Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Sikap Seorang Istri Terhadap Suami dalam Islam yang Perlu Anda Ketahui

MomBaby - Sikap seorang istri terhadap suaminya sangatlah diperlukan, terlebih lagi jika anda menginginkan suasana hidup yang harmonis bersama suami anda seperti mendapat perhatian, sanjungan, dan mendapatkan perhatian penuh. Sebenarnya sikap seorang suami ini sudah lama diatur dalam islam dan mungkin anda sendiri belum mengetahuinya.

Perlu saya sampaikan mengenai postingan ini bahwa diambil dari sumber yang ada dalam suatu kitab 'Uquduluzain. Baik untuk mengetahui sikap apa saja yang mesti dilakukan oleh istri terhadap suami untuk mencapai kehidupan yang bahagia, maka silahkan simak postingan ini dengan seksama.

Berikut Sikap Seorang Istri Terhadap Suami dalam Islam

1. Menuruti keinginan suami

Ketika anda sudah mencapai tingkat ini, yaitu menuruti segala keinginan suami artinya anda selama ini sebagai istri sudah dapat dikatakan taat kepada suami. Dalam islam memang seorang istri itu harus nurut atau taat kepada suami namun perlu diperhatikan juga mengenai hal ini. Karena di islam itu sendiri menyebutkan bahwa nurut atau taat disini adalah dalam menjalankan perintah suami yang diridhai Allah, artinya jika suami anda menyuruh untuk berbuat maksiat seperti menyuruh anda untuk mencuri, maka anda boleh untuk tidak melaksanakannya.

Kesimpulan pada poin ini jika anda menginginkan hidup sesuai dengan tuntunan islam, maka patuhi dan taati semua perintah serta penuhi keinginan seorang suami selagi tidak keluar dari garis yang diridhai Allah. Jangan lupa juga untuk selalu ikhlas dalam setiap melakukan aktivitas yang diperintahkan oleh suami anda.

2. Menjaga kehormatan diri

Menjaga kehormatan diri dari perbuatan maksiat ketika suami tidak ada di rumah merupakan salah satu sikap yang mesti dilakukan oleh seorang istri. Seperti halnya tidak menerima tamu laki-laki ketika suami sedang keluar rumah, hal ini dilakukan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan misalnya fitnah dari orang lain.

Termasuk memperlihatkan aurat pada orang lain pun di islam sangat tidak diperbolehkan, baik sengaja maupun tidak sengaja. Maka dari itu, disinilah pentingnya berhati-hati dalam menjaga diri dari hal-hal yang tidak disukai suami. Gunakanlah gaun yang sopan ketika anda berada didalam rumah.

3. Meminta izin

Sikap yang perlu dilakukan oleh seorang istri selanjutnya adalah meminta izin ketika hendak ingin keluar rumah. Memang hal ini terlihat biasa dan tidak perlu, akan tetapi dalam pandangan islam seperti meminta izin ini sangat dianjurkan sekali terutama bagi istri yang akan keluar rumah untuk berkunjung silaturahmi.

Ini sebagai gambaran saja, pernahkah anda mendengar kisah seorang sahabat yang pergi berperang di jalan Allah, dimana ia meninggalkan istrinya di rumah kemudian istri tersebut tidak berani keluar hingga menunggu suaminya datang kembali dari medan perang. Lalu ada kabar yang sampai kepadanya bahwa orangtua dari istri tersebut jatuh sakit dan ia tidak langsung menengoknya karena menunggu kehadiran suaminya untuk meminta izin. Hingga sampai orangtuanya meninggal dan ia pun tidak bisa menemuinya, sehingga orang yang memberi kabar tersebut melapor kepada baginda Rasul.

Ternyata jawaban rasul justru malah memuji dan orangtuanya yang meninggal tersebut dikatakan oleh baginda Rasul, bahwa dosa-dosa orangtuanya yang meninggal itu diampuni oleh Allah subhanahu wataala dikarenakan taatnya seorang istri kepada suaminya hanya sekedar menunggu izin dari suaminya. Nah, dari kisah tersebut dapat kita petik pelajaran bahwa segala sesuatu ketika kita ingin berbuat seperti keluar rumah, memakai pakaian yang cocok, berpuasa sunnah maka hendaknya meminta izin kepada suami.

4. Menundukkan kepala ketika suami berbicara

Mungkin hal ini yang jarang sekali dijumpai oleh banyak para suami terhadap sikap istrinya, yaitu menundukkan kepala ketika suami sedang berbicara atau sedang memberi arahan/ nasihat.

Dari poin yang keempat ini, diharapkan anda mampu mendengarkan nasihat dan arahan dari seorang suami juga tidak membantah bahkan sampai memotong pembicaraan suami ketika sedang memberikan nasihat. Justru ketika anda melawan dengan cara tersebut, berbaliknya pada poin pertama yaitu dapat dikatakan anda tidak taat kepada suami anda. Karena cenderung selalu ingin melawan dan merasa benar sendiri.

5. Tidak banyak menuntut

Tidak banyak menuntut seperti halnya meminta barang yang tidak sanggup suami untuk membelikannya, sikap ini juga harus dihindari bagi kaum istri. Karena pada umumnya yang namanya kemauan atau kebutuhan ini itu pasti ada, jika anda tidak bisa menahannya pasti akan protes ke suami, maka disinilah pentingnya sabar dan mengendalikan diri dari segala nafsu keinginan.

Demikianlah artikel tentang sikap seorang istri terhadap suami dalam islam yang perlu anda ketahui, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan terima kasih telah berkunjung di MomBaby.

Baca Juga: Hak-hak Suami yang Wajib Dilakukan oleh Seorang Istri

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar