yang dapat dilakukan oleh anda untuk mulai memotivasi anak gemar membaca buku.

1. Kenalkan nama benda-benda disekitar

Biasanya anak akan mudah tertarik pada beberapa jenis mainan, binatang dan benda-benda lainnya yang seringkali ingin dia raih. Beri tahu dia nama benda atau binatang tersebut. Selain untuk mengenalkan kosa kata dan mengajarinya berbicara, ini juga menjadi langkah awal sebelum mengenalkannya pada buku.

Mungkin disekitar rumah kita terdapat berbagaimacam hewan dan benda-benda nyata lainnya, nah kita diharapkan kita mampu menyebutkan pada anak yang masih berusia dini, misalkan: itu yang ada di depan rumah mobil, ini mobil, mobil. Terus berulang-ulang kali, sehingga anak akan sepontan mengenal dan menyebutkannya ketika dia melihat di poster atau buku yang ada gambar mobil.

Nah cara lainnya pun sama, seperti memperkenalkan nama-nama hewan, benda-benda yang ada di sekitar rumah tentunya, dan jangan mengambil nama-nama hewan yang memang tidak lumrah untuk dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, anda juga dapat membawa anak ke tempat kebun binatang, nah disanalah banyak terdapat hewan-heman yang dapat dijadikan objek untuk dikenalkan kepada anak anda.

2. Tunjukkan benda-benda yang sudah dikenal dalam bentuk gambar

Sesuai dengan yang sudah disinggung pada poin pertama, yaitu setelah memperkenalkan beberapa benda-benda yang ada di sekitar anak, maka selanjutya adalah menyajikan atau menyediakan bahan bacaan seperti buku yang berisi gambar-gambar hewan.

Medianya bisa beragam, bisa melalui poster, flash card, print sendiri, atau media apapun selain buku yang bisa menunjukkan gambar benda-benda yang telah dia kenal sebelumnya, terlebih lagi sekarang ini zaman teknologi kita hanya buka internet dan perlihatkan pada anak dengan kalimat: hewan apa ini?, apa ini?, ini?, nah jika belum bisa menjawab juga tidak ada salahnya kalau kita memberitahunya dengan kalimat: ini kucing, kucing, ini kucing dan terus lakukan secara berulang kali.

Bagaimana moms, sudah kebayang kan bagaimana cara memotivasi anak agar gemar membaca kan, perlu saya sampaikan sebelum ke tahap selanjutnya bahwa pada tahap satu dan kedua ini tentu membutuhkan kesabaran dan kekonsistenan dalam memperkenalkan benda-benda yang ada di sekitar dan sering dijumpai.

3. Memberikan buku yang bergambar

Biasanya tahap ini baru bisa dilaksanakan ketika anak sudah bisa duduk, misalnya jika anak tertarik pada binatang moms bisa ajak anak untuk membuka buku pelajaran IPA kakaknya yang biasanya terdapat burung, kelinci, dan hewan-hewan lainnya.

Selain itu, moms juga harus menunjukkan gambar-gambar tersebut dengan penuh antusias sehingga anak pun akan ikut merasa antusias, misalkan dengan kalimat: Waahh.. ini apa ya? Lihat-lihat ini apa?, ini ada lagi! dan lain sebagainya.

Pada tahap ini moms bisa gunakan buku apapun asalkan terdapat gambar di dalamnya. Moms harus rutin mengajaknya mencari gambar di buku setiap harinya. Tentunya dengan menyebutkan nama dari gambar tersebut. Pancing juga anak untuk menyebutkan nama dari gambar tersebut, hal ini untuk melatihnya berbicara.

4. Bebaskan anak untuk membuka buku sekitar

Pada tahapan ini anda sebagai orangtua harus dapat membiarkan anaknya untuk membuka dan mencari sendiri gambar yang biasanya moms carikan pada tahap-tahap sebelumnya, ya paling tidak di rumah itu ada buku-buku bekas yang nantinya dapat dieksplore oleh anak.

Dan seiring berjalannya waktu nanti dia akan terbiasa dengan aktivitas yang dilakukannya dan memang kita harus sedikit berkorban karena motorik anak yang belum halus dan seringkali merusak buku yang mudah sobek.

Majalah, koran, buku catatan, dan buku-buku lain yang mudah sobek lainnya dianggap tidak terlalu penting maka biarkan saja tapi jika terdapat buku yang penting, maka alangkah baiknya untuk disimpan dan diamankan, dan yang sangat perlu diperhatikan oleh semua orangtua adalah hindarkan benda-benda tajam seperti gunting, jarum, dan benda berbahaya lainnya.

5. Fasilitasi anak dengan buku khusus

Memfasilitasi buku khusus untuknya merupakan bagian dari cara memotivasi anak agar gemar membaca, hal ini juga menjadi upaya anda dalam membentuk sikap anak yang suka akan mencari wawasan pengetahuan lebih dari buku-buku yang ada kelak semasa dewasa.

Saya sarankan buku tersebut berupa boardbook sehingga tidak mudah rusak ketika anak membuka-bukanya. Jangan lupa untuk sediakan momen setiap harinya untuk mendampingi anak membuka buku-buku tersebut.

Selain itu, anda juga dapat membacakan buku sambil memperlihatkan gambar dengan bahasa moms sendiri yang tentunya lebih mudah difahami anak, tak perlu sama dengan yang tertera di buku jika memang yang tertera dibuku kurang menarik bahasanya bagi anak. Tentunya buku pertama yang diberikan pada anak adalah buku yang full gambar dalam setiap halamannya, dengan hanya sedikit tulisan.

6. Biarkan anak anda untuk membuka-buka buku yang sudah dia miliki sendiri

Pada tahap ini anda sebagai orangtua sudah dapat memberikan kebebasan pada anak dengan cara membiarkan anak membuka-buka sendiri buku yang sudah dia miliki sendiri, yaitu buku khusus anak usia dini.

Nah, setelah anak difasilitasi buku khusus oleh orangtuanya, tentu ia akan suka dan tidak pernah jauh dari apa yang diberikan oleh kedua orangtuanya, buku khusus untuk anak dapat anda cari dimanapun.

Dia akan memahami buku melalui gambar dan penjelasan yang moms berikan. Tak masalah jika anak belum tertarik pada tulisan, karena pada tahap awal ini tujuan kita adalah untuk menanamkan dulu ketertarikannya pada buku. Sehingga ketika kita akan melangkah ke langkah selanjutnya, yaitu mengajarinya membaca maka In shaa Allah akan mudah.

Demikian cara membuat batita (balita tiga tahun) tertarik pada buku atau cara memotivasi anak agar gemar membaca sejak dini, dan anda harus yakin bahwa ini mudah, semudah mengenalkannya pada mainan, dan yakini bahwa anak itu cerdas dan faham setiap hal yang kita sampaikan. Semoga bermanfaat!

Tips dan saran cara memotivasi anak agar gemar membaca

Berikan komentar anda jika diperlukan atau silakan berdiskusi di forum blog mom and baby atau Forum MomBaby.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum MomBaby
Buka Komentar