Hukum Bacaan Idgham Bighunnah dan Idgham Bilaghunnah

Hukum bacaan idgham merupakan salah satu ilmu tajwid yang memberikan pemahaman dan harus dipelajari oleh setiap orang muslim sebelum membaca Al-Qur'an.

Sebelum membaca quran dengan baik dan benar dapat diawali dengan belajar ilmu tajwid terlebih dahulu. Sebab ilmu tajwid sangat membantu dalam pelafalan dan tuntunan cara baca ayat-ayat quran. Hal ini agar tidak terjadi kesalahan dalam pelafalan setiap bacaan.

Para ulama sepakat bahwa mempelajari ilmu tadjwid berikut pengamalannya ini hukumnya wajib.

Salah satu hukum bacaan tadjwid adalah idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah. Untuk lebih jelasnya, silakan kamu simak penjelasan di bawah ini.

Definisi, Apa itu Idgham?

Bacaan idgham merupakan pembahasan kedua dari materi ilmu tajwid yang berjudul Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin, dimana jika nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf idgham baik itu idgham bighunnah atau idgham bilaghunnah, maka nun sukun atau tanwin dibacanya harus dimasukkan pada huruf idgham.

Idgham artinya memasukkan nun sukun atau tanwin kedalam salah satu huruf idgham. Huruf idgham semuanya ada enam, yaitu Ya (ي), Ra (ر), Mim (م), Lam (ل), Wau (و), dan Nun (ن) dapat disingkat menjadi kalimah YARMALUUNA. Semua huruf idgham tersebut juga dapat diuraikan sebagai berikut.

ي ـ ر ـ م ـ ل ـ و ـ ن

Dari keenam huruf tersebut telah dibagi menjadi dua hukum bacaan idgham, yaitu idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah. Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa poin mengenai huruf idgham bighunnah dan bilaghunnah di bawah ini.

Berikut Huruf Idgham Bighunnah dan Idgham Bilaghunnah

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa bacaan idgham ini dibagi menjadi dua bagian yaitu idgham bigunnah dan idgham bilagunnah. Masing-masing memiliki huruf yang berbeda-beda.

Hukum Bacaan Idgham Bighunnah

Makna dari bacaan idgham bigunnah ini adalah menyembunyikan hukum nun sukun atau tanwin, cara membacanya dengan memasukkan huruf sesudahnya dan dibaca dengung.

Jadi, sekali lagi cara membaca hukum bacaan idgham bighunnah adalah memasukkan nun sukun atau tanwin menjadi satu huruf yang ada atau sesudahnya, yakni (ي), (و), (م), dan (ن).

Dari keenam huruf idgham yang sudah disampaikan di atas, maka perlu diingat bahwa huruf idgham bighunnah ada empat yaitu Ya (ي), Wau (و), Mim (م), dan Nun (ن).

Disebut idgham bighunnah jika nun sukun atau tanwin berhadapan dengan salah satu huruf idgham bighunnah, maka cara membacanya harus dimasukkan dengan mendengungkan suara.

Contoh Bacaan Idgham Bighunnah

Berikut contoh bacaan idgham bighunnah beserta penjelasannya.

Pada kalimah nomor satu, terlihat bahwa nun sukun sedang bertemu dengan huruf Ya (ي), huruf ini meerupakan bagian dari huruf igham bighunnah, maka hukum bacaan kalimah tersebut adalah hukum idgham bighunnah. Cara membacanya mendengungkan suara dengan dibaca iyyaquuluu.

Contoh bacaan idgham bighunnah lainnya sebagai berikut,

Bacaan Idgham Bighunnah (Nun Sukun/mati)

Bacaan Idgham Bighunnah (Nun Sukun/mati)
Contoh Keterangan
فَمَنْ يَعْمَلْ Nun sukun نْ bertemu dengan mim م
فَلَنْ نَّزِيدَكُمْ Nun sukun نْ bertemu dengan nun ن
اَنْ يَتُوْبُ Nun sukun نْ bertemu dengan yaa ي
نَكُنْ مَعَكًمْ Nun sukun نْ bertemu dengan huruf mim م
عَنْ نَفْسِهِ Nun sukun نْ bertemu dengan nun ن
مَنْ وُّجِدَ Nun sukun نْ bertemu dengan wau و
لِمَنْ يَرَى Nun sukun نْ bertemu dengan yaa ي
مِنْ وَرَائِهِمْ Nun sukun نْ bertemu dengan haraf wau و
مِنْ ناَصِرِيْنَ Nun sukun نْ bertemu dengan nun ن
مَنْ نَشَاءَ Nun sukun نْ bertemu dengan hutuf nun ن

Bacaan Idgham Bighunnah (Tanwin)

Bacaan Idgham Bighunnah (Tanwin)
Contoh Keterangan
قُوَةٍ وَلاَ Kasroh tanwin (ـٍ) bertemu dengan wawu (و)
لِقَوْمٍ يُوْقِنُوْنَ Kasroh tanwin (ـٍ) bertemu dengan yaa (ي)
نَفْسٍ وَّمَا Tanwin kasroh (ـٍ) bertemu dengan wawu (و)
عَابِدٌ مَّا Tanwin dhomah ( ـٌ ) bertemu dengan huruf mim (م)
وُجُوْهٌ يَوْمَئِذٍ Tanwin dhomah ( ـٌ ) bertemu dengan huruf yaa (ي)
عَذاَبٌ وَاصِبٌ Tanwin dhomah ( ـٌ ) bertemu dengan wawu (و)
وُجُوْهٌ يَوْمَئِذٍ Tanwin dhomah ( ـٌ ) bertemu dengan huruf yaa (ي)
لَهَبٍ وَتَبَّ Tanwin kasroh (ـٍ) bertemu dengan wawu (و)
جُوْعٍ وَّاٰمَنَهُمْ Tanwin kasroh (ـٍ) bertemu dengan huruf wau (و)
سِدْرٍ مَّخْضُودٍ Tanwin kasroh (ـٍ) bertemu dengan huruf mim (م)

Untuk keterangan lainnya, anda bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti cara yang ada pada keterangan kalimah nomor satu di gambar dan caranya pun tidak jauh berbeda dengan yang lainnya.

Hukum Bacaan Idgham Bilaghunnah

Idgham bilaghunnah merupakan kebalikan dari bighunnah, yakni memasukkan huruf Nun Sukun/Mati atau Tanwin kedalam huruf sesudahnya tanpa disertai dengan suara dengung.

Huruf idgham bilaghunnah ada dua yaitu Lam (ل) dan Ra (ر).

Disebut idgham bilaghunnah jika nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf tersebut, maka cara membacanya harus dimasukkan tanpa harus mendengungkan suara.

Contoh Bacaan Idgham Bilaghunnah

Berikut contoh bacaan idgham bilaghunnah beserta penjelasannya.

Perhatikan nomor satu pada gambar di atas, menunjukkan bahwa kalimah Yuba yillana terdapat nun sukun yang bertemu dengan huruf idgham bilaghunnah, yaitu Lam (ل).

Selain itu, pada nomor dua juga menunjukkan bahwa nun sukun bertemu dengan huruf Ra (ر), yang merupakan bagian dari salah satu huruf idgham bilaghunnah sehingga cara membacanya adalah Mirrabbihim terdengar seolah-olah tidak ada huruf nun sukun dan tanpa adanya dengungan dari suara.

Selanjutnya kita lihat nomor tiga pada gambar di atas, ditunjukkan bahwa fathatain bertemu dengan huruf Lam (ل). Maka dapat disimpulkan hukum bacaan pada kalimah tersebut adalah idgham bilaghunnah.

Dan terakhir, dilihat dari kalimah pada bagian keempat bahwa Dhammatain bertemu dengan huruf Ra (ر), dimana kita tahu bahwa huruf tersebut merupakan bagian dari huruf idgham bilaghunnah dan anda sudah dapat menyimpulkan sendiri terkait hukum bacaannya.

Contoh bacaan idgham bilaghunnah lainnya sebagai berikut,

Bacaan Idgham Bilaghunnah (Nun Sukun/mati dan Tanwin)

Idgham Bilaghunnah
Contoh Keterangan
يَكُنْ لَهُ Nun sukun/mati نْ bertemu dengan haraf Lam (ل)
خَيْرٌ لَّكَ Tanwin dhomah ( ـٌ ) bertemu dengan haraf Lam (ل)
فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ Tanwin dhomah ( ـٌ ) bertemu dengan haraf Lam (ل)
أَكْلًا لَمًّا Tanwin Fathah (ــًـ) bertemu dengan Lam (ل)
وَقِيْلَ مَنْ ۜرَاقٍۙ Nun sukun نْ bertemu dengan Ra (ر)
اَنْ رَّاٰهُ اسْتَغْنٰى Nun sukun نْ bertemu dengan Ra (ر)
يَوْمَئِذٍ لَّخَبِيرٌ Tanwin kasroh (ـٍ) bertemu dengan Lam (ل)
مَالًا لُّبَدًا Tanwin Fathah (ــًـ) bertemu dengan Lam (ل)

Sudah Paham Hukum Bacaan Idgham Bighunnah dan Idgham Bilaghunnah?

Bagaimana kawan, sekarang sudah paham bukan? Apa itu hukum bacaan idgham dan huruf idghsm ada berapa berikut dengan contoh bacaanya.

Idgham dibagi dua, ada idgham bighunnah dan ada juga idgham bilaghunnah. Semuanya ada enam, keenam huruf ini terbagi lagi kedalam pembagian hukum bacaan idgham yang sudah dibahas sebelumnya.

ikianlah artikel mengenai hukum bacaan idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah, semoga artikel ini memberikan informasi penting buat kamu yang sedang mempelajari ilmu tajwid.