Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Cara Mengatasi Anak yang Tantrum di Tempat Umum

Cara Mengatasi Anak yang Tantrum - Tantrum adalah bagian dari ekspresi anak terhadap orangtuanya yang ditandai dengan tidak bisa diam, merengek, bahkan sampai menangis dan teriak-teriak. Baik di tempat umum/ ramai atupun di tempat sepi seperti rumah, hal ini menandakan adanya keinginan seorang anak yang ingin segera dipenuhi oleh orangtuanya.

Pernahkah anak anda mengalami tantrum di tempat umum? Ya, si anak menangis sambil teriak-teriak di tempat umum. Tentu anda sebagai orangtua pastinya merasa tidak nyaman jika hal tersebut terjadi pada anak anda.

Yuk kita sharing Moms dengan menjawab artikel ini. Sesuatu apa yang anda lakukan ketika anak mengalami tantrum? Semoga jawaban Mom dan kawan sekalian dapat memberikan pengalaman baru buat moms lain yang sedang mencari tahu.

Namun sebelumnya belajar dari pengalaman yang pernah saya lihat, bahwa ada seorang ibu yang membawa anaknya pada suatu tempat yang ramai seketika anaknya menangis karena menginginkan seauatu yang ia inginkan namun orangtuanya melarang untuk memberikannya.

Penyebab Tantrum pada Anak

  • anak mau pipis
  • anak menginginkan sesuatu
  • anak mau tidur
  • anak ingin makan/ minum
  • anak sedang lapar
  • anak sudah pup di pempes
  • anak sedang sakit

Jika anak anda mengalami tantrum di tempat umum atau berada dimanapun, maka silahkan identifikasi dari beberapa faktor penyebab yang ada di atas.

Apa yang harus dilakukan orangtua agar anak mau diam saat tantrum di tempat umum?

Salah satu yang bisa anda lakukan saat anak tantrum di tempat umum adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Bawa anak anda ke tempat yang lebih sepi dan tenang.

Nah, jika anak tantrum karena ingin permainan baru, kemudian anda tidak memiliki uang untuk membelikannya maka segera alihkan perhatiannya pada suasana baru. Terlebih lagi jika anda memang sultan, jika anak tantrumnya dikarenakan ingin mainan baru yang baru dilihatnya maka segera untuk dibelikan. Hal ini biasanya anak langsung diam saat keinginannya terpenuhi.

Empat Sikap Orangtua yang Harus Dilakukan Saat Anak Tantrum di Tempat Umum

  1. tenang dan jangan terbawa emosi saat anak mengalami tantrum seperti nangis, rewel, berontak, dan lain sebagainya.
  2. minta maaf pada semua orang yang ada disekitar saat anak sedang tantrum dan pergi ke belakang atau ke tempat lain untuk mengalihkan perhatian anak.
  3. bersikap tegas dan memberikan pemahaman pada anak jika diperlukan
  4. hindari memberikan tontonan pada anak melalui gadget, ini ada hubungannya dengan pengaruh gadget pada seorang anak.

MUNGKIN KAMU SUKA ARTIKEL INI

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar