Skip to main content
MOM AND BABY

follow us

12 Cara Alami Menurunkan Demam pada Anak beserta Obatnya

Penurun panas anak alami - Demam adalah salah satu kondisi dimana suhu badan anak mengalami kenaikan. Kondisi ini bisa terjadi ketika suhu tubuh berada di atas normal atau lebih dari 37 oC.

Selain itu kondisi ini bisa ditandai dengan beberapa gejala, seperti panas, sakit kepala, berkeringat dingin, muntah-muntah baik pada malam hari maupun siang hari dan termassuk menggigil juga.

Banyak orangtua yang mengalami kebingungan mencari solusi atau cara menangani anaknya yang sedang demam tinggi terutama dimalam hari, Nah berikut ini adalah beberapa cara penurun panas anak alami yang bisa Moms lakukan saat anak mengalami demam.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang demam secara alami dan cara ini pastinya bisa dilakukan di rumah tanpa harus datang ke tempat khusus.

Cara Alami Menurunkan Demam Anak

Beberapa cara penurun panas anak alami yang bisa orang tua lakukan dalam menangani anaknya yang sedang demam tinggi dan bahkan bisa dilakukan di rumah ini adalah salah satu cara yang direkomendasikan para dokter saat anak alami demam.

Istirahatkan Anak

Penurun panas anak alami yang pertama adalah mengurangi aktivitas hariannya dengan cara istirahat. Oleh karena itu, beristirahat merupakan cara pertama dalam mengatasi demam pada anak yang dinilai ampuh.

Terkadang, setiap anak tidak bisa diam saat dirinya sedang demam seperti tantrum, rewel, menangis, dan lain-lain. Padahal kondisi seperti itu, mereka perlu beristirahat sampai demamnya benar-benar turun.

Banyak cara agar anak mau istirahat/tidur di rumah, salah satunya bisa membacakan cerita supaya ia bisa beristirahat dengan baik. Cara ini dapat menurunkan demam anak secara alami tanpa menggunakan obat penurun panas yang ada di toko-toko.

Sediakan Air Hangat untuk Mandi

Penurun panas anak alami selanjutnya adalah memandikan anak dengan air hangat. Cara ini dianggap sebagai cara untuk mengatasi anak demam yang cukup efektif.

Perlu diketahui bahwa fakta air hangat dapat dipercaya menurunkan demam anak secara alami. Ada cara lain jika anak tidak mau mandi, yaitu Moms bisa memberikan kompres hangat di bagian keningnya untuk meredakan demam yang dialami si anak.

Cara berendam air hangat ini juga cukup mudah, hanya dengan menyiapkan air hangat dalam bak mandi untuk anak. Kemudian ajak anak untuk berendam selama kurang lebih 20 menit.

Ketika air menguap dari kulitnya, maka hal ini dapat menurunkan suhu tubuhnya. Perlu diingat Moms, jangan gunakan air dingin karena air dingin ini dapat menyebabkan suhu tubuh anak meningkat.

Kontrol Aktivitas Minum Anak

Cara penurun panas anak alami lainnya adalah mengontrol aktivitas minum anak. Air putih dipercaya sebagai minuman alami yang bisa membantu dalam menurunkan demam anak.

Dengan meminum air putih yang cukup pada saat anak mengalami demam dapat dikontrol oleh orang tuanya. inilah sebabnya kenapa mengontrol aktivitas minum anak ini sebagai cara penurun panas anak alami paling efektif yang bisa dilakukan dimana saja.

Namun kenyataannya bahwa meminta anak untuk minum air putih ini terkadang menjadi tantangan bagi orangtua. Sebab mereka, seorang anak rata-rata tidak begitu menyukainya terkadang bisa membuat mereka mual dan lain sebagainya.

Maka dari itu, kita sebagai orangtua harus dapat memilih cairan lain yang mungkin lebih menarik perhatian anak untuk meminumnya. Intinya hal ini dilakukan agar anak yang demam dapat terhindar dari dehidrasi selama demamnya.

Sebagai contoh, anda bisa memberikan anak makanan jenis sup kesukaan seperti menghidangkan sayur sup ayam, jus buah, dan aneka minuman jus lainnya.

Jaga Suhu Tubuh Anak

Selain mengontrol aktivitas minum anak, cara penurun panas anak alami lainnya adalah dengan menjaga suhu tubuh anak seperti memberinya jenis minuman hangat alami, yaitu air jahe.

Perlu diketahui bahwa jahe ini memiliki mengandung senyawa antibakteri yang dapat menurunkan demam/panas anak.

Cara penyajiannya juga cukup mudah, Moms hanya membutuhkan sedikit jahe yang sudah dipotong-potong dan merebusnya dalam panci serta menambahkan madu sebanyak satu sdm. Maka dari itu, perlu usaha ekstra agar anak mau meminumnya.

Obat Penurun Panas Anak yang Bagus dan Alami

Selain dengan menggunakan cara menurunkan panas anak secara alami seperti di atas, Anda juga bisa menggunakan obat herbal lainnya yang dianggap bisa menurunkan demam anak.

Namun, menggunakan bahan-bahan alami untuk menurunkan demam si kecil lebih sangat direkomendarikan dibandingkan banyak memberikan jenis obat-obatan modern.

Nah, berikut ini adlah bahan alami yang bisa dijadikan sebagai penurun panas anak alami yang bisa MOms berikan untuk menurunkan panas anak.

Sayur dan Buah

Cara mengobati anak demam secara alami, Anda dapat memberikan jenis sayur dan buah yang memiliki banyak kandungan air. Hal ini agar anak terhindari dari dehidrasi berlebih.

Buah-buahan seperti melon, semangka, dan stroberi dikenal memiliki banyak kandungan air yang cukup banyak. Itulah sebabnya jenis buah-buahan yang satu ini direkomendasikan para dokter untuk dikonsumsi saat anak mengalami demam.

Sedangkan jenis sayur-sayuran yang memiliki kandungan air banyak dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah seledri, mentimun, dan kembang kol. Jenis sayuran ini dapat disajikan dalam bentuk salad atau makanan olahan sup lainnya.

Jahe

Obat penurun panas anak alami lainnya adalah jahe. Jahe ini sudah lama dikenal dan digunakan dalam mengatasi berbagai penyakit terutama infuenza. Sebab sifat senyawa antibakteri yang terkandung didalamnya dinilai sangat efektif dalam menurunkan demam anak , batuk, pilek, dan gejala lainnya yang sering dialami anak.

Saat anak mengalami demam tinggi, sebenarnya Moms dapat membuatkan minuman hangat dengan irisan jahe campur madu. Minuman jahe hangat inilah yang dipercaya bisa membantu menurunkan panas anak secara alami.

ASI

Selain jahe, ternyata ASI juga dapat menjadi salah satu alternatif obat penurun panas anak alami. Karena ASI ini dapat menghindari anak dari kekurangan cairan.

Jika demam ini terjadi pada anak dibawah umur satu tahun (bayi), maka tidak ada salahnya Moms menjadikan ASI ini sebagai obat alami penurun panas anak alami.

Selain itu, asi juga dipercaya dapat memberikan cairan dan nutrisi cukup penting yang dibutuhkan anak demam agar tetap terhidrasi. Kandung antibodi dalam asi dapat membantu menurunkan demamnya di malam hari dan pastinya membuat anak yang sedang demam merasa lebih nyaman.

Lidah Buaya

Obat penurun panas anak alami lainnya adalah lidah buaya. Faktanya lidah buaya ini mampu membantu menurunkan panas atau demam anak dimalam hari. Fakta unik lainnya bahwa jenis tanaman satu ini dikenal dapat membantu menurunkan demam secara alami.

Jadi, Moms jangan ragu untuk memberikan olahan gel lidah buaya pada anak yang sedang mengalami demam dan menjadikannya sebagai obat penurun panas anak alami.

Echinacea

Jenis obat penurun panas anak alami lainnya adlah Echinacea. Faktanya jenis tanaman ini sudah digunakan sejak berabad-abad oleh warga Cina dan dikenal sebagai obat penurun panas alami pada anak.

Teh ini mampu meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh anak, dengan meningkatnya sistem antibody anak ini tentu dapat menurunkan demam anak dimalam hari maupun disiang hari.

Peppermint

Minyak peppermint atau peppermint oil ini dipercaya sebagai obat penurun panas anak yang bagus alami. Sebab Peppermint ini dapat menenangkan dan merilekskan tubuh anak saat mengalami demam.

Selain itu, minyak yang satu ini dapat membantu menjaga imun tubuh anak dan dapat menurunkan demam anak secara alami pastinya.

Jadi Moms, jangan ragu lagi untuk menggunakan obat yang satu ini. Karena khsiat yang dimilikinya sudah teruji dan terbukti kebenarannya.

Sudah Paham Cara dan Obat Alami untuk Menurunkan Demam Anak?

Bagaimana Moms, sudah paham bagaimana cara mengatasi atau menurunkan panas anak secara alami yang sudah dijelaskan pada postingan ini? Semoga saja postingan artikel ini memberikan informasi penting terkait cara dan obat penurun panas anak alami.

Namun jika berbagai cara yang ada dalam postingan ini tidak membuahkan hasil yang baik, segeralah untuk membawa anak ke dokter atau bidan terdekat. Mungkin dokter/bidan dapat memberikan obat-obatan atau resep yang aman untuk anak Anda untuk menurunkan demam anak.

SCH (Standford Childern’s Health) sangat menyarankan untuk membawa anak ke dokter spesialis terdekat apabila, anak mengalami kondisi sebagai berikut.

  • Mengalami demam, jika usia anak di bawah tiga bulan
  • Suhu demam 38,3 oC, jika anak masih berusia 3-5 bulan
  • Suhu demamnya mencapai 38,8 oC, jika usia anak di atas 6 bulan
  • Apabila suhu demam anak di atas 40 oC
  • Jika anak mengalami demam selama lebih dari tiga hari
  • Jika demam anak disertai dengan gejala lain: seperti sesak napas, nyeri telinga, ruam kulit, kaku leher, nyeri tenggorokan, kejang, dan sakit kepala.
Baca juga: Cara Mengatasi Anak Demam Tinggi di Malam Hari

Demikianlah artikel tentang cara dan obat penurun panas anak alami kami buat, semoga artikel ini memberikan informasi dan dapat bermanfaat bagi orangtua dalam mengatasi anak demam dimalam hari maupun siang hari. Terima kasih dan akan lebih manfaat jika dibagikan pada yang membutuhkan.

You Might Also Like:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum
Buka Komentar