Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur

Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur - Kondisi bayi yang dilahirkan sebelum waktunya sering sekali terjadi pada seorang ibu. Tentu saja anda yang saat ini sedang hamil tidak bisa menolak kondisi tersebut bisa saja terjadi pada anda, Hal ini dikarenakan kita tidak bisa memprediksi seorang ibu bakal lahir normal atau tidak dari sejak awal kehamilan. Namun demikian, Anda masih ada waktu kok untuk mencegah terjadinya kondisi seperti ini dikemudian hari. Agar lebih jelas, silakan simak postingan ini mengenai beberapa cara untuk mencegah bayi lahir prematur.

Beikut Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur

Kondisi bayi yang lahir prematur ini, Sebenarnya dari dulu belum bisa dipastikan penyebabnya. Karena kelahiran prematur tersebut tidak terlepas dari masalah yang didapat sehari-hari. Misalnya infeksi pada rahim, air ketuban yang tidak normal, kelainan pada serviks yang tidak normal, dan lain-lain.

Jadi, tidak ada kepastian yang jelas mengenai faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab seorang ibu melahirkan anaknya secara prematur. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa kok melakukan beberapa cara berikut untuk mengurangi risiko terjadinya kelahiran prematur.

1. Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan agar tetap ideal merupakan salah satu cara mencegah bayi lahir prematur. Sebenarnya pada poin ini dapat dilakukan pada saat Anda dan pasangan akan menjalankan program hamil, Sebab jika dilakukan saat kondisi hamil tentu tidak efektif.

Berikut ini adalah tabel bbi yang bisa menjadi patokan menjaga berat badan anda agar tetap ideal.

Tabel Berat Badan
Tinggi (cm) Kecil (kg) Sedang (kg) Besar (kg)
147 42-45 44-45 47-54
150 43-46 45-50 48-56
152 44-47 46-51 50-58
153 45-49 47-53 51-59
157 46-50 49-54 52-60
160 48-51 50-56 54-61
162 49-53 51-57 55-63
166 51-54 53-58 57-65
168 52-56 55-61 58-66
170 54-58 56-63 60-68
173 56-60 58-65 62-70
176 57-61 60-67 64-72
178 60-64 62-70 66-74
180 61-66 64-71 67-76
183 63-67 66-72 70-79

Melihat data tabel di atas, Jika berat badan anda tidak ideal misalkan berlebihan berat badan, Tentu dengan berolahraga saja tidak cukup. Melainkan anda harus dapat mengganti menu makanan yang biasa dimakan sehari-hari. Sebagai rekomendasi ganti nasi beras biasa dengan nasi beras merah, tinggalkan kebiasaan mengemil dimalam hari, makan sebelum tidur juga mesti dihindari. Kebiasaan-kebiasaan itulah yang membuat berat badan tidak terkontrol.

Jadi, sekali lagi silakan semuanya diporsir oleh anda bisa dengan membuat jadwal secara pribadi, seperti kapan saatnya kamu makan, kapan bergerak, dan kapan waktunya melakukan aktivitas-aktivitas lainnya.

2. ber-Olahraga

Lakukanlah olahraga secara rutin namun tidak berlebihan, Jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga ringan. Seperti yoga, senam ibu hamil, berjalan kaki, dan berenang. Faktanya jenis olahraga tersebut dapat mengurangi terjadinya risiko lahir bayi prematur.

Namun, perlu diperhatikan seringan apapun jenis olahraga yang telah disebutkan tadi alangkah baiknya jika konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan atau dokter obgyn anda.

Setelah itu, buatlah jadwal kegiatan olahraga yang dapat disesuaikan dengan kegiatan-kegiatan lainnya.

Berikut adalah tips, jadwal, waktu, dan kegiatan olahraga yang bisa kamu lakukan sebagai cara mencegah bayi lahir prematur.

  • Lakukan olahraga secara rutin, misalnya seminggu dua atau tiga kali. Sesuaikan dengan aktivitas Anda lainnya.
  • Lakukan olahraga dalam waktu tidak lebih dari 30 menit.
  • Biasakan untuk melakukan pemanasan kelenturan bentuk olahraga bumil.
  • Minumlah yang cukup sebelum memulai kegiatan olahraga.
  • Hindari makan berlebihan saat mau melakukan aktivitas senam dan lain sebagainya.
  • Porsir tingkat kelelahan anda, artinya jangan terlalu cape dan memaksakan diri dimana saat melakukan beberapa aktivitas.
  • Berheti atau akhiri kegiatan olahraga seperti senam, renang, atau yoga jika Anda mengalami rasa yang berbeda pada kondisi badan.

3. Konsultasi kehamian

Konsultasikan waktu kehamilan anda dengan dokter secara rutin. Namun apabila ada kontraksi yang terjadi bukan pada waktunya misalnya diusia kandungan 8 bulan Mums serasa ingin melahirkan dengan ditandai perut kencang yang biasa dialami oleh bumil pada saat usia kehamilan trimester tiga akhir, Maka segeralah untuk datang dan konsultasikan dengan dokter obgyn Anda.

Karena sikap anda yang mendatangi dokter, bertanya, konsultasi dengan dokter spesialis kandungan saat mengalami kontraksi yang bukan pada waktunya merupakan salah satu bentuk cara mencegah bayi lahir prematur.

4. Terapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga merupakan bagian dari cara mencegah bayi lahir prematur. pola hidup sehat ini adalah gaya hidup seseorang yang memperhatikan semua kondisi kesehatan, Tidak hanya pola makanan yang diatur melainkan kebiasaan dalam menjalani olahraga juga perlu diperhatikan dan dijalani untuk memenuhi pola hidup sehat.

Faktanya dari sekumpulan ibu yang melahirkan bayi prematur, sebagian besar dari mereka yang tidak menerapkan pola hidup sehat. Jadi, Mums harus dapat mengubah kebiasaan buruk menjadi baik. Misalnya sering melakukan olahraga, senam, berenang, dan memilih makanan yang memiliki gizi yang baik.

Nah, itulah informasi mengenai cara mencegah bayi prematur yang dapat moms lakukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya, kemudian cari tahu semua informasi tentang anak dan bunda di blog MOM AND BABY juga tanyakan sesuatu jika diperlukan.

MUNGKIN KAMU SUKA ARTIKEL INI

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar