Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Penanganan Speech Delay pada Anak

Penanganan speech delay pada anak - Sepeech delay merupakan gangguan yang bisa saja terjadi pada seorang anak usia dini. Pada kondisi ini, si anak mengalami keterlambatan bicara di usia anak normal pada umumnya.

Agar anak tidak mengalami speech delay, maka diperlukan penanganan speech delay pada anak secara khusus. Namun sebelumnya perlu diingat kapan anda sudah bisa menyimpulkan bahwa anak anda mengalami Speech Delay?

Maka dari itu, ketahuilah penyebab dan gejala awal terjadinya speech delay pada anak anda mulai dari sekarang sehingga anda dapat mengetahui bagaimana cara penanganannya.

Penyebab Terjadinya Speech Delay pada Anak

Salah satu yang menjadi faktor peyebab terjadinya speech delay pada anak adalah sebagai berikut

1. Pola Asuh yang tidak terkontrol

Pola asuh anak yang tidak terkontrol bisa menjadi faktor penyebab terjadinya speech delay pada anak. Seerti halnya orangtua yang berada di masa teknologi zaman sekarang yang memberikan gadget atau tontonan pada anaknya dengan harapan anak tidak rewel dan orangtuanya pun bisa fokus dengan pekerjaannya.

Ketahuilah secara tidak sadar bahwa Anda telah berbuat kesalahan dalam mendidik anak diusia dini. Karena anak tidak pernah mau untuk berbicara bahkan anak akan cenderung diam dan asyik melihat gerak gambar yang ada di layar ketimbang mau bicara.

2. Pengaruh Gadget atau teknologi

Gadget sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan seorang anak di era digital ini. Tentu orangtua tidak mau anaknya ketergantungan pada gadget atau teknologi yang ada.

Oleh karena itu, jika anda ingin mengubah kepribadian anak menjadi lebih baik, maka mulailah dari sejak dini jangan sekali-kali memberikan gadget atau tontonan pada anak.

Bagaimana jika sidah terlanjur dan anak pasti menangis bila gadgetnya diambil? Moms, ketahuilah anak menangis itu bagian dari dunianya dan ini sudah menjadi hal yang biasa. Jika anda tidak mau anak berhenti dari rengekan dan tangisannya berarti anda gagal menjadi orangtuanya. Sebab sikap yang benar dilakukan oleh orangtua terhadap anaknya itu harus tegas dan tidak ragu dalam memutuskan perkara.

3. Kurang komunikasi dengan anak

Seriap orangtua pasti memiliki kesibukan yang berbeda-beda, Kesibukan ini tentu membuat anak kurang diperhatikan yang seharusnya komunikasi bersama anak ini terjaga dengan baik bahkan justru sebaliknya. Maka tidak heran jika anda berbicara pada anak jarang didengar dan cenderung untuk bersikap acuh pada anda sendiri.

4. Anak semasa kecilnya tidak diajak bicara

Anak yang semasa kecilnya tidak pernah diajak bicara atau diberikan stimulus berupa latihan untuk merespon kata-kata dari orang lain, ini menjadi faktor penyebab terjadinya speech delay pada anak. Saya tahu anda seorang yang disibukkan dengan urusan kantor tapi paling tidak anda luangkan waktu untuk bercakap bersama si kecil.

5. Lingkungan yang beragam bahasa

Beragam bahasa yang ada disekitar lingkungan anda tentu membuat anak merasa kesulitan dalam memahami kata-kata. Maka dari itu tentukan satu bahasa terlebih dahulu sebelum mengajarkan atau mengajak anak untuk bicara dengan bahasa lain, yang penting secara bertahap karena segala sesuatu itu memerlukan proses yang cukup panjang.

Tanda-tanda Speech Delay pada Anak

Kapan anak dikatakan speech delay?

Anda sebagai orangtua harus waspada terhadap anaknya, Apabila ditemukan tanda-tanda seperti berikut.

  • di usia 3-4 bulan anak tidak merespon saat dipanggil oleh orangtuanya
  • di usia 1 tahun anak belum bisa berkata, seperti "mama", "papa", dan kata-kata sederhana lainnya.
  • di usia 18, anak belum bisa memahami perintah sederhana dari orangtuanya. Misalnya dengan kata-kata boleh, iyah, jangan, dan tidak.

Jika tanda-tanda di atas dialami oleh anak Anda, maka anda wajib untuk segera konsultasikan bersama dokter spesialis anak. Karena kemungkinan besar anak anda mengalami speech delay atau keterlambatan bicara.

Apakah anak yang mengalami speech delay bisa sembuh?

Tentu saja bisa, namun diperlukan beberapa metode stimulasi dan terapi atau berupa penanganan speech delay pada anak secara khusus. Jika tidak, mungkin memerlukan waktu yang cukup lama agar anak mulai bisa bicara atau berkomunikasi dengan orang lain.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Speech Delay pada Anak yang Belum Banyak Diketahui

Penanganan Speech Delay pada Anak

Sebenarnya masih banyak yang menjadi faktor penyebab terjadinya speech delay pada anak. Yang jelas cepat atau lambat orangtua harus dapat menyikapi dengan serius dan mengetahui bagaimana metode penanganannya.

Untuk itu, orangtua yang memiliki anak yang mengalami speech delay dituntut untuk dapat memberikan stimulus atau melatih kemampuan bicara anak dengan beberapa metode. Seperti membiasakan mengajak anak untuk berbicara, meluangkan waktu untuk bermain, bernyanyu, dan atau bercerita bersama si kecil. Hal ini bertujuan agar si kecil mau merespon apa yang kita ucapkan padanya, sehingga anak mau berkomunikasi bersama orangtuanya.

MUNGKIN KAMU SUKA ARTIKEL INI

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar