Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

Setting Robot TXT Blogger [Terbaru dan Paling Aman]

Masalah yang sering dialami oleh para blogger adalah artikel lama terindeks google, Nah agar artikel cepat terindeks oleh google, Maka diperlukan penyettingan khusus pada robot txt. Cara Setting Robot TXT Blogger yang terbaru dan paling aman, Belum begitu banyak diketahui oleh para blogger.

Perlu diketahui ada dua kalimat yang menjadi sorotan menarik pada artikel ini, yaitu TERBARU dan PALING AMAN. Kata Terbaru artinya masih sedikit yang menggunakan, sedangkan kata Paling Aman artinya blog anda akan aman dari kompotitor (blog anda tidak bisa dirayapi oleh tool SEO seperti Ahrefs, SemrushBot, dan lain-lain).

Berikut Cara Setting Robot TXT Blogger yang Terbaru dan Paling Aman

  1. Masuk ke blog sobat.
  2. Pilih settings/ setelan pada dashboard blog sobat
  3. Scroll kebawah dan aktifkan robot TXT kustom
  4. Kemudian silakan isi robots.txt kustom dengan kode Spoiler di bawah ini:
  5. Spoiler:

    Hint

    
    User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow:

    User-agent: Googlebot
    Allow: /

    Disallow: /search
    User-agent: *
    Disallow: /

    Sitemap: https://www.blogmomandbaby.com/sitemap.xml

    Ganti domain blogmomandbaby dengan nama domain blog sobat, Selanjutnya pilih simpan.

  6. Tunggu beberapa hari untuk melihat perubahan Robot TXT, Silakan pantau terus di Robots Testing Tool. Jika sudah berubah, Baru ke tahap selanjutnya. Yaitu:
  7. Lakukan pengujian dari salah satu tools SEO, Misalnya saya akan menguji domain blog sobat dengan menggunakan AhrefsBot yang biasa digunakan oleh kompetitor. Baik kembali lagi pada topik bahasan, Untuk pembuktikan silakan masukkan domain sobat pada Tool AhrefsBot lalu pilih Check, Tunggu sebentar dan jika berhasil maka kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini.
  8. Dilihat dari gambar pada bagian status tertulis keteranagan "robots.txt rules disallow crawl", yang artinya kurang lebih bahwa robots.txt melarang kompetitor untuk merayapi blog kita.

    Mungkin kamu bertanya, buat apa sih BAng kompetitor merayapi blog kita? Heh loe dasar Blogger KAMPRET (kata bang Indra), Mereka itu mau liat posisi keyword, backlink, trafik, dan target SEO lainnya di blog loe. Emangnya loe mau apa, blognya dirayapi ama mereka?. Jelas engga kan?. Udah deh, kalo loe mau aman ikutin cara gue ini. Sengaja gua buat tulisan seperti nie biar kompetitor lain yang suka main di SEO itu pada nangis setelah mengetahui postingan ini.

Nah itulah rentetan mengenai bagaimana cara setting robot txt blogger terbaru dan paling aman yang saya bagikan juga bisa kamu coba. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.

MUNGKIN KAMU SUKA ARTIKEL INI

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar