5 Desain Kandang Ayam Unik dari Barang Bekas

5 Desain Kandang Ayam Unik dari Barang Bekas

Desain Kandang Ayam Unik dari Barang Bekas - Mungkin di gudang rumah Anda terdapat banyak barang bekas yang sudah tidak terpakai, daripada dibuang sia-sia alangkah baiknya Anda buat menjadi barang yang berguna. Barang bekas seperti ban mobil bekas, mobil bekas, alat bekas permainan anak, dan lain sebagainya mungkin bisa anda buat sebuah kandang ayam peliharaan di rumah Anda.

Untuk membuat desain kandang ayam unik dari barang yang sudah tidak terpakai ini tentu memerlukan imajinasi, saat menemukan barang bekas Anda bisa langsung berpikir mau dibuat apa barang tersebut. Secara tidak sadar kamu sudah melakukan imajinasi untuk mengubah barang yang sudah tidak berguna menjadi barang yang berguna.

Pada postingan kali ini blog Desain Kandang akan memberikan inspirasi buat kamu mengenai bagaimana cara memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan kandang hewan peliharaan jenis ayam. Melalui postingan ini kamu juga bisa melihat beberapa desain kandang ayam yang dibuat dari barang bekas, maka dari itu ayo kita simak baik-baik artikel ini.

Berikut Beberapa Desain Kandang Ayam Unik dari Barang Bekas

Di bawah ini beberapa gambar kandang ayam yang terbuat dari barang bekas, kamu bisa membuatnya sendiri tanpa harus memesan pada tukang pembuat kandang ayam. Desain-desain kandang yang ada di bawah memang jauh dari standar, Namun paling tidak anda bisa memanfaatkan barang bekas menjadi bermanfaat.

1. Kandang Ayam dari Mobil Pribadi

Desain kandang ayam unik dari mobil bekas

Mobil tua yang tidak lagi terpakai ternyata bisa dibuat menjadi kandang ayam, Ini merupakan salah satu ide kreatif dalam mengolah barang bekas yang asalnya tidak berguna menjadi berguna. Hanya dengan bermodal pagar kawat harmonika dan tali ripet, Anda sudah dapat memiliki kandang baru untuk hewan peliharaan ternak rumahan.

Bahan yang dibutuhkan

Berikut ini bahan yang dibutuhkan untuk membuat kandang ayam unik seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas adalah sebagai berikut.

  • Mobil pribadi yang sudah tidak layak dipakai lagi
  • Pagar kawat alumunium anti karat
  • Tali ripet ukuran 20 cm.
  • Jerami kering atau bisa menggunakan serabut kelapa (alternatif)
  • Kayu kaso/ balok kecil untuk singgahan ayam

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan ban mobil bekas sebagai sarang untuk jenis ayam peliharaan yang dimiliki. Cukup menaruh jerami di dalamnya, Ayam peliharaan anda pun dijamin siap untuk bertelur didalamnya dengan nyaman.

Sarang ayam dari barang bekas, desain kandang ayam unik dari barang bekas

2. Kandang dari Mobil Polisi

Desain Kandang Ayam Unik dari Mobil Polisi Bekas

Jika anda seorang polisi tentu barang-barang bekas digudang kantor polisi sangat banyak sekali tersimpan kendaraan-kendaraan yang sudah tidak layak digunakan. Kesempatan anda untuk meminta izin kepada komandan agar bisa memanfaatkan barang bekas tersebut.

Selain menjalani tugas, anda juga bisa berternak hewan dengan desain kandang yang sangat sederhana, terlihat enak dipandang mata. Mungkin setelah itu, karya anda akan viral di publik bahwa itu adalah inovasi yang patut untuk dicontoh oleh masyarakat.

Bahan yang dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat desain kandang ayam unik sesuai dengan gambar yang ada di atas adalah sebagai berikut.

  • Pagar kawat alumunium putih
  • Kayu balok ukuran kecil
  • Paku ram
  • Kayu panjang untuk singgahan ayam
  • Jerami kering
  • Kayu papan

Anda juga bisa menambahkan tempat sarang ayam dari bahan bekas yang ada, seperti kotak bekas barang atau ban bekas mobil yang sudah tidak terpakai lagi.

3. Kandang dari Mobil Pick Up

Desain kandang ayam unik dari mobil pick up bekas

Kalau sebelumnya anda disajikan beberapa gambar desain kandang dari mobil pribadi bekas dan mobil polisi seperti di atas. Nah, kali ini terlihat kandang ayam yang sangat mewah juga elegant dan pastinya orang yang membuatnya itu sudah memanfaatkan mobil pick up kuno ini menjadi sebuah kandang ayam miliknya.

Untuk membuat jenis kandang seperti ini membutuhkan seorang arsitektur yang handal dalam urusan pembangunan. Terkecuali jika Anda adalah salah satu orang yang sudah ahli dalam membuat kandang ayam sesuai dengan desain yang ada.

Jika kita perhatikan desain kandang ayam unik ini tergolong kedalam jenis kandang semi umbaran, yaitu terdapat dua bagian. Pertama bagian kandang ayam dan kedua bagian umbaran, bagian kandang tempat dimana ayam berteduh dan istirahan tengah malam. Pada bagian daerah umbaran, dimana ayam bergerak bebas mencari makanan yang ada di sekitar kandang.

Biaya untuk membuat kandang ayam unik seperti ini diperkirakan tidak sampai 70 dolar atau sekitar 1 juta. Ini tidak termasuk biaya sewa tukang dan kuli, dan juga biaya makan sehari-hari. Terlebih lagi jika Anda memang bagian dari ahli kayu yang tidak perlu membutuhkan tukang bangunan.

4. Kandang Ayam dari Ayunan Bekas

Desain kandang ayam unik dari ayunan bekas

Melihat gambar di atas mungkin terbayang masa kecil yang bermain ayunan bersama teman sebaya anda sewaktu kecil, tidak menutup kemungkinan barang tersebut masih utuh. Mungkin saja permainan tersebut sudah menjadi barang yang sudah tidak lagi terpakai.

Nah, ini kesempatan anda untuk memulai memelihara jenis ayam dengan memanfaatkan ayunan yang sudah tidak terpakai menjadi desain kandang ayam yang diharapkan. Bahan- bahan yang dibutuhkan untuk membuat kandang ayam seperti pada gambar adalah pagar kawat ram dan tali ripet.

Anda juga bisa memanfaatkan barang bekas lainnya sebagai media sarang ayam untuk bertelur, Seperti wadah tempat botol minuman kaca atau barang bekas yang berbentuk kotak lainnya. Hanya dengan bermodal jerami kering, tentu ayam akan merasa nyaman saat bertelur.

Sarang ayam dari wadah bekas, desain kandang ayam unik

5. Kandang Ayam dari Tempat Telpon Umum

Desain kandang ayam unik dari tempat telpon umum bekas

Di luar negeri tempat telpon umum ini yang sudah tidak terpakai lagi suka dibuat menjadi sebuah barang yang berguna, salah satunya adalah untuk dijadikan kandang ayam peliharaan. Kalau kita perhatikan dari gambarnya masih terlihat bagus, padahal itu sudah kuno hanya saja dimodifikasi sedemikian rupa.

Pada umumnya semua barang bekas yang memiliki ukuran besar dan punya ruang yang cukup itu bisa dijadikan sebuah bangunan baru sesuai keinginan, Seperti halnya memanfaatkan barang bekas yang sudah tidak terpakai menjadi barang baru. Bisa dengan membuat kandang ayam untuk hewan peliharaan sendiri dan keperluan lainnya. Intinya dari pada barang bekas tersebut dibuang sia-sia, lebih baik dijadikan sebuah produk yang ada manfaatnya.

Demikianlah postingan tentang desain kandang ayam unik yang terbuat dari barang bekas, Semoga artikel ini memberikan inspirasi buat Anda untuk membuat berbagai macam jenis kandang ayam yang lebih kreatif lagi.

Posting Komentar untuk "5 Desain Kandang Ayam Unik dari Barang Bekas"